Share Like
Simpan

Bu, masih sering mengalami morning sickness? Saat hamil muda, wanita biasanya mengalami morning sickness yang terdiri dari mual, muntah, hilangnya selera makan, dan juga timbulnya rasa cemas yang berlebihan.  Untuk mengatasi hal ini, ada 5 makanan “ajaib” yang bisa dikonsumsi sehingga Ibu dapat menjalani trimester pertama kehamilan dengan lebih menyenangkan:

1. Pisang

Sudah sejak lama pisang dikenal sebagai salah satu makanan yang dapat menghilangkan mual pada masa hamil muda. Pisang mengandung vitamin B6, vitamin C, serat, dan potasium yang dapat mengurangi asam lambung sehingga meringankan rasa mual di pagi hari.  Selain itu, kandungan dalam pisang juga dapat mengurangi rasa stres, mencegah timbulnya kram, menstabilkan tekanan darah, dan melancarkan buang air besar. 

2. Asam

Asam merupakan obat alami yang dapat membantu mengurangi mual dan muntah pada saat hamil muda, serta menghindarkan tubuh dari rasa lelah yang berlebihan. Kandungan acid tartaric dan malic acid dalam asam menciptakan rasa segar yang mampu meningkatkan nafsu makan Ibu hamil. Campurkan 30 gr asam Jawa yang direbus dalam 300 ml air dan ditambahkan 10 gr gula pasir, kemudian minum 3 kali sehari untuk mengurangi rasa mual di trimester pertama. 

3. Paprika merah

Sayuran ini memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, bahkan 3 kali lebih banyak dari sebutir jeruk. Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan pembentukan jaringan tubuh saat hamil muda dan membantu penyerapan zat besi lebih cepat. Untuk itu, yuk tambahkan paprika merah di nasi goreng atau roti isi saat sarapan ya, Bu!  

4. Alpukat

Buah berwarna hijau ini kaya akan potasium dan folat yang membantu tumbuh kembang janin, memperkuat otot tubuh, dan meningkatkan performa jaringan saraf.  Alpukat juga mengandung vitamin B6 yang membantu meningkatkan produksi sel darah merah dan sangat baik untuk metabolisme tubuh. Untuk mendapatkan manfaat optimal dari alpukat, Ibu perlu mengonsumsinya secara rutin saat hamil muda,  bisa dengan dimakan langsung, dijadikan jus, ataupun dicampur dalam salad dan masakan lainnya.

5. Buncis

Sayur satu ini kaya akan kandungan protein dan serat yang dapat mengatasi konstipasi alias susah buang air besar saat hamil muda. Konstipasi ini disebabkan adanya pertumbuhan janin yang menekan uterus dan meningkatnya produksi hormon progesteron yang memperlambat jalannya pencernaan. Selain kaya serat, buncis juga memiliki kandungan folat dan zat besi yang sangat dibutuhkan Ibu di masa awal kehamilan. 

Agar Ibu tidak bosan, cobalah mengolah 5 makanan ajaib tersebut menjadi berbagai hidangan yang menggugah selera. Selain bisa mengurangi gejala morning sickness di saat hamil muda, makanan di atas juga memberikan manfaat lebih untuk kesehatan Ibu dan calon anak yang kehadirannya sudah dinanti. Salam sehat, Bu!