Whatsapp Share Like
Simpan

Lidah putih merupakan kondisi yang sering ditemukan pada si Kecil, khususnya pada awal kelahirannya. Lidah putih yang ada pada si Kecil tersebut umumnya merupakan pertanda adanya infeksi jamur pada lidah. Biasanya disebabkan oleh jamur candida, yang berkembang biak secara berlebihan hingga menyebabkan lidah tampak putih dan berisiko terjadinya sariawan pada si Kecil.

Infeksi jamur kandida tersebut, jika dibiarkan secara terus menerus dapat menyebabkan bercak putih atau kuning pada langit-langit, gusi, bibir, dan lidah pada mulut si Kecil. Infeksi jamur juga bisa menyebar ke amandel, tenggorokan, maupun kerongkongan. Meskipun kondisi tersebut tidak berbahaya, namun Ibu perlu memberi perhatian serius agar infeksi jamur tidak menyebar hingga membuat si Kecil kehilangan nafsu makan ataupun membuat si Kecil tidak nyaman.

Endapan ASI pada lidah si Kecil juga bisa menjadi penyebab lidah putih pada si Kecil, namun kondisi ini bisa sembuh dan hilang dengan sendirinya. Akan tetapi, tanda-tanda infeksi jamur yang lebih serius juga harus Ibu waspadai.

Penyebab Lidah Putih Si Kecil

Jamur Candida albicans seringkali menjadi penyebab infeksi jamur di lidah. Sebenarnya infeksi jamur tersebut dapat menyerang siapa saja, namun paling umum menyerang bayi dibawah satu tahun. Si kecil lebih berisiko terkena infeksi jamur karena sistem imun dalam tubuhnya yang belum berkembang sempurna serta kemampuannya dalam melawan infeksi yang belum cukup kuat.

Lidah putih pada si Kecil biasanya terjadi pada si Kecil yang cenderung sering menerima obat-obatan antibiotik. Antibiotik bekerja dengan cara melemahkan bakteri baik yang bekerja untuk mengatur pertumbuhan jamur di mulut. Apabila si Kecil sering mengonsumsi antibiotik, maka kuantitas bakteri baik di mulut pun berkurang, dan pertumbuhan jamur menjadi tidak terkontrol. Sehingga si Kecil akan mudah terinfeksi jamur candida tersebut. Hal ini juga berlaku bagi Ibu yang memiliki potensi untuk menularkannya kepada si Kecil.

Artikel Sejenis

Beberapa faktor lain juga bisa menjadi penyebab lidah si Kecil berwarna putih, antara lain:

  • Infeksi jamur pada vagina Ibu saat hamil dan sebelum melahirkan
  • Luka di bagian puting payudara, yang membuat jamur atau bakteri dapat masuk ke payudara
  • Ibu mengonsumsi obat yang mengandung estrogen
  • Penyakit dari tubuh Ibu maupun si Kecil yang dapat menekan sistem imun, seperti diabetes dan anemia
  • Ibu menggunakan bra yang basah atau lembab sehingga jamur lebih mudah untuk tumbuh

Jika kondisi lidah putih si Kecil semakin parah hingga muncul tanda-tanda berikut ini, perlu bagi Ibu untuk segera membawa si Kecil ke dokter:

  • Bercak lidah putih si Kecil sudah sulit dibersihkan dan mulai muncul bercak putih di pipi bagian dalam si Kecil.
  • Terdapat lapisan putih di bagian bibir si Kecil
  • Si Kecil menolak menyusu padahal lapar, dan rewel jika mau menyusu ataupun mengempeng
  • Gas berlebih di tubuh bayi, biasanya disebabkan masuknya jamur ke dalam perut si Kecil

Mencegah Lidah Putih pada Si Kecil

Mencegah lidah berwarna putih pada si Kecil dapat dimulai dengan melakukan hal-hal kecil, seperti, mensterilkan botol, mainan, dan peralatan makan yang digunakan si Kecil secara teratur. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan, seperti mencuci tangan dengan bersih setelah mengganti popok si Kecil. Ibu sebaiknya juga perlu mengonsumsi prebiotik ataupun bawang putih sebagai salah satu cara mencegah tumbuhnya jamur di lidah si Kecil.

Jika si Kecil telah terinfeksi jamur tersebut dan Ibu merasa perlu memberikan pengobatan, maka ada beberapa obat antijamur untuk mengobati infeksi tersebut:

  • Miconazole, obat antijamur berbentuk gel yang penggunaannya hanya cukup dioleskan kepada bagian yang terinfeksi jamur menggunakan jari yang bersih.
  • Nistatin, obat tetes antijamur yang diberikan pada lidah si Kecil melalui pipet. Nistatin lebih mudah diberikan pada si Kecil dan memiliki efek samping yang lebih rendah.

Pengobatan infeksi jamur sebenarnya terbilang mudah bagi si Kecil yang sehat, akan tetapi gejala yang lebih buruk pun akan timbul dengan mudah pada si Kecil yang kekebalan tubuhnya tidak cukup kuat atau sedang lemah. Obat-obatan yang diberikan untuk mengatasi lidah putih pada si Kecil harus dibarengi dengan pembersihan lidah untuk mencegah risiko infeksi tersebut datang kembali.

Oleh karena itu, penting juga bagi Ibu untuk mengetahui penyebab dan cara mencegah lidah putih terjadi pada si Kecil. Jika lidah putih pada si Kecil belum bisa sembuh dan hilang setelah diberi obat bahkan perawatan pembersihan lidah, penting bagi Ibu untuk menghubungi dan berkonsultasi dengan dokter.