Whatsapp Share Like
Simpan

Kebanyakan Ibu hamil pada zaman sekarang masih berusaha untuk tetap aktif dan bekerja di awal masa kehamilan. Bagi kebanyakan Ibu yang bekerja di bawah perusahaan besar bahkan hanya mendapatkan cuti kehamilan untuk beberapa bulan saja dan tidak bisa sepenuhnya beristirahat selama 9 bulan. Bagi Ibu dengan kebugaran dan kesehatan yang baik, tentu saja ini tidak terlalu menjadi masalah besar. Namun, tidak semua Ibu dapat melakukan hal ini.

Kunci agar tetap aktif dan produktif saat hamil berasal dari beberapa faktor dan semua ini kembali pada kondisi Ibu dan si Kecil. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk bergerak aktif atau bahkan bekerja, sebaiknya Ibu mengonsultasikan hal ini dengan dokter. Inilah salah satu manfaat dari rutin memeriksakan keadaan kandungan pada setiap masa pertumbuhan janin atau minimal satu bulan sekali.

Ibu dapat melakukan beberapa tips di bawah ini untuk meningkatkan kondisi fisik agar tetap bisa aktif saat hamil.

  1. Tidak Boleh Lupa Makan
    Kebutuhan asupan nutrisi yang bertambah membuat konsumsi makanan menjadi sangat krusial bagi Ibu hamil. Untuk perbandingannya, terkadang Ibu yang sudah makan dengan teratur pun masih belum bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi harian. Di samping itu, makanan yang dikonsumsi pun harus mengandung semua nutrisi baik dan usahakan untuk menghindari makanan pemicu gula darah tinggi seperti makan yang manis-manis, berlemak, goreng-gorengan dan tinggi kolesterol. Bisa dikatakan, Ibu harus mengonsumsi makanan sehat.
    Makanan yang dikonsumsi juga terkadang tidak bisa sepenuhnya memenuhi kebutuhan harian. Maka dari itu, bantu asupan nutrisi harian dengan susu Ibu hamil Frisian Flag Mama Tahap 0 SUPRIMA dengan rasa cokelat yang lezat dapat mendukung asupan nutrisi Ibu selama periode kehamilan dan menyusui. Dengan memenuhi nutrisi dan gizi, Ibu akan tetap berenergi dan tidak akan mudah lemas.
  2. Segera Berhenti Ketika Merasa Lelah dan Istirahatlah yang Cukup
    Dengan bertambahnya kebutuhan energi saat beraktivitas, Ibu pasti akan merasakan kelelahan lebih cepat dari sebelumnya. Jika sudah begini, jangan memaksakan untuk terus bergerak dan segeralah beristirahat. Usahakan untuk mengondisikan diri dalam posisi rileks untuk mengembalikan energi yang sudah terpakai.
    Ibu hamil disarankan untuk tidur sebanyak 10 hingga 11 jam di malam hari agar peredaran darah tetap lancar. Gunakan juga waktu senggang di tengah aktivitas untuk tidur minimal 15 menit. Terakhir, untuk Ibu yang masih bekerja, usahakan untuk tidak bekerja lebih dari 8 jam per hari.
  3. Menggunakan Pakaian yang Nyaman
    Sekarang ini, sudah banyak pakaian untuk Ibu hamil yang disesuaikan dengan situasi namun tetap mengutamakan kenyamanan. Pakailah pakaian yang longgar agar tetap leluasa untuk bergerak dan jangan lupa bawa pakaian hangat ketika suhu udara turun akibat AC bagi yang bekerja di perkantoran.
    Gunakan juga alas kaki yang nyaman dan jangan memaksakan untuk memakai heels yang tinggi. Sneakers bisa jadi salah satu pilihan untuk Ibu hamil atau sepatu hak pendek sekitar 3 cm dapat membantu menopang tulang belakang dengan lebih baik daripada harus pakai flat shoes saat hamil.
  4. Konsumsi Camilan Sehat
    Wajar bila Ibu hamil sering merasa lapar meskipun baru saja menyantap makan siang. Apalagi jika masih berusaha untuk aktif dan produktif. Maka dari itu, selalu sedia camilan sehat agar bisa menunda lapar hingga waktunya makan tiba. Snack atau camilan sehat untuk Ibu hamil sangat bervariasi dan porsinya dapat Ibu sesuaikan dengan kebutuhan. Hal ini penting karena jika tidak diganjal dengan makanan, Ibu akan merasakan mual yang disebabkan gula darah rendah.


Sebagian Ibu mungkin mau tidak mau harus tetap bekerja meskipun sedang mengandung. Namun, Ibu perlu mengetahui bahwa tetap aktif bergerak saat proses kehamilan justru dianjurkan oleh para ahli. Bahkan jika Ibu bermalas-malasan, risiko terkena hipertensi dan diabetes akan meningkat. Selain itu, varises dan penggumpalan darah juga berkaitan dengan terlalu banyak duduk saat hamil. Untuk Ibu yang diharuskan duduk berjam-jam saat bekerja sangat dianjurkan untuk melakukan stretching secara berkala.

Untuk bergerak atau berusaha untuk hamil memang tidaklah mudah dilakukan. Namun, Ibu tetap harus memaksakan untuk tetap aktif agar kesehatan dan pertumbuhan si Kecil berlangsung lancar. Jika sejak dalam kandungan si Kecil sudah diperhatikan, maka ketika dilahirkan, si Kecil dapat tumbuh Pintar, Kuat, dan Tinggi.

Artikel Sejenis