Share Like
Simpan

Dulu sering kali saya bertanya, bolehkah ibu menyusui mengonsumsi ikan? Sebab, seperti diketahui bahwa apa pun yang Ibu konsumsi dapat memengaruhi kondisi bayi sehat Ibu. Untuk mengetahui jawabannya, saya akhirnya berkonsultasi dengan dokter, Bu. Ternyata, ibu yang sedang menyusui boleh mengonsumsi ikan. Asalkan, Ibu selektif memilih jenis ikan yang ingin dikonsumsi. Dokter menyarankan agar saya memilih ikan rendah merkuri, seperti salmon, teri, lele, dan nila. Sedangkan jenis ikan yang tidak disarankan untuk ibu menyusui adalah ikan hiu, ikan todak, makarel, dan ikan ubin.

Tahukah, Ibu? Mengonsumsi ikan saat menyusui dapat memberikan banyak manfaat bagi Ibu dan si Kecil. Ibu pun bisa memperoleh asupan Protein melalui konsumsi ikan, sedikitnya dua porsi seminggu. Nah, apalagi ya manfaat ikan untuk ibu menyusui? Berikut info yang saya dapatkan dari dokter, Bu:

• Membantu Mengoptimalkan Perkembangan Otak Si Kecil

Memiliki bayi sehat dan cerdas adalah dambaan setiap orang tua. Itulah kenapa penting bagi Ibu untuk memilih makanan yang bergizi. Kabar baiknya, ikan mengandung DHA dan EPA, jenis asam lemak Omega-3 yang penting bagi perkembangan otak si Kecil. Selain itu, mengonsumsi ikan saat sedang menyusui juga dapat membantu meningkatkan koordinasi mata dan tangan si Kecil sejak usia dini.

• Membantu Menyehatkan jantung

Selain kaya Omega-3, kandungan lemak jenuh pada ikan juga rendah, lho, Bu. Jadi, mengonsumsi ikan saat sedang menyusui juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Manfaat itu pun tidak hanya memengaruhi Ibu namun juga pada kesehatan si Kecil yang rutin mengonsumsi ASI.

• Membantu Mengurangi Depresi

Sangat disayangkan, menurut dokter saya, ada sekitar 10-20 persen ibu mengalami depresi pascamelahirkan. Kondisi psikologis ini dapat memberikan dampak negatif terhadap bayi mereka. Nah, kandungan Omega-3 pada jenis ikan seperti salmon dipercaya dapat membantu mencegah dan mengurangi depresi pascamelahirkan. Itulah kenapa penting bagi Ibu untuk mengonsumsi ikan saat menyusui demi Ibu dan si Kecil yang sehat.

• Membantu Memenuhi Kebutuhan Vitamin D

Apakah Ibu sering menjemur si Kecil setiap pagi agar ia mendapatkan vitamin D dari sinar matahari? Nah, dengan cuaca yang tak menentu seperti saat ini, mungkin agaak sulit jika hanya mengandalkan sinar matahari. Oleh sebab itu, Ibu bisa mendapatkan asupan vitamin D dari ikan. Ya, Vitamin D dari ikan tentu bermanfaat untuk membantu si Kecil menyerap Kalsium yang terdapat dalam ASI.

Wah, banyak ya, Bu, manfaat mengonsumsi ikan untuk ibu yang sedang menyusui. Supaya manfaat tersebut dapat diperoleh secara optimal, pastikan kebutuhan nutrisi Ibu selama menyusui terpenuhi. Semua itu bisa Ibu dapatkan pada susu Frisian Flag Mama, lho. Kini, susu Frisian Flag Mama bisa dikonsumsi baik oleh Ibu hamil maupun menyusui. Ketika mulai menyusui, Ibu bisa rutin mengonsumsi dua gelas susu Frisian Flag Mama setiap harinya.

Frisian Flag Mama dengan rasa cokelatnya yang juara, mengandung nutrisi sesuai untuk mendukung Momen Wow Mama dan si Kecil di masa kehamilan dan menyusui. Menggunakan formula baru, Frisian Flag Mama mengandung lebih banyak Protein, Inulin, Kalsium, Zat Besi, Vitamin B6, dan juga tinggi energi untuk memenuhi kebutuhan tambahan kalori selama masa menyusui. Tak hanya itu, kandungan Asam Folat, AA, DHA, ALA, dan LA di dalamnya, baik untuk perkembangan otak si Kecil.

Frisian Flag Mama dapat menjadi teman setia Ibu di masa kehamilan dan menyusui. Selamat mencoba, Bu!