Share Like
Simpan

Membedong bayi ternyata telah popular sejak abad ke 18 dan telah dilakukan di negara-negara Barat. Hingga kini masyarakat di Timur Tengah dan Amerika Selatan serta negara Asia masih melakukannya, walaupun tiap negara memiliki teknik yang berbeda.

Tindakan membedong ini diyakini dapat membantu si Kecil tidur nyenyak dan lebih lama. Balutan kain bedong bayi mungkin dapat menahan gerakan lengan bayi yang terjadi secara tiba-tiba atau gerakan saat si Kecil kaget. Hal ini mungkin juga dialami saat bayi tidur tengkurap, sehingga bayi yang dibedong tidur lebih nyenyak dibandingkan bayi yang tidak dibedong. Selain itu, tindakan membedong dapat mencegah bayi baru lahir yang belum dapat mengontrol gerakannya agar tidak terluka akibat garukan kukunya.

Sebagian Ibu membedong bayi dengan tujuan agar si Kecil tetap hangat dan nyaman, karena bayi yang baru lahir belum dapat mengatur suhunya seperti orang dewasa. Namun Ibu harus memastikan saat membedong si Kecil, ia tidak kepanasan.

Membedong bayi juga merupakan salah satu cara untuk menenangkan bayi yang rewel, karena balutan kain bedong dapat memberikan rasa nyaman seperti layaknya dekapan atau pelukan Ibu atau menyerupai rasa nyaman saat si Kecil masih dalam rahim.

Bayi yang dibedong juga lebih mudah digendong, dan saat Ibu memberikan ASI pun dapat menjadi lebih fokus karena lengan dan kaki si Kecil lebih terjaga di dalam bedongan.

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membedong bayi, yaitu:
- Perhatikan bahan yang digunakan untuk membedong, sebaiknya gunakan bahan kain yang tipis dan lembut.
- Perhatikan kencang/ketatnya balutan bedong agar tidak menghambat gerakan napas dan sirkulasi peredaran darah si Kecil.
- Hindari menutupi kepala bayi dan jangan posisikan si Kecil tengkurap saat dibedong untuk menghindari bahaya kematian mendadak akibat tertutupnya jalan napas.

Nah, sekarang Ibu bisa membedong si Kecil, asalkan Ibu memperhatikan beberapa hal yang perlu diwaspadai tersebut. Ibu pun dapat berdiskusi lebih lanjut dengan dokter / bidan mengenai pembedongan yang baik dan benar.