Whatsapp Share Like Simpan

Saat si Kecil memasuki usia 6 bulan, Ibu pasti sudah tidak sabar untuk mengenalkan ia dengan Makanan Pendamping ASI (MPASI) yang lezat dan bervariasi, kan? Pemberian MPASI ini memang jadi momen yang ditunggu-tunggu sekaligus tantangan bagi setiap Ibu. 

Ibu perlu mempersiapkan makanan pendamping ASI yang sesuai untuk tahap tumbuh kembangnya. Salah satunya adalah buah-buahan yang mengandung berbagai nutrisi untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil lebih prima. 

Rasa manis alami yang dihasilkan buah bukan hanya disukai si Kecil, tetapi juga lebih aman. Selain itu kandungan gizi pada buah yang sangat banyak membuatnya sangat cocok dijadikan makanan awal untuk si Kecil. Berikut buah-buahan terbaik yang bisa diolah ke dalam MPASI untuk si Kecil.

Baca Juga: Mengenal Fenilalanin, Salah Satu Jenis Asam Amino Esensial

  1. Pisang

    Buah ini merupakan makanan pendamping ASI terbaik. Ini karena tekstur pisang yang lembut dan aroma yang harum sehingga mudah diterima si Kecil. Nutrisi yang terkandung di dalamnya pun cukup banyak, diantaranya kalium, fosfor, vitamin A, dan asam folat. Pisang juga mempunyai serat yang dapat melancarkan pencernaan si Kecil. Pisang bisa didapatkan dengan mudah dengan harga relatif murah.

    Artikel Sejenis

  2. Pepaya

    Pepaya juga disukai karena teksturnya yang lembut. Sama seperti pisang, buah ini bisa ditemukan dengan mudah di pasar dan harganya pun cukup murah. Pepaya banyak mengandung enzim papain yang berfungsi melancarkan proses pencernaan. 

    Zat besi dan asam folat yang ada di dalamnya bisa membantu proses perkembangan otak. Jika ingin mendapatkan tulang yang kuat, Ibu bisa memberikan pepaya karena mengandung kalsium dan zinc yang cukup tinggi. Selain itu, pepaya juga mengandung vitamin A karena karotennya yang banyak.

  3. Pir

    Pir mempunyai rasa yang tidak terlalu manis sehingga disukai si Kecil. Karena teksturnya yang cukup keras, sebaiknya buah ini dihaluskan terlebih dahulu sebelum diberikan kepada si Kecil. 

    Buah pir kaya akan vitamin C, namun dengan rasa yang tidak terlalu asam sehingga aman dikonsumsi si Kecil. Selain itu, pir juga mengandung kalium, fosfor, dan kalsium untuk melancarkan metabolisme dan menguatkan tulang.

  4. Apel

    Apel menjadi salah satu buah terbaik untuk si Kecil karena kandungan gizinya yang cukup kaya. Apel memiliki sebagian besar nutrisi yang dibutuhkan si Kecil seperti kalium, fosfor, kalsium, magnesium, vitamin A, vitamin C, dan mineral lainnya. Vitamin C yang ada di dalamnya bahkan lebih banyak dibandingkan yang terkandung dalam jeruk. Selain itu, apel juga kaya serat yang dapat membantu proses pencernaan si Kecil.

  5. Alpukat

    Buah lembut yang satu ini memang sangat cocok dijadikan makanan pendamping ASI. Rasa yang ringan membuatnya disukai si Kecil. Alpukat merupakan sumber lemak tidak jenuh bagi si Kecil. 

    Lemak ini sangat dibutuhkan sebagai sumber energi si Kecil tanpa khawatir ia akan terkena obesitas. Selain itu, vitamin E yang dibutuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menangkal radikal bebas, dan kesehatan mata juga terkandung cukup banyak di dalamnya. Buah alpukat pun mengandung vitamin A, vitamin C, kalsium, dan magnesium.

  6. Ubi Jalar

    Ubi jalar juga mempunyai tekstur yang lembut. Namun, untuk mendapatkan tekstur lembutnya, Ibu harus mengolahnya terlebih dahulu, seperti dikukus atau direbus. Sama seperti alpukat, buah ini juga banyak mengandung vitamin E serta beta karoten yang sangat berguna untuk menjaga kekebalan tubuh dan kesehatan mata si Kecil.

    Jika ingin mempunyai tulang yang kuat, Ibu juga bisa memberikan si Kecil ubi jalar karena mengandung kalsium yang cukup banyak. Ada pula serat yang membantu proses pencernaan serta vitamin A dan C yang berguna untuk pertumbuhan.

  7. Jambu

    Jambu mempunyai kandungan vitamin C yang lebih banyak dibandingkan jeruk. Selain itu, jambu juga mempunyai kandungan air dan serat yang tinggi yang dibutuhkan untuk pencernaan si Kecil. Pilih jambu yang matang untuk diberikan kepada si Kecil agar teksturnya lebih lembut dan rasanya pun tidak terlalu asam. Jambu juga bisa dicampur dengan buah-buahan lain untuk memperkaya nutrisi dan menetralkan rasa.

  8. Buah Naga

    Tekstur lembut, rasa yang tidak terlalu manis, dan tidak beraroma mencolok menjadi alasan mengapa buah naga sangat disukai si Kecil. Dari segi kandungan gizi, buah naga mengandung kalsium, fosfor, dan vitamin paling banyak. Nutrisi-nutrisi ini sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang si Kecil.

Baca Juga : Tips Menyimpan ASI Perah di Rumah

Buah memang mengandung sumber nutrisi yang banyak untuk bayi berusia 6-12 bulan. Namun, karena buah hanya sebagai pendamping, Ibu tetap harus memberikan ASI eksklusif untuk pertumbuhan si Kecil yang lebih optimal. 

Itulah sebabnya, Ibu juga perlu meningkatkan kualitas ASI dengan mengonsumsi susu Frisian Flag PRIMAMUM mengandung 9 asam amino esensial (9AAE) lengkap dan 9 nutrisi penting lainnya untuk kebaikan Ibu dan si Kecil. Susu ini juga diperkaya dengan asam folat, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), serta tinggi DHA untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan sel otak si Kecil.

Susu Frisian Flag PRIMAMUM juga mengandung tinggi zat besi, tinggi zinc, dan sumber serat pangan inulin untuk mendukung daya tahan tubuh Ibu dan si Kecil. Ditambah kandungan tinggi kalsium dan tinggi vitamin C untuk mendukung pertumbuhan sel tubuh si Kecil.

Selain fokus memberikan buah-buahan dan ASI ke dalam menu MPASI si Kecil, Ibu juga perlu memantau tumbuh kembangnya agar lebih prima. Ibu bisa lho memanfaatkan fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima

Fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima memudahkan Ibu untuk mengetahui berat badan, indeks massa tubuh, lingkar kepala, lingkar perut, dan hal-hal yang perlu Ibu lakukan untuk memaksimalkan tumbuh kembang si Kecil sesuai dengan grafik pertumbuhan dari WHO dan CDC. Yuk, langsung coba fiturnya di sini

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz