Whatsapp Share Like
Simpan

Si Kecil memerlukan banyak stimulasi di masa tumbuh kembangnya. Ia perlu banyak dilatih dan diperkenalkan dengan berbagai hal. Salah satu kemampuan yang penting untuk dilatih adalah daya imajinasi, Bu. Untuk melatih daya imajinasi si Kecil ini bisa dengan cara yang sangat sederhana, lho, yaitu dengan gambar binatang. Ingin tahu lebih banyak tentang stimulasi ini? Langsung simak yuk dari informasi di bawah ini:

Manfaat Imajinasi untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Mengapa daya imajinasi penting untuk dimiliki oleh si Kecil? Ini karena imajinasi memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembangnya. Berikut adalah beberapa manfaatnya, Bu:

  • Imajinasi dapat membantu memunculkan bakat si Kecil.
  • Imajinasi akan menambah pengetahuan si Kecil.
  • Imajinasi membuat si Kecil terampil berkomunikasi dan bersosialisasi.
  • Imajinasi membuat si Kecil jadi mandiri, lebih percaya diri, dan mampu bersaing dengan orang lain.
  • Imajinasi membantu anak untuk bisa berpikir kreatif dan mampu menganalisa.

Melatih Imajinasi dengan Gambar Binatang

Mengembangkan imajinasi si Kecil bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah melalui gambar binatang. Dengan mengenal aneka satwa yang ada pada gambar kebun binatang, kemampuan imajinasi anak akan terlatih dengan baik. Dari sini, ia dapat mengenal nama-nama hewan, bagaimana bentuknya, di mana habitatnya, hingga suaranya.

Untuk gambar binatang, Ibu bisa mendapatkannya dengan mudah. Bisa dengan membeli buku tentang kebun binatang yang banyak dijual di toko buku, mencari gambar di internet, menonton video, atau menonton acara televisi tentang dunia satwa.

Langkah selanjutnya, perkenalkan nama-nama hewan yang ada pada gambar atau video pada si Kecil beserta suara dan habitatnya. Dari melihat gambar binatang tersebut, visual si Kecil akan melanjutkannya ke otak untuk kemudian direkam dengan baik sebagai bekal kosakata dan pengetahuannya.

Artikel Sejenis

Belajar dengan Meniru

Si Kecil dapat belajar lebih cepat dengan cara meniru. Jadi, saat memperkenalkan gambar binatang pada si Kecil, minta ia untuk meniru yang Ibu ucapkan. Misalnya saat Ibu menyebut nama hewan singa, ejalah dengan pelan kata “singa” lalu ajak ia untuk menirukannya. Mintalah ia untuk juga menirukan suara singa yang Ibu keluarkan. Dengan cara ini, si Kecil juga bisa sekaligus belajar berbicara, Bu.

Belajar Mengikuti Instruksi

Saat Ibu memperkenalkan si Kecil dengan gambar binatang ini, ia juga akan sembari belajar mengikuti instruksi yang Ibu berikan. Ibu memintanya untuk menirukan nama dan suara hewan, maka otaknya akan bekerja untuk menangkap perintah tersebut. Dari sini, si Kecil akan belajar bagaimana caranya menjalankan setiap kata dari sebuah instruksi dengan baik.

Baca juga: Semua Anak Kreatif dan Berbakat!!

Meningkatkan Daya Konsentrasi

Di samping meningkatkan imajinasi, memperkenalkan aneka satwa dari gambar binatang juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan daya konsentrasi si Kecil. Ia akan belajar fokus terhadap gambar yang ada di depannya sambil menangkap suara dari nama hewan yang Ibu sebutkan. Daya konsentrasi ini sangat diperlukan dalam proses belajar si Kecil supaya ia tidak salah dalam menangkap informasi.

Berkreasi dengan Miniatur Kebun Binatang

Alih-alih memperkenalkan buah hati dengan gambar binatang, Ibu juga bisa lho berkreasi dengan membuat sendiri miniatur kebun binatang bersama si Kecil. Caranya cukup mudah kok, Bu. Bahan-bahan yang diperlukan juga tak banyak.

Gunakan saja kardus bekas yang sudah dibersihkan dan dilapisi dengan kertas polos. Kemudian berikan sekat-sekat dari potongan kardus untuk dijadikan kandang hewan. Tambahkan juga gambar pohon dan pemandangan agar terlihat seperti kebun binatang sungguhan. Terakhir, letakkan miniatur hewan yang bisa dibeli dengan murah di toko mainan.

Si Kecil pasti akan sangat takjub melihatnya, Bu. Miniatur kebun binatang ini akan membuatnya seolah-olah sedang berada di kebun binatang sungguhan. Kreativitas dan imajinasinya pun dapat semakin berkembang dengan baik.

Tips Mengembangkan Imajinasi Si Kecil

Tak hanya melalui gambar binatang, mengembangkan imajinasi si Kecil juga masih bisa dilakukan dengan berbagai tips lainnya kok, Bu. Coba ikuti tips-tips berikut ini, yuk:

  • Menemani si Kecil bermain. Waktu bermain adalah saat di mana imajinasi si Kecil berkembang dengan pesat. Ibu pun perlu untuk menemaninya bermain supaya dapat sembari mengarahkan dan mengajari.
  • Mendongeng untuk si Kecil. Dongeng merupakan salah satu sarana untuk mengembangkan imajinasi si Kecil. Dari dongeng ia akan belajar tentang berbagai hal, mulai dari tokoh, jalan cerita, hingga pesan moral yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, seringlah mendongeng untuk si Kecil, Bu. Bisa dengan membacakan buku cerita atau bercerita dari karangan Ibu sendiri.
  • Jangan terlalu banyak memberi larangan. Rasa khawatir yang berlebih mungkin akan membuat Ibu sering melarang si Kecil untuk melakukan ini itu, ya. Boleh saja melarang, Bu, asal jangan terlalu berlebihan. Melarang secara berlebihan justru akan menghambat kreativitas si Kecil. Lebih baik gantilah larangan dengan anjuran yang dapat memotivasi si Kecil.
  • Perdengarkan musik yang menyenangkan. Musik yang menyenangkan cocok untuk denyut jantung si Kecil. Ibu pun bisa memperdengarkan musik dengan irama yang menyenangkan untuk merangsang dan mengambangkan imajinasi si Kecil.
  • Ciptakan suasana rumah yang mendukung tumbuh kembangnya. Tumbuh kembang si Kecil juga dipengaruhi oleh suasana rumah yang ditinggalinya. Rumah haruslah memiliki suasana yang menyenangkan, aman, dan nyaman untuk ia tumbuh dan berkembang.
  • Berikan respon positif terhadap imajinasinya. Kembangkan imajinasi si Kecil dengan memberikan respon yang positif. Jadilah pendengar yang baik dan pancinglah ia dengan pertanyaan untuk melatihnya berpikir kreatif.

Ternyata, gambar binatang dapat memberikan banyak manfaat untuk si Kecil ya, Bu. Coba sekarang, yuk, dan main bersama buah hati. Semoga setelah itu daya imajinasi si Kecil terus berkembang dengan baik.

Jika Ibu memiliki pertanyaan atau ingin berkonsultasi seputar kehamilan, bisa berkunjung ke laman Tanya Pakar, ya. Di sana ada para ahli yang akan membantu Ibu. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, pastikan Ibu sudah registrasi terlebih dahulu.

Sumber:

CnnIndonesia, Friso