Share Like
Simpan

Pernahkah Ibu melihat si Kecil lebih mudah mempelajari berhitung atau menghafal nama-nama hari dalam seminggu bila didendangkan? Tentu lebih menyenangkan bagi si Kecil untuk mempelajari deretan angka dengan bernyanyi dibandingkan hanya memperlihatkan deretan angka berwarna warni atau menghafal nama-nama hari dengan mengulang kata-kata yang diucapkan Ibu.

Ternyata, seorang psikolog yang berkecimpung khusus di bidang proses belajar, memori atau daya ingat dan kemampuan berbahasa pada anak-anak, Dr. Sylvain Moreno membuktikan melalui penelitiannya di Universitas York, bahwa anak-anak usia pra sekolah yang dilatih dengan instruksi interaktif dan menggunakan media kartun dan musik selama 20 hari dapat meningkatkan kecerdasan berbahasa.

Studi yang mengamati 48 anak-anak yang diberikan tugas dan diajarkan dengan menggunakan metode melodi, irama, suara dan konsep musik lebih unggul lima kali lebih besar daya ingatnya dalam menghafalkan kata-kata dan dapat memecahkan masalah dengan lebih baik dibandingkan kelompok yang dilatih hanya dengan menggunakan media ketrampilan yang berkaitan dengan bentuk, warna, garis, dan dimensi.

Pelatihan kognitif atau kecerdasan yang dilakukan selama 4 minggu dengan menggunakan musik ternyata memperlihatkan adanya perubahan dramatis pada kecerdasan verbal. Selain itu, anak-anak pra sekolah menjadi lebih fokus serta memiliki kemampuan berbahasa yang lebih baik. Pengetahuan perbendaharaan kata-kata anak-anak juga mengalami peningkatan.

Studi ini pun menyimpulkan, adanya kaitan yang sangat jelas antara musik dan perkembangan kecerdasan anak, sehingga perlu dikembangkan lebih lanjut. Jadi, mari ajari si Kecil dengan lagu, melodi dan irama serta musik sehingga memperkaya perbendaharaan kata-katanya dan meningkatkan daya ingatnya lebih baik lagi!