Share Like
Simpan

Khawatir dengan adanya bercak putih pada lidah si Kecil, Bu? Bercak putih atau yang dikenal dengan oral thrust pada lidah bayi sering dikhawatirkan orang tua sebagai masalah pada bayi sehat. Pada dasarnya, bercak putih ini merupakan infeksi yang disebabkan oleh kuman Candida albicans. Pada bayi sehat, infeksi ini bisa terjadi karena rongga mulut dan lidah bayi kurang terjaga kebersihannya.

Selain itu, oral thrust yang juga disebut sebagai sariawan pada bayi ini bisa disebabkan oleh peradangan pada payudara Ibu menyusui. Kondisi ini dapat diperparah lagi apabila ketika menyusui Ibu juga mengonsumsi antibiotik, sebab hal tersebut akan memperbesar peluang bayi sehat terkena sariawan. Nah, bagaimana mencegah bercak putih atau sariawan pada bayi sehat ini? Berikut informasinya:

  1. Jaga kebersihan

    Kebersihan Ibu dan si Kecil merupakan faktor utama untuk membentuk bayi sehat dan mencegah timbulnya bercak putih di lidahnya. Perlengkapan bayi adalah salah satu hal yang harus menjadi perhatian Ibu. Usahakan untuk selalu menjaga kebersihan peralatan bayi sebelum dan sesudah menggunakannya serta menjaga mainan dan benda-benda lain di sekitar si Kecil yang rentan menyentuh mulutnya. Selain itu, Ibu juga tak boleh lupa untuk senantiasa menjaga kebersihan diri, terutama ketika hendak menyusuinya.

  2. Mensterilkan botol susu

    Untuk mendukung bayi sehat, tak sedikit orang tua memberikannya tambahan susu formula. Saat memberikan susu formula, Ibu harus selalu menjaga kebersihan botol susu dan segala perlengkapan yang digunakan minum susu. Botol susu yang hendak dipakai haruslah dibersihkan dan disterilkan terlebih dahulu untuk melenyapkan kuman dan bakteri yang kemungkinan bersarang di dalamnya.

  3. Tak membiarkan botol susu menemani tidurnya

    Apakah Ibu termasuk salah satu orang tua yang selalu mendampingi tidur si Kecil dengan sebotol susu di mulutnya? Bagi sebagian orang tua, cara ini dianggap efektif untuk membuat si Kecil tidur nyenyak dan membuat bayi lebih sehat. Akan tetapi, minum susu menjelang tidur sebenarnya justru dapat meninggalkan sisa-sisa susu di mulut bayi yang membuat bakteri Candida tumbuh dengan cepat.

  4. Memberikan air putih

    Jika si Kecil tak bisa melepaskan kebiasaan minum susu sebelum tidur, Ibu dapat membersihkan sisa-sisa susu yang menempel di mulut dan lidahnya dengan air putih. Pemberian air putih ini bertujuan untuk membilas dan membersihkan sisa-sisa susu yang tertinggal di mulut dan lidah bayi yang dapat menyebabkan timbulnya bercak-bercak putih. Jika si Kecil masih mengonsumsi ASI, Ibu dapat membersihkan mulutnya dengan mengusap lidahnya menggunakan kain kasa steril yang dicelup air hangat. Saat melakukan hal ini, pastikan air yang digunakan tak terlalu panas agar tak melukai lidah dan kulit bayi yang masih sensitif.

Itulah beberapa cara untuk mencegah timbulnya bercak putih pada lidah bayi. Menjaga kebersihan agar bayi sehat adalah tugas utama Ibu sebagai orang tua. Dengan melihat bayi sehat dan ceria, Ibu pun dapat tersenyum lega dan bahagia. Benar demikian, Bu?