Ibu sering melihat bercak berwarna putih di lidah si Kecil? Nggak perlu khawatir ya, Bu, karena umumnya lidah bayi putih termasuk kondisi yang umum terjadi. Banyak yang menganggap lidah bayi putih disebabkan oleh endapan ASI atau susu yang dikonsumsi setiap hari oleh si Kecil. Nyatanya, Ibu juga harus hati-hati karena lidah putih pada bayi bisa jadi salah satu tanda si Kecil mengalami infeksi jamur. 

Banner AKP
Banner Register

Biasanya bercak putih tersebut muncul karena Ibu jarang membersihkan sisa ASI atau susu pada lidahnya. Meskipun kondisi ini termasuk wajar, tetapi lidah bayi putih bisa membuat si Kecil nggak nyaman, rewel, dan nggak nafsu untuk menyusu. Bahkan, infeksi jamur ini juga bisa berpindah ke puting payudara Ibu lho. Ibu nggak mau hal ini terjadi, kan? Untuk itu, ketahui dulu tanda, penyebab, dan cara mengatasi lidah bayi putih secara tepat. 

Apa Saja Penyebab Lidah Bayi Putih?

Lidah bayi putih biasanya muncul karena meningkatnya pertumbuhan jamur Candida Albicans. Jamur ini sebenarnya memang hidup di mulut dan nggak berbahaya ya, Bu. Akan tetapi, kalau jumlahnya terus bertambah, maka bisa menyebabkan infeksi. Nah, peningkatan jamur di dalam mulut bayi bisa terjadi karena beberapa hal, di antaranya: 

Ternyata infeksi jamur nggak cuma menyebabkan lidah bayi putih, Bu, tetapi juga berpengaruh terhadap puting payudara Ibu. Bisa jadi puting payudara Ibu akan terasa gatal dan tampak bersisik, serta muncul rasa nyeri saat menyusui. Kondisi ini terjadi karena jamur pada lidah si Kecil berpindah ke puting payudara Ibu. 

Lidah bayi putih umumnya bukan penyakit yang serius dan biasanya dapat hilang dalam beberapa hari. Selain itu, lidah bayi putih juga sebenarnya nggak mengganggu kesehatan si Kecil secara langsung. Tapi, kalau muncul rasa sakit pada bagian mulut si Kecil, ia pasti akan rewel dan nggak mau menyusu.

Ciri-ciri Lidah Bayi Putih Akibat Infeksi Jamur

lidah bayi putih akibat infeksi jamur - ibudanbalita

Ada beberapa ciri yang membedakan kondisi lidah bayi putih yang disebabkan oleh endapan ASI dengan lidah putih pada bayi akibat terinfeksi jamur. Nah, berikut ini 4 cara untuk mengetahui apakah bercak tersebut berupa jamur candida atau bukan, yaitu:

  • Letak jamur

    Biasanya jamur ini tampak pada bagian dalam pipi, bibir, gusi, dan lidah. Bila lidah tampak ada lapisan tipis yang melapisinya, bisa juga disebabkan oleh susu. Sedangkan bila tampak lebih tebal, kemungkinannya bisa karena jamur.

  • Tidak segera hilang

    Jamur ini biasanya akan menetap berminggu-minggu. Bercak susu di dalam pipi dan bibir, biasanya akan menghilang dengan pemberian makan berikutnya. Namun kadang lapisan susu tersebut membandel dan bertahan hingga berminggu-minggu.

  • Sulit dihilangkan

    Coba bersihkan bercak putih menggunakan jari atau kain bersih. Jika segera hilang, kemungkinan lidah bayi putih disebabkan oleh sisa susu. Tapi, kalau nggak mudah dihilangkan, bisa jadi itu adalah jamur. Lapisan jamur biasanya agak lebih sulit dihilangkan dengan cara tersebut, malah kadang dapat berdarah saat Ibu mencoba membersihkannya.

    Untuk lebih jelasnya, berikut adalah ciri-ciri lidah bayi putih yang diakibatkan oleh infeksi jamur Candida Albican, di antaranya:

    • Terdapat bintik putih di lidah, pipi bagian dalam, dan langit-langit mulut
    • Lidah putih pada bayi nggak mudah hilang meski sudah diusap beberapa kali
    • Terdapat lapisan putih pada bibir bayi
    • Si Kecil merasa nggak nyaman saat menyusu
    • Perut terasa kurang nyaman karena terinfeksi jamur

Melansir laman resmi parents.com, lidah bayi putih akibat infeksi jamur bisa terlihat saat si Kecil rewel terus menerus ketika menyusu. Hal ini terjadi karena muncul rasa sakit yang dialami si Kecil saat menyusu, padahal ia sedang lapar

Sebagian ahli juga berpendapat tumbuhnya jamur ini dapat disebabkan oleh mengisap botol susu atau dot yang terlalu lama. Ada lagi yang berpendapat, kebersihan dot pada botol susu kurang terjaga dengan baik. 

