Whatsapp Share Like Simpan

Manfaat minum susu sebelum tidur ternyata cukup penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak lho, Bu. Sebab, susu merupakan sumber protein hewani yang berkualitas karena mengandung protein lengkap. Protein dalam susu ini nantinya diubah menjadi 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaan si Kecil. 9 Asam Amino Esensial (9AAE) ini meliputi leusin, isoleusin, valin, triptofan, fenilalanin, metionin, treonin, lisin, dan histidin. 

9 Asam Amino Esensial (9AAE) untuk si Kecil harus dipenuhi secara lengkap dan secara rutin karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri sehingga harus didapatkan dari makanan yang mengandung protein, seperti susu, telur, ikan, daging merah, dan daging putih. Maka dari itu, manfaat minum susu 2-3 kali sehari, termasuk sebelum tidur berpengaruh terhadap pertumbuhan tulang, perkembangan otak, daya tahan tubuh, dan lain sebagainya.

Namun, bagaimana jika si Kecil kekurangan 9 Asam Amino Esensial (9AAE)? Maka potensi tumbuh kembangnya akan terhambat. Hal tersebut dijelaskan juga dalam penelitian dari J.Nutr di National Center for Biotechnology Information yang menyebutkan bahwa kekurangan 1 jenis asam amino esensial akan menurunkan kinerja hormon pertumbuhan sebanyak -34%. 

Bahkan, kekurangan semua jenis asam amino esensial akan menurunkan kinerja hormon pertumbuhan sebanyak -50%. Hormon pertumbuhan tak hanya penting untuk meningkatkan potensi tinggi badan, tetapi juga untuk daya tahan tubuh dan kecerdasan si Kecil.

Manfaat minum susu sebelum tidur juga didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh Prof. DR. dr. Damayanti Rusli Sjarif, SpA (K) membuktikan bahwa mengonsumsi susu pertumbuhan yang mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap dengan kadar di atas 300 ml sehari dapat mencegah terjadinya stunting sebesar 72%. Artinya, si Kecil dianjurkan untuk minum susu sebanyak 2-3 gelas per hari, dengan pemberian sesuai takaran di pagi hari, siang hari, dan malam hari sebelum tidur. Untuk lebih jelasnya, kita simak manfaat minum susu sebelum tidur di bawah ini yuk, Bu!

Artikel Sejenis

Apa Saja Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur?

Berikut ini beberapa manfaat minum susu sebelum tidur bagi anak:

  1. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

    Manfaat minum susu sebelum tidur bagi anak yaitu dapat meningkatkan pertumbuhan dan kesehatan tulang serta gigi. Manfaat ini hadir berkat kandungan protein, kalsium, fosfor, dan vitamin D. Saat si Kecil tidur di malam hari, hormon pertumbuhan akan bekerja untuk mengoptimalkan pertumbuhan dalam tubuh, termasuk tulang dan gigi.

  2. Membuat tubuh lebih rileks dan tidur nyenyak

    Penelitian dalam Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menunjukkan bahwa manfaat minum susu sebelum tidur ternyata dapat membuat tubuh lebih rileks dan tidur lebih nyenyak. Sejumlah ahli setuju bahwa manfaat minum susu sebelum tidur ini muncul berkat adanya kemungkinan pengaruh dari asam amino triptofan dan melatonin yang ada di dalam susu.

    Asam amino triptofan merupakan bahan utama penghasil hormon serotonin yang berperan untuk mengatur suasana hati, memberikan rasa tenang, membuat tubuh rileks, dan memicu rasa kantuk. Manfaat minum susu sebelum tidur memang dapat meningkatkan kualitas tidur si Kecil, tetapi hal ini harus disertai dengan gaya hidup dan pola makan yang sehat ya, Bu.

  3. Menjaga kesehatan jantung

    Manfaat minum susu sebelum tidur juga penting untuk menjaga kesehatan jantung si Kecil lho. Dengan minum susu secara rutin, maka jantung akan lebih sehat dan terhindar dari risiko penyakit di kemudian hari.

