Whatsapp Share Like
Simpan

Menginjak usia baru si Kecil, tentu baik Ibu maupun si Kecil merasa sangat berbahagia. Ini menandakan tahun telah berganti dan waktunya si Kecil untuk memulai petualangan baru. Pesta ulang tahun pun menjadi pilihan untuk merayakan pertambahan usia si Kecil.  Berbagai acara bisa digelar, untuk meramaikan pesta dan membuat semua yang hadir berbahagia.

Orang terdekat, teman-teman si Kecil beserta orang tuanya, makanan, kue ulang tahun dan balon, menjadi hal yang biasanya selalu ada pada setiap pesta ulang tahun. Namun apa jadinya jika pesta ulang tahun si Kecil diisi dengan berbagai permainan edukatif yang dapat merangsang tumbuh kembangnya? Bukankah akan menjadi pesta ulang tahun yang sangat menyenangkan?

Berbagai permainan dan kegiatan bisa dilakukan untuk si Kecil dan seluruh teman-teman yang diundangnya. Ibu bisa memilih beberapa aktivitas di bawah ini, untuk menjadi permainan yang dilakukan. Permainan yang akan dituliskan pada artikel ini tidak hanya akan membawa kebahagiaan untuk semua yang hadir, namun juga akan dapat memberikan rangsangan, baik untuk otak maupun fisik si Kecil dan teman-temannya.

Photo Booth

Sediakan satu sudut photo booth untuk acara ulang tahun si Kecil. Lengkapi juga dengan berbagai aksesoris  yang bisa digunakan oleh si Kecil dan teman-temannya, atau bahkan para orang tua. Ibu bisa menggunakan kamera digital atau kamera yang lebih besar untuk hasil yang lebih baik. Selain itu Ibu juga bisa memberikan hadiah untuk foto yang dianggap paling bagus.

Jangan lupa setelah acara berakhir, untuk mengirimkan foto yang dibuat pada setiap orang tua. Selain membahagiakan si Kecil dan teman-temannya, foto dari teman-teman si Kecil juga akan jadi kenang-kenangan yang bagus untuk setiap orang tua yang hadir mendampingi anaknya. Ketika berfoto, arahkan untuk membuat berbagai macam ekspresi agar hasilnya lebih variatif.

Artikel Sejenis

Berjoget Bersama

Selalu menyenangkan melihat si Kecil mengekspresikan gerak tubuh ketika mendengarkan musik bukan? Salah satu kegiatan yang akan membawa kebahagiaan untuk seluruh tamu undangan adalah dengan sesi berjoget bersama. Hal ini baik untuk si Kecil dan teman-temannya dalam menjalin hubungan pertemanan dan melatih gerak tubuhnya.

Selain itu, ketika anak-anak bergoyang mengikuti irama lagu dan musik dan disetelkan, para orang tua juga tentu akan menikmati momen ini. Gerak menggemaskan dari setiap anak yang hadir akan turut meramaikan acara pesta yang Ibu adakan untuk si Kecil, dan semua orang bisa pulang dengan perasaan senang.

Telepon Sambung

Bariskan sederet kursi memanjang, lima hingga tujuh kursi setiap barisnya, sebagainya dua atau tiga baris. Arahkan setiap anak untuk duduk, kemudian berikan satu kalimat untuk anak pertama pada setiap baris. Tugas mereka adalah untuk meneruskan kalimat ini ke teman selanjutnya hingga berakhir pada ujung barisan.

Permainan ini bisa merangsang daya ingat si Kecil dan teman-temannya yang hadir. Jika berhasil, maka daya ingat anak-anak pada barisan tersebut bisa dikatakan baik. Jika gagal? Bersiaplah untuk Ibu dan setiap orang tua yang hadir mendapat kalimat yang kocak dan unik dari setiap baris yang telah disusun tersebut!

Halang Rintang

Jika Ibu memiliki pekarangan belakang atau halaman depan yang cukup luas, Ibu bisa menggunakan permainan halang rintang untuk mengisi acara ulang tahun si Kecil. Setiap anak nantinya ditugaskan melewati halang rintang yang disediakan, untuk mencapai garis akhir dan mendapatkan hadiah menarik.

Tentu, penyusunan halang rintang ini yang paling utama adalah faktor keamanannya. Pastikan setiap sudut memiliki benda empuk agar mengurangi resiko cedera pada peserta yang ikut bermain. Permainan ini sekaligus melatih koordinasi fisik si Kecil dan kepintarannya dalam melewati berbagai halangan yang disediakan.

Beberapa permainan di atas bisa Ibu coba untuk mengisi acara pesta ulang tahun si Kecil agar semakin seru dan meriah. Dengan menambahkan berbagai permainan tersebut, pesta ulang tahun tidak hanya menyenangkan namun juga memiliki sisi edukasi serta membantu merangsang tumbuh kembang setiap anak yang hadir.

Selain menarik, permainan di atas juga tidak membutuhkan dana yang besar. Setiap permainan bisa memanfaatkan peralatan dan perabotan rumah Ibu, sehingga bisa menekan biaya. Pesta ulang tahun tidak melulu harus menyoal  meriah dengan biaya yang besar bukan? Jikia bisa dilakukan dengan ekonomis dan menyenangkan setiap undangan, mengapa tidak?

Setiap permainan, baik yang melibatkan aktivitas fisik atau kecerdasan si Kecil, sebaiknya dilakukan agar pesta ulang tahun bisa bermanfaat, selain menyenangkan. Dengan demikian setiap anak yang hadir juga bisa sembari berlatih dan mendapatkan rangsangan perkembangan fisik dan perkembangan kepintaran. Untuk pelengkap, sediakan makanan kecil yang juga kaya nutrisi, agar juga bisa membantu kecukupan nutrisi si Kecil dan teman-temannya.