Whatsapp Share Like
Simpan

Saat pemeriksaan rutin kandungan, Ibu pasti akan diminta untuk mengukur Hemoglobin (Hb). Pada ibu hamil, pengukuran Hb ini sangat penting untuk dilakukan guna mengetahui apakah kadarnya normal atau tidak. Mengapa begitu? Sebab Hb ini memiliki fungsi yang penting sekali untuk tubuh, sehingga harus selalu terjaga dalam keadaan normal.

Jadi, berapakah Hb normal Ibu hamil? Bagaimanakan cara untuk menjaganya tetap normal? Untuk mengetahui jawabannya, simak informasi selengkapnya berikut ini ya, Bu.

Mengenal Hemoglobin

Hemoglobin (Hb) merupakan protein yang ada di dalam sel darah merah dan berperan dalam penyaluran oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Selain itu, Hb juga mengangkut karbondioksida kembali ke paru-paru lalu dikeluarkan dari tubuh. Untuk itulah kadar Hb harus selalu dalam keadaan normal supaya fungsinya berjalan dengan baik.

Apa yang Terjadi Saat Hb Rendah?

Jika kadar Hb ibu hamil rendah, maka bisa menyebabkan anemia yang berbahaya bagi kesehatan Ibu dan janin. Anemia adalah sebuah kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah sehat yang akan mengedarkan oksigen ke setiap sel yang ada di dalam jaringan tubuh. Sebagai akibatnya, Ibu pun akan mengalami pusing, pucat, mual, lemah, dan sulit berkonsentrasi.

Tak hanya itu saja, kualitas hidup Ibu pun akan terpengaruh. Saat Ibu terserang anemia, maka Ibu akan mengalami mata berkunang-kunang, lemas, jantung berdebar, pusing, dan sering mengantuk. Pada kondisi terburuk, Ibu bahkan bisa tak sadarkan diri.

Artikel Sejenis

Sementara bagi janin, kadar Hb yang rendah dapat memperbesar risiko kelahiran prematur atau berat bayi lahir rendah. Inilah mengapa pemeriksaan Hb harus selalu dilakukan selama masa kehamilan guna bisa menjaga kadar Hb normal ibu hamil dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Berapakah Hb Normal Ibu Hamil?

WHO sudah menentukan kadar Hb normal untuk ibu hamil beserta batasan kategori anemia ringan dan berat pada masa kehamilan, yaitu sebagai berikut:

  • Normal: Hb> 11 gr/dl
  • Anemia ringan: Hb 8-11 gr/dl
  • Anemia berat: Hb < 7 gr/dl

Untuk kadar Hb normal ibu hamil sesuai usia kehamilan yaitu:

  • Perempuan dewasa tidak hamil: 12-15.8 gr/dl
  • Hamil trimester pertama: 11.6-13.9 gr/dl
  • Hamil trimester kedua: 9.7–14.8 gr/dl
  • Hamil trimester ketiga: 9.5–15.0 gr/dl

Jika kadar Hb Ibu di bawah angka tersebut, maka bisa dikatakan Ibu mengalami Hb rendah dan memerlukan penanganan medis yang secepatnya.

Baca juga: Bumil Sebaiknya Memenuhi Lima Kandungan Gizi Ini

Penyebab Hb Rendah Saat Hamil

Kadar Hb rendah memang kerap dialami oleh ibu hamil yang disebabkan oleh kurangnya asupan zat besi, yaitu sumber penghasil hemoglobin. Saat seorang wanita hamil, tubuh akan membutuhkan pasokan sel darah merah yang lebih banyak untuk mencukupi perubahan pada tubuh. Sel darah merah juga dibutuhkan untuk pembentukan sel-sel darah pada janin.

Itu sebabnya kebutuhan zat besi ibu hamil meningkat hingga dua kali lipat dibandingkan sebelum hamil. Jika tidak dipenuhi, maka bisa memicu anemia sebagai akibat dari kekurangan asupan zat besi. Pada kondisi tertentu bahkan ibu hamil lebih berisiko tinggi mengalami anemia, seperti pada kondisi berikut:

  • Menstruasi yang berat sebelum kehamilan.
  • Sering muntah akibat morning sickness.
  • Hamil anak kembar.
  • Hamil dengan jarak kehamilan kurang dari 2 tahun.
  • Kurang mendapat asupan zat besi dari makanan.

Upaya Menjaga Hb Normal Ibu Hamil

Supaya kadar Hb normal saat hamil tetap terjaga, Ibu bisa melakukan beberapa langkah berikut ini:

  • Mengkonsumsi vitamin prenatal. Saat melakukan pemeriksaan kandungan, biasanya dokter akan meresepkan vitamin prenatal yang sudah mengandung zat besi untuk mencegah atau mengobati anemia selama hamil. Bila diperlukan, dokter mungkin juga akan merekomendasikan tambahan suplemen zat besi.
  • Makan makanan yang kaya zat besi. Selama hamil, Ibu akan memerlukan setidaknya 27 mg zat besi per hari. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Ibu bisa rutin makan sumber makanan yang kaya zat besi, seperti ikan, daging unggas, daging merah, sereal, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.
  • Cukupi asupan vitamin C. Vitamin C dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi. Jadi Ibu juga perlu rajin mengkonsumsi sumber vitamin C, seperti jeruk, tomat, jambu biji, dan stroberi.

Cara Mengatasi Hb Rendah

Apabila Ibu sudah melakukan berbagai upaya untuk mencukupi kadar Hb tapi kadarnya masih tetap rendah, maka berkonsultasilah kepada dokter agar dilakukan pemeriksaan guna mengetahui penyebabnya. Pada beberapa kasus, Ibu mungkin juga disarankan untuk berkonsultasi pada dokter spesialis yang menangani gangguan darah (hematologi).

Jika penyebabnya memang karena kekurangan zat besi, maka akan diberikan tambahan dosis zat besi. Ada dua jenis suplemen zat besi, yaitu oral dan suntikan. Suplemen berbentuk suntikan biasanya diberikan pada ibu hamil yang memiliki riwayat operasi usus halus atau lambung.

Usahakan untuk selalu memenuhi asupan zat besi harian untuk menjaga Hb normal ibu hamil ya, Bu, untuk kesehatan Ibu dan janin. Susu Frisian Flag Mama Tahap 0 SUPRIMA juga bisa membantu mencukupi kebutuhan zat besi karena didalamnya sudah kaya akan kandungan zat besi. Selain itu susu kehamilan ini juga mengandung nutrisi lainnya yang Ibu butuhkan, seperti protein, karbohidrat dan lemak, Serat pangan (Inulin), Tinggi Zat Besi, Tinggi Kalsium, Tinggi Asam folat.

Bagi Ibu yang ingin berkonsultasi seputar kehamilan langsung dengan ahlinya, bisa mengunjungi laman Tanya Pakar. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, jangan lupa untuk registrasi dulu ya, Bu.

Sumber:

Popmama