Whatsapp Share Like Simpan

Ikan lele biasanya sering dikonsumsi oleh orang dewasa. Namun, tahukah Ibu bahwa manfaat ikan lele ternyata tak kalah penting dibandingkan jenis ikan lainnya lho. Mungkin selama ini sebagian Ibu lebih sering mengolah ikan salmon atau tuna sebagai salah satu makanan bernutrisi tinggi untuk anak, terutama untuk meningkatkan kecerdasan dan mendukung tumbuh kembangnya. 

Akan tetapi, Ibu juga sebenarnya bisa mendapatkan manfaat ikan lele yang penting bagi kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil. Sebab, manfaat ikan lele tersebut hadir berkat kandungan nutrisi yang cukup tinggi dan beragam. Lantas, apa saja kandungan nutrisi dan manfaat ikan lele untuk anak-anak? Nah, kita cari tahu jawabannya dalam artikel ini, yuk! 

Kandungan Nutrisi Ikan Lele

Sebelum kita membahas mengenai manfaat ikan lele, alangkah lebih baiknya Ibu mengetahui terlebih dahulu kandungan nutrisi di dalam ikan jenis ini. Sama seperti sebagian besar ikan lainnya, lele merupakan sumber protein hewani berkualitas yang memiliki manfaat untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil. 

Seperti yang Ibu ketahui, protein merupakan zat gizi makro yang kehadirannya sangat dibutuhkan dalam masa pertumbuhan dan perkembangan. Ini karena protein berperan penting untuk membangun dan memelihara sel-sel serta jaringan tubuh. Selain itu, tanpa kehadiran protein, penyerapan nutrisi lain tidak akan optimal. 

Melansir laman resmi healthline.com, dalam 100 gram ikan lele mengandung beberapa nutrisi di antaranya: 

Artikel Sejenis

  • 19 gram protein
  • 100 kkal kalori
  • 2,9 gram lemak
  • 50 mg natrium
  • 273 mg asam lemak omega 3
  • 337 mg asam lemak omega 6

Tak heran jika manfaat ikan lele cukup penting karena kandungan nutrisi di atas memang cukup berperan penting terhadap tubuh si Kecil. Selain itu, ikan lele juga mengandung berbagai vitamin dan mineral lainnya, seperti, vitamin A, vitamin B1, vitamin B12, kalsium, kalium, fosfor, selenium, dan lain sebagainya. 

Namun, ikan lele bukanlah satu-satunya sumber protein yang harus dikonsumsi oleh si Kecil ya, Bu. Sebab, si Kecil juga harus mengonsumsi makanan bergizi seimbang lainnya, terutama makanan yang mengandung protein dengan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap seperti susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+

Perlu Ibu ketahui, kehadiran 9 Asam Amino Esensial (9AAE) harus dicukupi dalam jumlah yang lengkap. Hal ini pun dibuktikan dalam penelitian dari J.Nutr yang dipublikasi dalam National Center for Biotechnology yang menunjukkan bahwa kekurangan 1 jenis dari 9 Asam Amino Esensial (9AAE) akan menghambat kinerja hormon pertumbuhan sebanyak -34%. Bahkan, kekurangan semua jenis 9 Asam Amino Esensial (9AAE) akan menghambat kinerja hormon pertumbuhan sebanyak -50%. 

Hormon pertumbuhan tersebut berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan, tinggi badan, dan daya tahan tubuh anak. Ibu tentu ingin si Kecil tumbuh lebih optimal, bukan? Untuk itu, konsumsilah ikan lele, susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+, serta beragam makanan bernutrisi lainnya agar tumbuh kembangnya lebih prima. 

Lantas, apa saja manfaat ikan lele yang penting bagi tubuh anak? Simak penjelasannya di bawah ini ya, Bu!

Apa Saja Manfaat Ikan Lele untuk Anak?

Berikut ini beberapa manfaat ikan lele yang penting bagi kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil, antara lain:

  1. Meningkatkan kecerdasan otak

    Kandungan lemak dalam ikan lele berasal dari omega 3 dan omega 6. Kedua nutrisi ini merupakan asam lemak esensial yang penting untuk mengoptimalkan fungsi otak si Kecil. Itulah sebabnya, manfaat ikan lele sangat baik untuk membantu meningkatkan kecerdasan otak dan mengurangi risiko anak mengalami gangguan daya ingat. Selain itu, omega 3 dan omega 6 juga berperan untuk mendukung fungsi sistem saraf dan sistem imun tubuh anak.

