Whatsapp Share Like
Simpan

Tumbuhnya gigi si Kecil adalah saat yang dinantikan oleh Ibu. Selain membuat Ibu senang karena pertumbuhan si Kecil yang baik, terkadang membuat Ibu gelisah karena banyak yang mengatakan kalau gigi tumbuh si Kecil akan sering rewel. Ibu tidak perlu terlalu khawatir, karena proses tumbuhnya gigi ini memang memberikan efek yang berbeda-beda untuk si Kecil. Ibu disarankan tetap tenang dan berikan perhatian lebih untuk si Kecil.

Gigi pertama yang tumbuh disebut dengan gigi susu. Sebenarnya gigi susu ini telah tumbuh sejak dalam kandungan. Gigi susu akan segera tumbuh ke permukaan gusi biasanya pada usia 5-6 bulan. Memang ketika proses tumbuhnya gigi akan memberikan sensasi tertentu bagi si Kecil. Berikut adalah beberapa tanda tumbuhnya gigi si Kecil yang bisa Ibu jadikan acuan.

  1. Bayi sering mengeluarkan air liur
    Ibu mungkin menyebut kondisi ini dengan mengeces. Ya, saat gigi akan tumbuh biasanya diawali dengan si Kecil yang lebih mudah untuk mengeces. Ibu perlu waspada karena air liur yang terus keluar ini dapat menyebabkan ruam-ruam pada daerah sekitar mulut, dagu, dan leher. Hal ini dikarenakan air liur tersebut lembap dan secara terus-menerus membasahi wajah si Kecil. Jika ini terjadi sebaiknya ibu persiapkan kain atau tisu untuk mengelap air liur si Kecil. Selain itu si Kecil akan lebih sering menggerakan lidahnya seperti sedang mengulum dan suka menyemburkan air liurnya. Ibu bisa mengecek gusi si Kecil, biasanya akan terlihat secercah warna putih di balik gusinya.
  2. Gusi si Kecil merah dan terlihat bengkak
    Kondisi ini wajar terjadi ketika gigi akan tumbuh. Ibu bisa memberikan pijatan lembut pada gusi si Kecil yang bengkak namun pastikan tangan ibu bersih ya. Pada awal Ibu melakukan pijatan, mungkin si Kecil sedikit kaget, namun lama-kelamaan ia akan merasa nyaman dengan pijatan tersebut.
  3. Batuk atau muntah
    Kondisi ini dikarenakan si Kecil belum bisa mengendalikan semua otot dan saraf di mulut dan tenggorokannya. Hal ini dikarenakan mulut si Kecil telah penuh dengan air liur dan ia akan berisiko tersedak ketika akan menelan. Nah, inilah yang menyebabkan si Kecil batuk atau muntah. Kondisi ini normal selama ketika batuk si Kecil tidak disertai flu atau diare.
  4. Menangis dan susah makan
    Sebagian bayi mengekspresikan rasa tidak nyaman yang ada pada gusinya dengan menangis. Hal ini akan berbeda-beda pada setiap bayi. Ada bayi yang hanya bergumam ada juga bayi yang merasakan sakitnya gigi yang akan tumbuh tersebut. Rasa nyeri yang ditimbulkan akan membuat si Kecil lebih rewel. Karena rasa tidak nyaman tersebut menjadikan si Kecil enggan untuk makan. Ibu perlu memberikan perhatian lebih saat ini, pastikan si Kecil mendapatkan asupan makanan. Selain itu, Ibu bisa memberikan mainan teether yang sebelumnya dimasukkan dulu di dalam kulkas. Cara tersebut dapat mengurangi rasa kurang nyaman pada gusi yang akan tumbuh gigi.
  5. Suka menggigit
    Tekanan pada gusi menyebabkan si Kecil kurang nyaman dan membuatnya ingin melampiaskan dengan menggigiti benda-benda di sekitarnya. Ibu pun akan menjadi target si Kecil untuk digigit. Ibu perlu waspada ketika si Kecil menyusu ia akan menggigit puting payudara Ibu. Untuk mencegahnya Ibu bisa memasukkan jari telunjuk Ibu ketika rahangnya mulai menegang untuk menggigit. Masukkan jari telunjuk ibu secara perlahan ke ujung bibirnya dan bicaralah dengan lembut untuk mengingatkan si Kecil agar tidak menggigit.
  6. Demam
    Kondisi inilah yang sering dikhawatirkan para Ibu ketika si Kecil akan tumbuh gigi. Demam disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada gusi si Kecil. Demam saat gigi akan tumbuh biasanya bukanlah demam dengan suhu tinggi dan tidak mencapai lebih dari 38 derajat celcius. Ibu perlu memastikan apakah demam tersebut disebabkan oleh tumbuhnya gigi atau tidak. Jika disertai gejala yang lain seperti diare dan pilek sebaiknya segera memeriksakan si Kecil ke pihak medis.

  7. Suka menggaruk pipi dan menarik telinga
    Saat giginya akan tumbuh, si Kecil akan lebih sering menggaruk pipi dan menarik telinganya. Hal ini dikarenakan adanya rasa tidak nyaman yang terjadi pada gusi, sedangkan si Kecil tidak dapat menjangkau bagian gusi yang akan tumbuh gigi. Ibu perlu menjaga agar telinga dan pipi si Kecil tidak lecet, dengan mengalihkan perhatiannya dan memberikan teether.


Itulah beberapa tanda yang bisa Ibu gunakan sebagai acuan umum ketika gigi si Kecil akan tumbuh. Sebaiknya jagalah tangan si Kecil untuk selalu bersih dan kuku si Kecil tidak panjang supaya tidak melukai wajahnya. Jika terdapat tanda-tanda yang tidak umum, Ibu bisa segera berkonsultasi dengan pihak medis.