Selamat ya, Bu janin sudah memasuki bulan ketiga kehamilan. Di masa janin 9 minggu ini, bayi Ibu sudah mulai memiliki bagian tubuh yang penting termasuk siku pada lengan dan lutut pada kakinya. Wajah bayi Ibu juga mulai menunjukkan bibir, hidung, dan kelopak mata. Untuk perkembangan janin yang optimal Ibu perlu konsumsi asupan bernutrisi salah satunya susu kehamilan Frisian Flag PRIMAMUM. Susu ini mengandung 9 Asam Amino Esensial (AAE), protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya dan tinggi DHA yang bermanfaat untuk perkembangan otak dan 9 nutrisi penting lainnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil di 1000 hari pertama kehidupannya dengan rasa cokelat yang lezat dan pasti disukai Ibu.

Banner AKP
Banner Register

Di usia janin 9 minggu ini jika diperkirakan janin ibu seukuran biji zaitun atau buah anggur. Di masa ini pula masa embrionya sudah selesai dan berkembang menjadi janin.

Kepala janin sudah diluruskan dan berkembang dengan telinga yang terus tumbuh. Jari-jari kakinya mulai terlihat dan semua organ penting bayi sudah berkembang; seperti jantung, otak, ginjal, hati, dan paru-paru.

Lengan dan kaki janin juga mulai bergerak secara spontan karena otot-otot kecilnya mulai berkembang. Gerakannya akan semakin aktif setidaknya satu sampai dua bulan mendatang

Di masa janin 9 minggu ini, mungkin pula Ibu akan mengalami beberapa gejala atau kondisi kesehatan yang dirasakan. Untuk bisa lebih memahami perkembangan janin 9 minggu, mari simak selengkapnya ya, Bu.

Artikel Sejenis

Bu, Ini Perkembangan janin 9 minggu

Berikut ini adalah perkembangan janin 9 minggu yang terjadi di dalam kandungan Ibu. Beberapa perkembangannya adalah:

  1. Gigi yang sedang bertunas

    Di masa janin 9 minggu, akan ada sepuluh kuncup gigi kecil berkembang di dalam pita gusi bayi. Nantinya, kuncup gigi ini akan berubah menjadi 20 gigi susu yang kemudian rontok di masa anak-anak si Kecil.

    Nantinya kuncup gigi ini akan mengeras dan terhubung ke rahang bayi. Ibu akan melihat gigi mulai menonjol nantinya saat bayi sudah lahir dan menginjak usia 4-7 bulan. 

  2. Jantung bayi

    Di masa janin 9 minggu, empat ruang jantung bayi akan mulai terbentuk. Sehingga di usia janin 9 minggu saat ini, Ibu bisa mendengar detak jantungnya saat kontrol kehamilan. Di masa ini, jantung bayi berdetak dua kali lebih cepat dari jantung Ibu sendiri.

  3. Plasenta berperan lebih

    Tidak hanya adanya janin di dalam kandungan, di masa janin 9 minggu ini ada plasenta yang melekat pula di rahim Ibu dan terhubung dengan bayi melalui tali pusar. Plasenta di usia janin 9 minggu sudah cukup berkembang dan mengambil alih sebagian pekerjaan penting dalam memproduksi hormon yang membantu si Kecil tumbuh dan berkembang. 

Hal yang Mungkin Ibu Alami Saat Usia Janin 9 Minggu

Perubahan janin 9 minggu - ibudanbalita

Selain beragam perkembangan janin 9 minggu, Ibu hamil juga mungkin akan merasakan beberapa kondisi seperti berikut ini:

  • Mengidam makanan

    Kebiasaan mengidam makanan yang dialami oleh Ibu hamil diperkirakan oleh para ahli terkait dengan kebutuhan nutrisi Ibu dan janin di dalam kandungan. Di masa janin 9 minggu ini, mungkin Ibu akan sangat menggebu-gebu dalam menginginkan makanan, atau mungkin sesuatu yang bukan makanan; ingin pergi berwisata, ingin melihat sesuatu, dan lain-lain.

  • Malas makan

    Jika sebelumnya membahas mengidam makanan, bisa saja di lain waktu Ibu akan merasa enggan untuk makan. Ibu bisa tiba-tiba merasa makanan yang diinginkan tampak sangat menjijikkan sehingga Ibu tidak mau memakannya. 

