Whatsapp Share Like
Simpan

Ibu hamil diharuskan untuk menjaga gaya hidup dan asupan makanan mulai dari awal kehamilan hingga mendekati proses persalinan. Kewajiban ini memungkinkan Ibu mengalami stres jika terus menerus dilakukan dan tidak ada sedikitpun pengalihan. Oleh karena itu, rekreasi, atau apapun jenis kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas mood sangat dianjurkan asalkan tidak memberikan dampak negatif pada si Kecil dalam kandungan.

Satu dari berbagai hal yang bisa dilakukan adalah Ibu dapat memilih busana yang sesuai dengan kondisi perut yang terus membesar. Bagi wanita, menjaga dan mempercantik penampilan merupakan hal yang penting sekaligus dapat membuat mood menjadi lebih baik. Tapi, dengan adanya si Kecil dalam kandungan, Ibu tetap harus memprioritaskan beberapa faktor sebelum membeli atau memilih busana dan jangan hanya melihat model pakaiannya saja.

Berikut pertimbangan Ibu hamil dalam memilih busana.

  1. Karena perut buncit, bukan berarti Ibu harus membeli pakaian yang ukurannya lebih besar atau bahkan dua kali lebih besar daripada ukuran yang biasa Ibu pakai. Alih-alih menutupi perut, Ibu malah bisa jadi terlihat lebih gemuk. Coba cari busana selain di toko khusus Ibu hamil, karena biasanya modelnya lebih beragam namun tetap mempertimbangkan kenyamanan.
  2. Khusus untuk celana atau rok, pilihlah yang memiliki karet pada pinggang karena dapat membuat Ibu nyaman saat duduk. Celana dengan model seperti ini lebih mudah dipakai dan Ibu bisa leluasa bergerak.
  3. Tidak ada salahnya bertanya ke keluarga atau teman dekat jika mereka punya busana Ibu hamil yang sudah tidak terpakai. Bahkan, mereka terkadang akan menawarkan untuk memberi atau meminjamkan pakaiannya karena hanya digunakan dalam waktu singkat dan masih dalam keadaan bagus.


Pada awal masa kehamilan mungkin Ibu belum terlalu memperhatikan kondisi perut karena biasanya perubahan pada fisik belum banyak terjadi. Jadi Ibu masih memiliki banyak opsi dalam mencari busana yang cocok.

Ibu akan mulai lebih jeli dalam berbusana saat menginjak usia kehamilan 4-6 bulan. Pakaian yang biasa dipakai sehari-hari akan terasa sedikit menyempit. Cobalah mulai memakai pakaian yang longgar namun tetap memadupadankan gaya yang Ibu suka. Usia kehamilan 7-9 bulan lah yang cukup sulit untuk memilih busana. Kebanyakan Ibu sudah tidak peduli dengan model atau gaya dan lebih mementingkan kenyamanan. Namun, bagi Ibu yang diharuskan untuk tetap  keluar rumah, perpaduan dari atasan yang longgar namun modis dengan memakai legging dapat menjadi pilihan busana paling tepat karena masih bisa bergerak dengan bebas.

Artikel Sejenis

Jika masih mencari referensi busana Ibu hamil, berikut beberapa tips yang mungkin berguna.

  1. Dress
    Pilihan yang paling tepat dan mudah adalah menggunakan dress. Selain penampilan tetap menarik, terdapat juga kesan formal bagi Ibu yang bekerja. Usahakan memakai dress yang memiliki ukuran sesuai atau berukuran sedikit lebih besar dan hindari dress yang ketat.
  2. T-shirt atau Sweater
    Kaos oversized sudah menjadi tren sejak beberapa tahun terakhir. Dipadukan dengan rok atau celana yang berkaret pada bagian pinggang, pasti Ibu tetap  terlihat modis. Sweater juga sangat simpel namun tetap mengedepankan tampilan. Menggunakan sweater ketika cuaca dingin merupakan cara mudah untuk tetap bergaya sekaligus nyaman.
  3. Skinny Jeans
    Sekarang ini celana jeans sudah banyak dimodifikasi sehingga persepsi akan celana jeans yang ketat sudah dapat dibantah. Dipasaran terdapat celana yang mirip jeans namun tetap nyaman dipakai karena memiliki elastisitas seperti legging.
  4. Kemeja Kasual
    Ibu bisa meminjam kemeja suami untuk mengaplikasikan gaya berbusana ini. Namun, tetap pilih warna dan motif kemeja yang sesuai selera. Usahakan untuk memilih kemeja yang berbahan halus, dingin, dan lembut. Hindari kemeja jenis flannel karena biasanya berbahan tebal dan kasar.
  5. Menggunakan Aksesoris
    Beberapa Ibu mungkin ingin sedikit menutupi benjolan perut demi tetap terlihat fashionable. Untuk itu, Ibu bisa memakai pakaian apa saja yang ditambah dengan syal yang dijulurkan ke depan.


Tetap gunakan busana hamil sesuai dengan gaya dan selera pribadi baik dari desain, bahan, dan warna asalkan Ibu tidak merasakan tekanan pada area perut dan merasa tidak nyaman. Sesuaikan saja ukurannya dengan usia kehamilan. Hindari stres dan lakukan apa saja demi menciptakan suasana dan kondisi yang menyenangkan. Hal ini akan berpengaruh besar pada si Kecil yang diharapkan dapat tumbuh Pintar, Kuat, dan Tinggi. Tetap semangat menjalani proses kehamilan ya, Bu!