    Hal tersebut dikarenakan susu mengandung asam lemak omega 3 yang berperan dalam membantu menjaga kesehatan jantung agar berfungsi dengan normal. Meskipun manfaat minum susu sebelum tidur baik bagi kesehatan, tetapi Ibu perlu memberikan asupan susu kepada si Kecil sesuai batas normal, serta diimbangi dengan makanan bergizi seimbang lainnya. Sebab, kadar lemak dalam susu yang dikonsumsi secara berlebihan dapat meningkatkan kolesterol dalam tubuh.

  4. Mengurangi kebiasaan makan tengah malam

    Terkadang sebagian anak akan terbangun tengah malam karena merasa lapar. Kondisi tersebut sebenarnya wajar jika si Kecil tidak mendapatkan asupan makanan yang bergizi sebelum tidur.

    Namun, jika kebiasaan makan di tengah malam terlalu sering dilakukan, apalagi makanannya yang tinggi gula, garam, dan lemak, justru akan menambah berat badan si Kecil secara tidak sehat. Pasti Ibu tidak ingin hal ini terjadi, kan? Oleh karena itu, salah satu manfaat minum susu sebelum tidur yaitu dapat mengurangi rasa lapar di tengah malam dan membantu menambah energi di pagi hari saat si Kecil bangun.

    Susu mengandung protein yang cukup tinggi, zat gizi makro ini berperan untuk memberikan rasa kenyang lebih lama dan karbohidratnya pun dapat menjadi sumber energi utama bagi tubuh.

  5. Membantu meningkatkan kecerdasan

    Manfaat minum susu sebelum tidur juga berguna untuk membantu meningkatkan perkembangan otak si Kecil agar lebih cerdas. Manfaat ini tidak lepas dari kandungan nutrisi di dalam susu, seperti protein, asam lemak omega 3, dan asam lemak omega 6.

    Manfaat minum susu sebelum tidur tersebut bisa lebih optimal jika si Kecil mengonsumsi Frisian Flag PRIMAGRO 3+ karena di dalam susu pertumbuhan ini mengandung DHA 4x lebih tinggi, asam lemak omega 3, asam lemak omega 6, minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi, yang dikombinasikan dengan kehebatan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) untuk meningkatkan kecerdasan si Kecil.

  6. Meningkatkan daya tahan tubuh

    Manfaat minum susu sebelum tidur yang tak kalah penting yaitu meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil. Hal ini bisa didapatkan berkat kandungan nutrisi penting di dalamnya, seperti protein, zat besi, vitamin D3, zinc (seng), magnesium, dan vitamin C. Semua nutrisi tersebut bisa Ibu dapatkan secara lengkap dalam susu Frisian Flag PRIMAGRO 3+ sehingga dapat meningkatkan sistem imun tubuh si Kecil agar lebih tangguh.

  7. Menambah berat badan dengan cara sehat

    Salah satu manfaat minum susu sebelum tidur juga yaitu dapat menambah berat badan si Kecil dengan lebih sehat. Manfaat minum susu sebelum tidur ini cukup penting dalam masa pertumbuhan dan perkembangan. Daripada si Kecil mengonsumsi camilan tidak sehat yang tinggi gula, sebaiknya Ibu memberikan ia susu secara rutin, disertai asupan bergizi lainnya, seperti buah-buahan.

  8. Mengurangi risiko anemia

    Tahukah Ibu bahwa anemia termasuk penyakit yang tidak hanya dialami oleh orangtua, tetapi juga anak-anak. Anemia merupakan kondisi ketika tubuh anak kekurangan sel darah merah sehat yang bertugas untuk membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Akibatnya, organ-organ tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik.

Nah, manfaat minum susu sebelum tidur bisa membantu mengurangi risiko anemia karena di dalamnya mengandung mineral zat besi yang penting untuk mengantarkan oksigen dari paru-paru untuk digunakan oleh seluruh bagian tubuh. Tanpa asupan zat besi yang cukup, hemoglobin tidak cukup kuat untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Setelah mengetahui manfaat minum susu sebelum tidur, Ibu semakin yakin untuk memberikan si Kecil susu secara rutin, kan? Yuk, pastikan si Kecil mendapat asupan gizi tambahan dari susu pertumbuhan yang kaya nutrisi seperti Frisian Flag PRIMAGRO 1+ agar dapat mendukung potensi si Kecil lebih kreatif, tangguh, dan percaya diri.