    Hal ini bisa terjadi karena efek samping dari peningkatan kadar estrogen yang cepat di dalam sistem tubuh Ibu karena kehamilan. 

  • Indera penciuman yang menguat

    Banyak Ibu hamil sangat kewalahan dengan bau atau aroma yang memicu muntah. Indera penciuman yang meningkat ini adalah efek samping umum dari peningkatan kadar hormon kehamilan yang terjadi dengan cepat. 

  • Mual dan muntah

    Di fase janin 9 minggu ini mungkin menjadi puncak dari morning sickness. Menurut laman Baby Center, para ahli percaya morning sickness adalah cara tubuh Ibu melindungi bayi dari racun di awal kehamilan.

    Namun mual ini tidak hanya terjadi di pagi hari ya, Bu. Mungkin saja terjadi di siang, sore atau malam hari. Jika sudah sangat mengganggu, Ibu bisa konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan solusi atau obat mual yang tepat dan sesuai dengan kondisi kehamilan Ibu.

  • Maag

    Buat beberapa Ibu mungkin akan merasakan nyeri maag karena perubahan hormonal dan fisik. Rasanya seperti sensasi terbakar di bagian tenggorokan atau di bagian bawah tulang dada Ibu. Untuk mengurangi keluhan ini, Ibu bisa hindari dulu makanan yang memicu nyeri maag dan mengatasinya dengan mengunyah permen karet untuk menetralkan asam lambung Ibu.

  • Sembelit

    Sembelit adalah tanda kehamilan yang dialami oleh banyak wanita hamil. Masa janin 9 minggu adalah masa yang mungkin bagi Ibu mengalami kondisi ini. Pastikan banyak minum air dan makanan berserat untuk mengurangi keluhannya.

Itulah sejumlah informasi yang perlu Ibu ketahui mengenai perkembangan janin 9 minggu. Serat adalah salah satu nutrisi penting yang perlu Ibu konsumsi untuk mengurangi gejala kehamilan yang mungkin akan semakin terasa tidak nyaman di usia janin 9 minggu ini. Asupan serat bisa Ibu dapatkan dari susu Frisian Flag PRIMAMUM. Karena dalam 1 gelas penyajiannya, Frisian Flag PRIMAMUM mengandung 2 gram serat.

Selama kehamilan, Ibu perlu tambahan nutrisi dan kalori untuk mendukung kesehatan Ibu dan tumbuh kembang janin. Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu yang mengandung 9 Asam Amino Esensial (AAE), protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mengoptimalkan tumbuh kembang otak dan tulang janin serta menjaga kesehatan ibu), DHA dan 9 nutrisi penting lainnya seperti: asam folat, omega 3 (ALA)/DHA, Omega 6 (LA), zat besi, serat pangan inulin, vitamin C, protein, kalsium dan seng untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tambahan selama masa kehamilan.

Semua nutrisi di atas bisa Ibu dapatkan dengan rutin mengonsumsi 1 gelas susu Frisian Flag PRIMAMUM setiap harinya karena Susu Frisian Flag PRIMAMUM memiliki kandungan 9 Asam Amino Esensial (AAE), tinggi DHA & 9 nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ibu selama masa kehamilan dan juga pada saat menyusui nanti. Terlebih lagi DHA sangat dibutuhkan di 1000 hari pertama kehidupan si Kecil sejak dalam kandungan dan DHA dalam Frisian Flag PRIMAMUM juga tertinggi dibandingkan dengan susu sejenisnya. Susu Frisian Flag Primamum tersedia dalam rasa cokelat yang lezat dan tidak membuat enek atau mual.

Bukan hanya memenuhi nutrisi saja, banyak hal yang harus diperhatikan selama kehamilan termasuk perkembangan si Kecil di dalam rahim agar Ibu tetap sehat dan si Kecil lahir dengan selamat. Untuk memudahkan Ibu, fitur Kamus Kehamilan bisa jadi solusi yang tepat untuk mencari informasi tentang kehamilan, asupan nutrisi, dan hal-hal lain yang penting bagi Ibu hamil. Yuk, Bu coba fiturnya di halaman ini.