    Selain ikan lele, susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ juga mengandung 8 kombinasi nutrisi penting untuk meningkatkan kecerdasan dan akal kreatif si Kecil, di antaranya DHA 4x lebih tinggi, asam lemak omega 3, asam lemak omega 6, minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi. 

  2. Mendukung kesehatan tulang dan gigi

    Manfaat ikan lele selanjutnya yaitu dapat memperkuat dan meningkatkan kesehatan tulang dan gigi si Kecil. Anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan memerlukan asupan nutrisi berkualitas agar sel-sel dan jaringan tubuhnya bisa tumbuh lebih prima.

    Manfaat ikan lele ini bisa didapatkan oleh si Kecil berkat kandungan vitamin D dan kalsium di dalamnya. Kedua nutrisi ini bertugas untuk membangun dan memperkuat tulang dan gigi. Dengan mencukupi kebutuhan harian kedua nutrisi tersebut, maka si Kecil pun dapat terhindar dari risiko gangguan kesehatan pada tulang dan gigi di kemudian hari. 

  3. Meningkatkan daya tahan tubuh

    Manfaat ikan lele yang tak kalah penting yaitu dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh si Kecil agar lebih kuat dan terhindar dari risiko penyakit. Tahukah Ibu bahwa manfaat ikan lele ini hadir berkat kandungan protein yang cukup tinggi di dalamnya lho. 

    Kandungan protein dalam manfaat ikan lele menjadi ‘penopang’ untuk membangun, memelihara, dan memperbaiki jaringan dan sel tubuh, serta sebagai sumber energi untuk menunjang aktivitas sehari-hari. 

    Protein dalam manfaat ikan lele ini nantinya akan dipecah menjadi bentuk yang lebih sederhana di dalam tubuh. Bentuk sederhana tersebut dikenal juga dengan istilah 9 Asam Amino Esensial (9AAE). Maka dari itu, manfaat ikan lele cukup penting untuk memaksimalkan perkembangan dan pertumbuhan fisik anak, tentunya dengan diimbangi makanan bergizi lain, serta gaya hidup sehat dan aktif. 

    Susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ menjadi solusi tepat untuk mendukung daya tahan tubuh si Kecil karena diperkaya dengan zat besi, vitamin D3, zinc, magnesium, dan vitamin C tertinggi yang dikombinasikan dengan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) untuk memaksimalkan penyerapan seluruh nutrisi tersebut.

  4. Menjaga kesehatan jantung

    Ibu perlu tahu bahwa penyakit jantung sebenarnya tidak hanya dialami oleh orang dewasa, bayi dan anak-anak juga kemungkinan besar bisa mengalami penyakit ini lho. Guna menjaga kesehatan jantung si Kecil, maka Ibu perlu mencukupi asupan protein dan asam lemak omega 3 secara tepat, salah satu olahannya yaitu ikan lele. Dengan begitu, manfaat ikan lele ini cukup penting untuk mengurangi risiko penyakit jantung pada anak secara jangka panjang.

  5. Mencegah anemia

    Manfaat ikan lele juga penting untuk membantu mencegah kekurangan darah atau anemia. Kondisi ini tak hanya dialami oleh orang dewasa, tetapi bayi dan anak-anak pun rentan mengalami anemia yang dapat mengganggu kesehatan tubuh dan aktivitas hariannya. 

    Itulah sebabnya, penting bagi Ibu untuk mencukupi asupan nutrisi yang dapat mencegah anemia, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 seperti ikan lele. Kehadiran vitamin B12 dalam ikan lele sangat penting untuk memproduksi sel darah merah dalam tubuh. 

Perlu dipahami kembali ya, Bu, meskipun manfaat ikan lele cukup penting untuk anak, tetapi Ibu harus memberikan olahannya sesuai dengan batas normal. Artinya, Ibu harus menyeimbangkan asupan makanan harian si Kecil secara bervariasi, tidak melulu ikan lele. Makanan bergizi seimbang harus mencakup protein, karbohidrat, serat, lemak, serta berbagai vitamin dan mineral. 

Selain ikan lele, ada banyak makanan sehat yang perlu dikonsumsi anak-anak, seperti susu, telur, daging merah, daging putih, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan lain sebagainya. 

Nah, susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ menjadi pilihan tepat untuk mendukung kebutuhan gizi harian si Kecil karena mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap, serta beragam nutrisi lain yang sudah disebutkan di atas ya, Bu. Jadi, tunggu apa lagi? Saatnya biasakan si Kecil minum susu secara rutin sebanyak 3 kali sehari untuk mendukung tumbuh kembangnya agar lebih kreatif, tangguh, dan percaya diri, yuk!

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz