Whatsapp Share Like
Simpan

Hai Bu! Di usianya saat ini, si Kecil sudah semakin aktif dan mulai gemar berjalan ke sana ke mari, iya kan Bu? Itu salah satu tanda bahwa perkembangan motorik anak sedang berkembang, Bu. Salah satu cara untuk mendukung tumbuh kembangnya saat ini adalah dengan membiarkan si Kecil berjalan tanpa alas kaki. Saran ini saya dapatkan saat mengobrol bersama Ibu lain di forum Ibu & Balita. Ternyata berjalan tanpa alas kaki memiliki banyak sekali manfaat untuk si Kecil yang menginjak usia 1–3 tahun, sebab dalam rentang usia tersebut perkembangan otot dan tulang si Kecil sedang terbentuk.

Ada info bahwa menurut Kevin Geary, seorang pakar kesehatan juga pendiri situs tentang pola asuh dan kesehatan anak, alas kaki yang tidak tepat berisiko menghalangi perkembangan jari kaki dan dapat menghambat kemampuan dan pergerakan kaki secara optimal. Oleh karena itu, saya akan memberikan informasi pada Ibu dari jurnal yang saya baca mengenai manfaat berjalan tanpa alas kaki bagi si Kecil. Baca selengkapnya yuk, Bu.

1. Melatih Kekuatan Kaki

Berjalan tanpa alas kaki dapat membantu memperkuat telapak dan kaki bagian bawah, Bu. Dengan begitu, otot kaki si Kecil dapat lebih fleksibel dan tidak mudah cedera ketika beraktivitas.

2. Melatih Gerak dan Keseimbangan

Seorang dokter spesialis anak dari International Chiropratic Pediatric Association (ICPA), Dr. Kacie Flegal mengatakan, cara sederhana melatih keseimbangan tubuh si Kecil adalah dengan membiarkannya berjalan tanpa alas kaki. Ada sekitar 200.000 saraf di satu kaki. Berjalan kaki tanpa alas dapat meningkatkan sensitivitas  saraf tersebut. Dengan begitu, si Kecil dapat lebih hati-hati dan mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi dataran yang diinjaknya. Ini tentu akan membebaskan aktivitas anak.

3. Lebih Fokus pada Kondisi Sekitarnya

Dengan meningkatnya sensitivitas si Kecil, ia dapat lebih waspada dengan kondisi sekitarnya. Ketika sedang berjalan, pelan-pelan fokus dan refleknya pun terlatih untuk melewati berbagai kondisi di area bermainnya, Bu.  

4. Melatih Indra si Kecil

Semakin bertambah usianya, si Kecil akan semakin bersemangat untuk mengeksplorasi hal-hal baru di lingkungannya. Berjalan tanpa alas kaki akan bermanfaat untuk memperkenalkan si Kecil pada lingkungan serta mengoptimalkan perkembangan panca indranya. Si Kecil dapat merasakan tekstur permukaan yang ia injak, seperti kasar, lembut, ataupun becek sehingga dapat melatih indra perabanya. 

Wah, ternyata berjalan tanpa alas kaki sangat bermanfaat untuk perkembangan motorik anak, ya Bu. Namun, perlu diingat juga Bu, bahwa sebaiknya kegiatan ini dilakukan di lingkungan yang aman bagi kaki mungil si Kecil. Ibu bisa memeriksanya terlebih dahulu bahwa tidak ada benda yang dapat melukai kaki si Kecil di area bermainnya. Tetap perhatikan dan awasi si Kecil saat beraktivitas ya, Bu, agar ia dapat tumbuh menjadi anak yang pintar dan kuat.