Share Like
Simpan

Bu, saya mau berbagi cerita, nih. Si Kecil sekarang pelan-pelan sudah lancar bernyanyi lho. Tidak hanya menirukan suara saya saat menyanyi, tetapi juga ketika mendengarkan lagu anak-anak favoritnya. Apalagi si Kecil terlihat semangat dan senang melakukannya. Tak jarang, ia melakukannya sambil menari mengikuti irama lagu. Menggemaskan ya, Bu. Kebetulan, saya baru saja membaca artikel di internet tentang manfaat musik untuk anak  sembari menghafalkan lirik lagunya. Tidak hanya mampu merangsang pertumbuhan otak dan kecerdasan si Kecil secara optimal, kegiatan ini juga memberikan beberapa manfaat lainnya bagi si Kecil. Berikut ini beberapa info yang sebaiknya Ibu ketahui.

1. Memperkuat Daya Ingat

Bu, mempelajari kata per kata dalam lirik lagu sejak usia dini bisa melatih kemampuan otak si Kecil dalam menghafal, lho. Jadi, aktivitas ini akan memperkuat daya ingatnya.

2. Memperlancar Kemampuan Berbicara

Lirik lagu yang diucapkan dan dinyanyikan berulang-ulang oleh si Kecil akan meningkatkan kemampuannya berbicara. Mengucapkan susunan kata tertentu dalam waktu tertentu mampu melatih koordinasi serta cara kerja otak, syaraf, dan organ yang mendukung kemampuan bicara, seperti mulut, lidah, maupun pita suara.

3. Menambah Kosakata

Mengajak si Kecil menghafal lirik lagu bisa menjadi salah satu cara mendidik anak yang efektif untuk meningkatkan kecerdasan verbal, seperti menambah kosakata baru. Si Kecil bisa  menemukan kata yang belum pernah ia ucapkan atau nyanyikan sebelumnya dalam lirik lagu tersebut.

4. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Ketika si Kecil sudah hafal sebuah lagu, ia akan berusaha menunjukkannya kepada Ibu, Ayah, maupun teman-temannya untuk mendapatkan perhatian. Perhatian positif dari orang-orang di sekelilingnya akan membuatnya lebih percaya diri saat mengekspresikan sesuatu. Hal itu akan berdampak baik bagi kehidupan sosialnya nanti.

5. Mengasah Kemampuan Seni 

Mendengarkan musik sekaligus menghafal lirik lagunya juga berpotensi mengasah kemampuan seni si Kecil, terutama yang berhubungan dengan kreativitas. Apalagi, jika si Kecil menghafal lirik lagu sambil menari. Ibu bisa mengambil contoh dari Gerak 123. Menurut pembuatnya, dr. Michael Triangto, SpKO, koordinasi saat bernyanyi sembari bergerak sesuai irama lagu dalam Gerak 123 mampu menstimulasi kepintaran si Kecil karena memicu otak untuk bekerja optimal. 

Menarik ya, Bu, mengetahui manfaat musik untuk anak, khususnya jika si Kecil ikut menghafal liriknya. Yuk, mulai ajak si Kecil menghafal lirik lagu. Ibu bisa memulai dengan mengajak si Kecil menghafal lirik lagu Gerak 123 di sini. Selamat menari dan bernyanyi bersama si Kecil, Bu!