Whatsapp Share Like
Simpan

Sering mendengar khasiat minyak zaitun yang baik untuk kesehatan bayi, Bu? Minyak yang diperoleh dari perasan buah zaitun ini memang cukup populer dalam dunia kesehatan dan juga kecantikan. Selain bisa diaplikasikan pada orang dewasa, minyak zaitun ternyata juga dapat Ibu berikan pada bayi untuk menjaga kesehatannya.

Untuk mendukung kesehatan bayi, dianjurkan untuk memberikan minyak zaitun yang masih asli yaitu yang diperoleh pada perasan pertama saat proses ekstraksi atau yang lebih dikenal dengan extra virgin olive oil. Apa saja sih sebenarnya khasiat minyak zaitun untuk bayi? Ini dia informasi selengkapnya:

Pelembab Alami

Bayi idealnya harus senantiasa bersih dan lembut sepanjang hari. Nah, salah satu cara untuk memberikan rasa nyaman ini pada bayi adalah melalui minyak zaitun. Ibu bisa mengoleskan minyak zaitun pada kulit bayi terutama sehabis ia mandi. Ini akan membantu menjaga kelembapan kulitnya sepanjang hari. Dengan kondisi kulit yang segar, lembut, dan terjaga kelembapannya, bayi pun akan mudah untuk tidur dengan lelap.

Pencegah Ruam Popok

Jika bayi belum bisa melepaskan dirinya dari pemakaian popok sekali pakai, maka Ibu harus senantiasa menjaga kebersihan dan perawatan tubuhnya untuk menghindarkan bayi mengalami ruam popok. Ruam popok ini biasanya dapat terjadi karena pengaruh keringat atau kondisi popok yang basah. Cara untuk mencegahnya adalah dengan mengoleskan minyak zaitun pada pantat bayi setelah mengganti popoknya.

Menjaga Kesehatan Rambut

Selain untuk kesehatan, penggunaan minyak zaitun untuk bayi juga bisa membantu untuk mempercantik rambutnya agar tampak bercahaya, lebih kuat, lebat, dan lembut. Selain mengonsumsi langsung secara rutin dengan izin dari dokter, Ibu dapat memperoleh manfaat minyak berkhasiat ini dari produk-produk sampo berbasis zaitun untuk bayi. Ibu juga bisa mengoleskannya langsung ke rambut bayi.

Artikel Sejenis

Mencegah Penyakit Jantung dan Kanker

Untuk mengupayakan kesehatan bayi sedari awal, tidak ada salahnya menambahkan minyak zaitun pada menu makan bayi. Sebab, minyak zaitun dikenal memiliki banyak vitamin diantaranya adalah vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, dan vitamin B kompleks. Kandungan vitamin-vitamin tersebut dapat menghindarkan tubuh bayi dari risiko penyakit jantung dan kanker yang bisa mengancam masa depannya.

Untuk Memijat

Pijat bayi dapat bermanfaat untuk kesehatan, menenangkan, dan memperbaiki tidurnya. Saat memijat ini Ibu bisa menggunakan minyak zaitun yang memiliki beberapa manfaat sebagai berikut:

  1. Membuat kulit bayi sehat, halus, kencang, dan berkilau
  2. Mempunyai kekuatan regeneratif di atas jaringan kulit
  3. Mengandung vitamin E, lemak sehat, antioksidan fenol, oleat, dan asam squalene yang dapat mempertahankan warna kulit serta meningkatkan kesehatan tulang dan otot

Mengurangi Konstipasi

Bayi sering mengalami konstipasi, terutama yang sudah mulai makan MPASI. Minyak zaitun untuk bayi bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi masalah pencernaan tersebut. Caranya adalah dengan menggosokkan minyak zaitun hangat ke perut bayi dengan gerakan searah jarum jam. Perutnya pun akan terasa lebih nyaman dan ia dapat tidur dengan nyenyak.

Mengurangi Kotoran di Kepala

Di kepala bayi sering terdapat cradle cap atau peradangan kulit yang mengering dan mengelupas yang umumnya ditemukan di kepala bayi. Untuk merawatnya, Ibu bisa menggunakan minyak zaitun dengan cara sebagai berikut:

  1. Oleskan minyak zaitun secara perlahan ke kulit kepala bayi.
  2. Pijat menggunakan sikat lembut atau kain lap, biarkan selama 10 hingga 20 menit.
  3. Jika keraknya tebal, biarkan minyak lebih meresap hingga ke dalam selama semalam.
  4. Cuci kulit kepala bayi menggunakan sampo dan air hangat.
  5. Hilangkan kerak menggunakan sisir bayi.

Mengatasi Batuk

Saat bayi sakit batuk, ASI merupakan obat alami yang paling dianjurkan untuk menyembuhkan batuknya. Selain mengobati dengan ASI, gunakan juga minyak zaitun yang bisa diberikan dengan cara sebagai berikut:

  1. Campur minyak zaitun sebanyak 3-4 sendok tetes dengan 2-3 tetes kayu putih, minyak peppermint, dan rosemary.
  2. Gosokkan campuran tersebut ke dada dan punggung bayi sebelum waktu tidurnya. Cara ini akan membantu meredakan batuk dan membuat tidurnya lebih nyenyak.

Banyak, bukan khasiat dari minyak zaitun untuk bayi? Untuk mendapatkan semua khasiat tersebut, Ibu dapat memberikannya secara langsung atau ditambahkan pada makanan sesuai dengan petunjuk dokter ataupun ahli gizi. Akan tetapi, Ibu perlu memilih minyak zaitun yang memiliki aroma dan rasa ringan agar bayi menyukainya dan jangan lupa memperhatikan dosisnya ya, Bu. Semoga informasi ini bermanfaat.

Masih memiliki banyak pertanyaan seputar kesehatan anak? Konsultasikan saja secara langsung kepada ahlinya di laman Tanya Pakar, Bu. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, pastikan Ibu sudah registrasi terlebih dulu, ya.

Sumber:
nakita.grid.id