Whatsapp Share Like Simpan

Mungkin Ibu sudah tidak asing dengan istilah lemak dalam makanan. Namun, bagaimana dengan asam lemak? Asam lemak ternyata komponen utama dalam lemak. Itulah sebabnya, lemak tidak semuanya buruk bagi kesehatan, justru ada jenis lemak yang sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan anak, terutama asam lemak esensial. 

Asam lemak sebenarnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu asam lemak non esensial dan asam lemak esensial. Berbeda dengan asam lemak non esensial yang dapat diproduksi oleh tubuh, asam lemak esensial adalah jenis asam lemak yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, namun kehadirannya sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Maka dari itu, konsumsi makanan yang mengandung asam lemak esensial perlu dilakukan secara rutin setiap hari. 

Ada 2 jenis asam lemak esensial, yaitu omega 3 (ALA) dan omega 6 (LA). Keduanya merupakan asam lemak tak jenuh ganda ganda yang baik untuk mendukung kesehatan anak terutama untuk mendukung pertumbuhan sel otak anak sehingga anak dapat tumbuh pintar dan kreatif.

Perlu Ibu ketahui bahwa asam lemak tak jenuh ganda merupakan jenis lemak yang sangat baik bagi kesehatan, salah satunya untuk meningkatkan kecerdasan anak. Untuk mengetahui manfaat asam lemak esensial terhadap kecerdasan dan tumbuh kemang anak, kita simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Manfaat Asam Lemak Esensial Berdasarkan Jenisnya

Berikut ini manfaat asam lemak esensial yang perlu Ibu ketahui berdasarkan jenisnya, antara lain:

Artikel Sejenis

  • Asam Lemak Omega 3

    Menurut penelitian dari British Journal of Nutrition tahun 2016, 8 dari 10 anak Indonesia yang berusia 4-12 tahun masih kekurangan asupan omega 3 dan DHA. Padahal, usia tersebut merupakan usia sekolah, di mana kemampuan otak yang optimal dapat membantu si Kecil untuk lebih berprestasi. 

    Lantas, apa bedanya omega 3 dan DHA? Jadi, DHA itu termasuk salah satu jenis dari omega 3 yang perannya cukup penting sebagai komponen struktural otak, mendukung kecerdasan, kemampuan kognitif, serta mendukung sistem saraf si Kecil. Berikut ini beberapa manfaat omega 3 yang penting bagi si Kecil, antara lain: 

    • Meningkatkan perkembangan otak
    • Menjaga kesehatan jantung dengan cara meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), menurunkan kadar trigliserida, menurunkan tekanan darah, dan mencegah terbentuknya plak di pembuluh darah
    • Membantu menjaga kesehatan mental
    • Mengurangi gejala depresi, seperti gangguan bipolar dan skizofrenia
    • Mencegah peradangan
    • Membantu meningkatkan daya ingat
    • Menjaga kesehatan tulang

    Dari beragam manfaat di atas, tak heran jika omega 3 perlu dikonsumsi oleh si Kecil secara rutin. Kekurangan omega 3 memang tidak menimbulkan risiko dalam jangka pendek, Bu. Si Kecil tidak akan mengalami gangguan apapun jika hanya kekurangan omega 3 selama beberapa hari saja.

    Namun, jika si Kecil sudah kekurangan omega 3 sejak dalam kandungan hingga masa pertumbuhan (sejak berbulan-bulan hingga tahunan), maka akan menyebabkan ia mengalami risiko gangguan kesehatan, seperti:

    • Tingkat kecerdasan rendah
    • Lebih berisiko mengalami penyakit jantung, radang sendi, dan kanker
    • Daya tahan tubuh sangat lemah
    • Busung lapar

    Namun, Ibu tidak perlu khawatir karena DHA dan omega 3 bisa didapatkan dengan mudah lho. Ada beberapa makanan yang mengandung omega 3 dan aman dikonsumsi oleh si Kecil, di antaranya susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+, ikan, telur, daging, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

    Peran penting omega 3 dalam meningkatkan perkembangan otak juga dikaitkan dengan manfaatnya yang mampu mengurangi risiko terjadinya perilaku hiperaktif pada anak, meningkatkan kemampuan konsentrasi, serta memperbaiki daya ingat. Oleh karena itu, usahakan untuk mencukupi kebutuhan omega 3 si Kecil secara tepat agar perkembangan otaknya lebih optimal.

