Whatsapp Share Like
Simpan

Tidak terasa, pertumbuhan si Kecil berjalan dengan cepat ya, Bu. Menariknya, pertumbuhan ini tidak hanya memengaruhi kesehatan tubuh si Kecil, tapi juga perkembangan psikologisnya. Tak ingin proses tumbuh kembangnya terganggu, saya pun mulai mencari tahu pengaruh pertumbuhan sesuai usia bagi perkembangan psikologi anak. Berikut ini beberapa informasi yang saya dapatkan, Bu! 

1. Lebih Percaya Diri
Tahukah, Ibu? Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Daniel Freeman, profesor dari University of Oxford, anak dengan tubuh tinggi cenderung memiliki rasa percaya diri yang besar. Hal ini dikarenakan ia merasa lebih kuat dan aktif bergerak saat bermain dengan teman-temannya. Itu sebabnya, saya selalu memastikan si Kecil mendapat asupan nutrisi optimal sejak dini, agar ia tumbuh sesuai usianya dan lebih percaya diri ketika besar nanti.  

Tahukah, Ibu?

Berdasarkan penelitian, tinggi badan si Kecil berkaitan dengan tingkat kecerdasannya. Selain itu, anak yang tumbuh sesuai usianya umumnya memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi dibanding anak yang pertumbuhannya lebih lambat. Oleh sebab itu, berikan si Kecil asupan nutrisi yang mengandung Protein, Kalsium, dan Vitamin D3 untuk membantu membentuk dan mempertahankan kepadatan tulang dan giginya.

2. Lebih Berprestasi
Selain lebih percaya diri, anak yang tumbuh sesuai usianya umumnya lebih berprestasi di sekolah, lho. Ini dikarenakan si Kecil telah mendapat asupan nutrisi yang baik untuk perkembangan otaknya, sehingga ia tumbuh menjadi anak pintar dan mudah menyerap pelajaran kelak. Jika si Kecil dapat mengikuti pelajaran di sekolah dengan baik, ia dapat terhindar dari risiko stres, Bu. 

3. Lebih Mandiri
Apakah si Kecil sudah bisa mulai mencoba melakukan sesuatu secara mandiri, seperti mengambil minum atau mengancingkan bajunya? Jika iya, berarti ia tumbuh menjadi anak yang cepat tangkap, Bu! Beberapa waktu lalu, saya sempat terkejut melihat anak teman saya yang masih berusia 2 tahun, tapi sudah bisa pakai baju bahkan sikat gigi sendiri. Ketika saya tanya bagaimana tipsnya mengajarkan anak mandiri, ternyata teman saya sudah mulai melatih sistem motorik si Kecil sejak dini. Jadi, seiring bertambahnya usia, si Kecil tidak lagi harus selalu bergantung pada Ibu. 

Ternyata, menjadi anak yang aktif bergerak, cepat tangkap, dan tumbuh sesuai usianya punya banyak manfaat untuk perkembangan psikologi anak ya, Bu. Yuk, mulai optimalkan proses tumbuh kembangnya dan beri si Kecil asupan nutrisi seimbang sesuai usianya!