Namun, Ibu perlu tahu bahwa bayi yang mendapatkan ASI dan tidak menggunakan dot pun bisa mengalami jamur ini. Jadi agak sulit juga untuk mengetahui apa penyebab lidah bayi putih ini. Kadang ada Ibu dan bayinya yang lebih rentan mengalaminya, sedangkan yang lain tidak.

Baca juga: Cara Membersihkan Lidah Bayi dengan Benar

Pencegahan Lidah Putih pada Bayi 

Untuk membantu mencegah tumbuhnya jamur yang berlebihan yang menyebabkan lidah bayi putih, Ibu perlu melakukan beberapa hal, di antaranya: 

  • Bersihkan lidah si Kecil secara rutin

    Cara menghilangkan bercak putih akibat endapan bisa dilakukan dengan mengusap lidah si Kecil menggunakan kasa steril yang halu atau kapas. Celupkan terlebih dahulu kasa steril atau kapas tersebut ke dalam air hangat, kemudian bersihkan bercak putih dengan gerakan melingkar secara lembut. Pastikan tidak ada sisa kasa atau kapas yang tertinggal di lidah si Kecil.

  • Jaga kebersihan benda-benda yang menyentuh mulut si Kecil

    Alat pompa payudara dan alat makan bisa menjadi benda-benda yang sering mengalami kontak langsung dengan mulut si Kecil. Oleh karena itu, pastikan setiap botol susu hingga alat makan steril sebelum digunakan. Sterilisasinya dengan cara merebus dalam air selama kurang lebih 20 menit atau menggunakan alat khusus sterilisasi peralatan bayi.

  • Merawat payudara Ibu

    Untuk mencegah lidah bayi putih, Ibu juga perlu memastikan payudara kering sempurna sebelum kembali ditutup dengan bra. Kebiasaan ini bertujuan agar payudara Ibu nggak mudah berjamur. Ibu juga bisa membasuh payudara dengan kain lembut yang sudah direndam air hangat setiap kali selesai menyusui. 

    Selain menjaga kebersihan payudara, Ibu juga harus memastikan produksi ASI dapat mencukupi kebutuhan si Kecil. Ibu nggak perlu khawatir karena kualitas ASI bisa ditingkatkan dengan rutin mengonsumsi susu Frisian Flag PRIMAMUM.

    Frisian Flag PRIMAMUM merupakan susu yang diformulasi khusus ibu hamil dan menyusu untuk mencukupi kebutuhan nutrisi Ibu dan si Kecil. Susu Frisian Flag PRIMAMUM mengandung 9 asam amino esensial (9AAE) lengkap dan 9 nutrisi penting lainnya untuk kebaikan Ibu dan si Kecil. Susu ini juga diperkaya dengan tinggi asam folat, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), serta tinggi DHA untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan sel otak si Kecil.

    Susu Frisian Flag PRIMAMUM juga mengandung tinggi zat besi, tinggi zinc, dan sumber serat pangan inulin untuk mendukung daya tahan tubuh Ibu dan si Kecil. Ditambah kandungan tinggi kalsium dan tinggi vitamin C untuk mendukung pertumbuhan sel tubuh si Kecil.

Baca Juga: Lebih Aman dan Nyaman Tidur Tanpa Bantal untuk Bayi

Cara Menghilangkan Putih di Lidah Bayi

Ibu sudah melakukan langkah pencegahan, tetapi lidah bayi putih tetap muncul dan mengganggu kesehatan si Kecil? Sebaiknya segeralah bawa si Kecil ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik. Nantinya, dokter akan memberikan obat antijamur yang aman dikonsumsi oleh si Kecil. Biasanya dokter akan menggunakan 2 jenis obat, di antaranya:

  • Miconazole
    Obat dalam bentuk gel ini sering dijadikan pilihan oleh dokter untuk mengobati lidah putih. Penggunaan miconazole dilakukan dengan cara mengoleskan pada bagian yang berwarna putih dengan jari yang sudah dibersihkan terlebih dulu.
  • Nystatin
    Obat ini diresepkan jika bayi tidak cocok dengan miconazole. Hadir dalam bentuk tetes, Nystatin akan lebih mudah diberikan pada bayi.

Perlu Ibu ingat lagi ya, kalau obat di atas hanya bisa diberikan kepada si Kecil sesuai anjuran dari dokter. Sebaiknya Ibu tidak memberikan si Kecil sembarang obat karena bisa berbahaya pada kesehatan dan tumbuh kembangnya. 

Selain menjaga kesehatan lidah si Kecil, Ibu juga perlu memantau tumbuh kembangnya agar si Kecil tumbuh lebih prima. Caranya mudah kok, Ibu bisa memanfaatkan fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima dari Akademi Keluarga Prima. Fitur ini memudahkan Ibu untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil berdasarkan grafik pertumbuhan dari WHO dan CDC. Ibu bisa menggunakan fiturnya di sini, ya!