Share Like
Simpan

Hai, Bu. Bagaimana kabar si Kecil? Semoga selalu sehat, ya. Beberapa hari lalu, tetangga saya sempat melakukan konsultasi anak ke dokter. Sebab, katanya warna lidah si Kecil terlihat memutih, berbeda dari biasanya. Ia bercerita, hal itu benar-benar membuatnya panik. Apalagi, menurut sesi live chat dengan dokter anak yang pernah ia ikuti di Facebook Ibu & Balita, umumnya lidah yang sehat berwarna merah muda.

Memang sih, Bu, perubahan warna lidah tak selalu jadi pertanda adanya penyakit serius. Namun, menurut saya, keputusan yang diambil tetangga saya untuk segera berkonsultasi dengan dokter adalah hal yang tepat. Sebab, ia jadi dapat banyak pengetahuan baru seputar kondisi kesehatan lidah si Kecil setelahnya.

Berikut beberapa perubahan warna yang bisa terjadi pada lidah si Kecil, penyebab, dan cara mengatasinya menurut hasil konsultasi dokter yang dilakukan oleh tetangga saya:

1. Lidah Putih
Kondisi yang pernah dialami anak tetangga saya ini ternyata dipicu oleh beragam hal, Bu. Di antaranya yaitu dehidrasi, terlalu sering bernapas lewat mulut, sariawan, dan pertumbuhan sel-sel papila yang berlebihan.

Umumnya, lidah putih bukan kondisi yang membahayakan kesehatan si Kecil, Bu. Ibu bisa membantu warna lidah si Kecil kembali normal dengan memberikannya lebih banyak asupan tinggi serat dan air putih. Setelah warna lidah si Kecil perlahan kembali normal, Ibu juga bisa membantu si Kecil menjaga kebersihan mulutnya lewat sikat gigi teratur dan menggosok lidahnya dengan lembut setiap menyikat gigi. Dengan kebersihan rongga mulut dan lidah yang terjaga, si Kecil pun terhindar dari risiko lidah putih, Bu.

2. Lidah Merah
Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, lidah yang sehat umumnya berwarna merah muda, Bu. Ketika warnanya terlalu mencolok dan cenderung kemerahan, kemungkinan ada yang salah dengan lidah si Kecil yang perlu diperhatikan lebih detail.

Berdasarkan konsultasi dokter yang dilakukan oleh tetangga saya, warna lidah yang memerah merupakan pertanda bahwa seseorang kekurangan asupan Vitamin B12 dan Asam Folat. Kemungkinan lainnya, lidah merah dipicu oleh adanya peradangan pada tubuh si Kecil yang diikuti oleh peningkatan suhu tubuh. Oleh karena itu, berikan si Kecil beragam makanan sumber Vitamin B12 seperti ikan tuna, ikan sarden, daging sapi, daging ayam, dan keju bila lidahnya terlihat lebih merah dari biasanya. Namun, bila hal ini ternyata dipicu adanya peradangan pada tubuh si Kecil, sebaiknya Ibu segera membawanya ke dokter, Bu.

3. Lidah Biru
Menurut info dari dokter, lidah biru umumnya disebabkan oleh lambatnya aliran darah pada tubuh serta anemia, Bu. Kondisi ini biasanya juga diikuti oleh gejala khas anemia lainnya, seperti lemas dan cepat lelah. Si Kecil pun jadi terlihat tak bersemangat. Jika si Kecil mengalami hal ini, Ibu bisa mencoba meningkatkan asupan zat besinya melalui beragam menu hidangan sehat seperti daging merah, daging ayam dan ikan, serta aneka sayuran berwarna hijau gelap. Selain itu, ajak juga si Kecil untuk lebih aktif bergerak. Dengan begini, jantungnya akan terpacu berdetak lebih kencang sehingga aliran darah di tubuhnya lebih lancar, Bu.

Itu dia beberapa kondisi yang dapat terjadi kepada lidah si Kecil. Apabila balita kesayangan Ibu mengalaminya, tak perlu panik ya, Bu. Coba perhatikan dengan teliti perubahan warna pada lidah si Kecil dan lakukan tindakan sesuai dengan saran di atas. Namun, Ibu juga disarankan untuk segera berkonsultasi ke dokter agar si Kecil mendapatkan penanganan lebih lanjut. Semangat terus merawat si Kecil ya, Bu!