Whatsapp Share Like
Simpan

Halo, Bu! Bagaimana kabar si Kecil saat ini? Semoga ia selalu tumbuh sesuai usia, ya. Perlu Ibu mengerti bahwa grafik pertumbuhan si Kecil akan terus meningkat dari bulan ke bulan. Sayangnya, ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab tumbuh kembang anak lambat. Apa sajakah itu? Yuk, simak sama-sama!

1. Kurang Asupan Nutrisi

Apakah si Kecil sedang melewati fase GTM (gerakan tutup mulut) sehingga ia susah makan? Sebaiknya hal ini tidak disepelekan, Bu. Dari artikel kesehatan anak yang saya baca, tubuh si Kecil membutuhkan 9 nutrisi utama, antara lain Protein, Karbohidrat, Lemak, Kalsium, Zat Besi, Serat, Seng, Vitamin A, dan C. Nah, jika kebutuhan nutrisi tersebut tidak terpenuhi, proses tumbuh kembang si Kecil pun akan ikut terhambat.

2. Terlalu Aktif

Memasuki usia tiga tahun, si Kecil umumnya akan semakin aktif bergerak untuk menjelajah lingkungan sekitarnya. Itu sebabnya, Ibu dianjurkan untuk selalu memerhatikan agar si Kecil mendapatkan asupan nutrisi yang dapat mengimbangi kelincahannya. Pasalnya, anak aktif membutuhkan asupan nutrisi yang lebih tinggi, Bu. Jika kalori yang masuk tidak sebanding dengan energi yang keluar, pertumbuhan si Kecil rawan terhambat. Namun, bukan berarti Ibu hanya sekedar menambahkan porsi makannya saja ya, melainkan menerapkan pola makan sehat dengan nutrisi seimbang. Ini bisa Ibu lakukan dengan beri ia lebih banyak buah, sayuran, daging, dan susu.

3. Masalah Pencernaan

Masalah pencernaan juga dapat menghambat proses tumbuh kembang si Kecil, Bu. Menurut Dr. Russel Schierling, spesialis nutrisi asal Amerika Serikat, 80% sistem imun si Kecil ada di saluran cerna. Itu sebabnya, jika saluran cernanya terganggu, ia akan mudah jatuh sakit. Menghadapi hal ini, Ibu bisa  perbanyak asupan buah dan sayurnya, ya.

4. Kurang Tidur

 Bu, jika orang dewasa perlu tidur selama 6-8 jam, beda halnya dengan si Kecil yang dianjurkan memiliki waktu tidur selama 10-11 jam setiap harinya. Ini dikarenakan ketika tidur, sel-sel otak si Kecil berkembang dengan cepat. Oleh sebab itu, jika ingin si Kecil senantiasa tumbuh menjadi anak yang cepat tangkap, pastikan ia mendapat waktu tidur sesuai kebutuhannya ya, Bu.

Nah, itu dia beberapa faktor penyebab tumbuh kembang anak lambat yang bisa saya sampaikan. Setelah membaca penjelasan di atas, semoga Ibu lebih terdorong untuk menerapkan pola hidup sehat sejak si Kecil berusia dini, sehingga ia bisa tumbuh sesuai usianya. Semoga artikel ini membantu, Bu!