    Berbicara mengenai kecerdasan, sebenarnya omega 3 bukan satu-satunya nutrisi dengan manfaat tersebut. Sebab, ada beberapa jenis nutrisi lain yang sangat penting untuk meningkatkan fungsi otak si Kecil, di antaranya minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi. Nah, semua nutrisi tersebut terkandung dalam susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+, bahkan kandungan DHA 4x lebih tinggi lho.

  • Asam Lemak Omega 6

    Jenis asam lemak esensial yang tak kalah penting, yaitu omega 6. Selain membantu meningkatkan kecerdasan, asam lemak omega 6 juga memiliki manfaat lain yang penting bagi tubuh si Kecil, antara lain:

    • Menjaga kesehatan jantung
    • Menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh
    • Membantu menjaga kadar gula darah dengan cara meningkatkan sensitivitas sel-sel tubuh terhadap hormon insulin
    • Membantu mengurangi risiko penyakit kanker

    Ibu bisa mendapatkan asam lemak omega 6 dalam sumber alami, seperti minyak bunga matahari, biji bunga matahari, minyak jagung, minyak zaitun, minyak safflower, dan biji labu. Tak hanya itu, omega 6 juga terkandung dalam susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 3+ yang telah dikombinasikan dengan nutrisi penting untuk perkembangan otak agar membuat si Kecil tumbuh lebih kreatif.

Meskipun asam lemak omega 3 dan omega 6 sangat dibutuhkan oleh tubuh si Kecil, tetapi Ibu juga perlu menyeimbangkan asupan nutrisi ini dengan jenis nutrisi lain agar tumbuh kembang si Kecil lebih prima. Sebab, ia juga membutuhkan nutrisi untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, kekuatan tulang dan gigi, kesehatan mata, dan lain sebagainya.

Nah, salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh si Kecil dalam masa pertumbuhan dan perkembangan adalah 9 Asam Amino Esensial (9AAE). 9 Asam Amino Esensial (9AAE) merupakan bentuk sederhana dari protein.

Kehadiran 9AAE sangat penting karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri, sehingga harus didapatkan dari makanan yang mengandung protein, khususnya protein hewani seperti susu, telur, ikan, daging merah, dan daging putih.

Baca juga: 3 Fakta dan Mitos Tentang Susu Pertumbuhan yang Kaya Formula Asam Amino

Hal tersebut dikarenakan sumber protein hewani mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap, meliputi isoleusin, leusin, valin, triptofan, fenilalanin, metionin, treonin, lisin, dan histidin. Memangnya bagaimana jika si Kecil tidak mendapatkan asupan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) secara lengkap?

Penelitian dari J.Nutr yang dipublikasi dalam National Center for Biotechnology Information menjelaskan bahwa kekurangan semua jenis 9 Asam Amino Esensial (9AAE) akan menghambat kinerja hormon pertumbuhan sebanyak -50%. Hormon pertumbuhan ini mencakup tingkat kecerdasan, tinggi badan, dan daya tahan tubuh anak.

Tak hanya itu lho, Bu, tanpa kehadiran 9 Asam Amino Esensial (9AAE), maka penyerapan nutrisi lain, seperti omega 3 dan omega 6 pun kurang optimal. Oleh karenanya, asupan nutrisi ini sangat penting dalam masa tumbuh kembang.

Asupan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap bisa Ibu dapatkan dalam susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang diperkaya juga dengan nutrisi untuk kecerdasan otak, pertumbuhan fisik, dan menjaga daya tahan tubuh, hingga saluran pencernaan. 

Susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ mengandung nutrisi penting lain, seperti zat besi, vitamin D3, zinc, magnesium, dan vitamin C tertinggi yang dikombinasikan dengan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) untuk memaksimalkan penyerapan seluruh nutrisi tersebut, serta mengandung serat pangan inulin yang dapat mendukung kesehatan saluran pencernaan si Kecil. Dengan begitu, susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ bisa mendukung kebutuhan gizi harian si Kecil agar tumbuh lebih kreatif, tangguh, dan percaya diri.

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz