Share Like
Simpan

Tidak berbeda dengan Ibu yang merasa tenang bila mendengarkan musik bertempo lambat atau instrumental, dan merasa senang bila mendengarkan musik bertempo riang, si Kecil juga akan merasakan hal yang sama. Menyanyikan atau menyetel lagu bertempo lambat atau instrumental akan membantu si Kecil untuk tertidur.

Apakah musik membuat si Kecil makin pandai?
Si Kecil dilahirkan dengan bermilyar-milyar sel otak yang dalam perkembangannya akan saling berhubungan dan berperan pada kecerdasannya. Musik dipercaya dapat mempengaruhi cara berpikir kita. Mendengarkan musik klasik memperbaiki kemampuan spasial (kemampuan dalam hal yang berkaitan dengan visualisasi tempat/ruangan seperti : membaca peta,diagram, dan gambar/foto) jangka pendek dan belajar memainkan alat musik mempengaruhi kemampuan berpikir.

Belum ada suatu kepastian tentang efek musik terhadap kecerdasan karena belum cukup banyak penelitian yang dilakukan. Beberapa ahli menyatakan dengan belajar memainkan alat musik membuat anak lebih pandai berhitung, akan tetapi penelitian ini dilakukan pada anak – anak yang sudah lebih besar, bukan pada bayi. Studi lain pada anak berusia 3 – 4 tahun mendapatkan bahwa belajar piano dapat merangsang kemampuan 3 dimensi anak hingga 30 persen.

Hal ini diperkirakan karena jalur musik, khususnya musik klasik, menyerupai jalur kemampuan spasial. Meskipun bayi masih kecil, ia sudah mengerti alunan nada dari musik. Seorang profesor psikologi dan pakar ilmu kognitif dari University of California, Norman Weinberger, dalam salah satu studinya menyatakan bahwa bayi berusia 4 bulan menyadari ketika ada nada yang salah pada lagu selamat ulang tahun.

Studi terbaru yang dilakukan oleh David Gerry dan Laurel Trainor membandingkan dua kelompok bayi berusia 1 tahun yang belajar 2 jenis musik yang berbeda bersama orang tuanya selama 6 bulan. Kelompok pertama mendalami musik klasik, sedangkan kelompok lainnya mempelajari musik dalam kartun yang sedang terkenal.

Kelompok yang mendalami musik klasik memiliki respon yang lebih sensitif saat mendengar musik, mereka juga menunjukkan kemampuan berkomunikasi yang lebih baik, seperti menunjuk benda dan melambaikan tangan mengucapkan selamat tinggal. Selain itu, mereka juga lebih ceria.

Tips agar si Kecil menyukai musik
• Mainkan berbagai jenis musik untuk si Kecil
• Bernyanyi untuk si Kecil
• Bernyanyi bersama si Kecil
• Ajarkan si Kecil bermain alat musik sejak dini