Manfaat minum susu sebelum tidur ternyata cukup penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak lho, Bu. Sebab, susu merupakan sumber protein hewani yang berkualitas karena mengandung protein lengkap. 

Banner Register
Banner AKP
Banner Register

Protein dalam susu ini nantinya diubah menjadi 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaan si Kecil. 9 Asam Amino Esensial (9AAE) ini meliputi leusin, isoleusin, valin, triptofan, fenilalanin, metionin, treonin, lisin, dan histidin. 

9 Asam Amino Esensial (9AAE) untuk si Kecil harus dipenuhi secara lengkap dan secara rutin karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri sehingga harus didapatkan dari makanan yang mengandung protein, seperti susu, telur, ikan, daging merah, dan daging putih. 

Maka dari itu, manfaat minum susu 2-3 kali sehari, termasuk sebelum tidur berpengaruh terhadap pertumbuhan tulang, perkembangan otak, daya tahan tubuh, dan lain sebagainya.

Namun, bagaimana jika si Kecil kekurangan 9 Asam Amino Esensial (9AAE)? Maka potensi tumbuh kembangnya akan terhambat. Hal tersebut dijelaskan juga dalam penelitian dari J.Nutr di National Center for Biotechnology Information yang menyebutkan bahwa kekurangan 1 jenis asam amino esensial akan menurunkan kinerja hormon pertumbuhan sebanyak -34%. 

Artikel Sejenis

Bahkan, kekurangan semua jenis asam amino esensial akan menurunkan kinerja hormon pertumbuhan sebanyak -50%. Hormon pertumbuhan tak hanya penting untuk meningkatkan potensi tinggi badan, tetapi juga untuk daya tahan tubuh dan kecerdasan si Kecil.

Manfaat minum susu sebelum tidur juga didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh Prof. DR. dr. Damayanti Rusli Sjarif, SpA (K) membuktikan bahwa mengonsumsi susu pertumbuhan yang mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap dengan kadar di atas 300 ml sehari dapat mencegah terjadinya stunting sebesar 72%. 

Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur


Manfaat minum susu sebelum tidur untuk tulang dan gigi - ibudanbalita

Apa saja manfaat minum susu sebelum tidur untuk anak? Nah, berikut ini beberapa manfaat minum susu sebelum tidur bagi anak:

  1. Membantu meningkatkan kecerdasan

    Manfaat minum susu sebelum tidur juga berguna untuk membantu meningkatkan perkembangan otak si Kecil agar lebih cerdas. Manfaat ini tidak lepas dari kandungan nutrisi di dalam susu, seperti protein, asam lemak omega 3, dan asam lemak omega 6. Manfaat minum susu sebelum tidur tersebut bisa lebih optimal jika si Kecil mengonsumsi Frisian Flag PRIMAGRO 3+ karena kandungan gizi dalam segelas susu pertumbuhan ini mengandung DHA 4x lebih tinggi, asam lemak omega 3, asam lemak omega 6, minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi, yang dikombinasikan dengan kehebatan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) untuk meningkatkan kecerdasan si Kecil.

    DHA berfungsi untuk membantu mengoptimalkan perkembangan otak dan menjaga kesehatan mata. Bahkan asupan DHA sangat dibutuhkan untuk sekitar 90% perkembangan otak si Kecil di 5 tahun pertamanya lho, Bu. Kekurangan DHA dapat menimbulkan efek jangka panjang yaitu, si Kecil akan sulit berkonsentrasi, kurang cerdas, mengalami gangguan penglihatan, dan rentan terserang penyakit. 

    Omega-3 berfungsi untuk mendukung perkembang fungsi otak serta daya tahan tubuh. Sedangkan omega-3 dapat membantu meningkatkan daya konsentrasi, meningkatkan kemampuan membaca, menjaga berat badan sehat, dan menunjang kesehatan mata dan mental. 

    Kolin berfungsi untuk menjaga kesehatan otak, kesehatan jantung dan fungsi hati. Sphingomyelin berfungsi untuk mengoptimalkan perkembangan otak anak, menjaga sistem pencernaan, dan meningkatkan metabolisme. Asam silat berfungsi membantu fungsi memori, meningkatkan kemampuan belajar, dan memperbaiki perilaku bayi. Sedangkan tirosin berfungsi untuk meningkatkan respon otak terhadap berbagai rangsangan. 

  2. Meningkatkan daya tahan tubuh agar anak tumbuh kuat

    Manfaat minum susu sebelum tidur yang tak kalah penting yaitu meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil. Hal ini bisa didapatkan berkat kandungan nutrisi penting di dalamnya, seperti protein, zat besi, vitamin D3, zinc (seng), magnesium, dan vitamin C.

    Semua nutrisi tersebut bisa Ibu dapatkan secara lengkap dalam susu Frisian Flag PRIMAGRO 3+ sehingga dapat meningkatkan sistem imun tubuh si Kecil agar lebih tangguh.

  3. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

    Manfaat minum susu sebelum tidur bagi anak yaitu dapat meningkatkan pertumbuhan dan kesehatan tulang serta gigi. Manfaat ini hadir berkat kandungan protein, kalsium, fosfor, dan vitamin D.

    Saat si Kecil tidur di malam hari, hormon pertumbuhan akan bekerja untuk mengoptimalkan pertumbuhan dalam tubuh, termasuk tulang dan gigi.

  4. Membuat tubuh lebih rileks dan tidur nyenyak

    Penelitian dalam Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menunjukkan bahwa manfaat minum susu sebelum tidur ternyata dapat membuat tubuh lebih rileks dan tidur lebih nyenyak.
    Sejumlah ahli setuju bahwa manfaat minum susu sebelum tidur ini muncul berkat adanya kemungkinan pengaruh dari asam amino triptofan dan melatonin yang ada di dalam susu.

    Asam amino triptofan merupakan bahan utama penghasil hormon serotonin yang berperan untuk mengatur suasana hati, memberikan rasa tenang, membuat tubuh rileks, dan memicu rasa kantuk.

    Manfaat minum susu sebelum tidur memang dapat meningkatkan kualitas tidur si Kecil, tetapi hal ini harus disertai dengan gaya hidup dan pola makan yang sehat ya, Bu.
  5. Menjaga kesehatan jantung

    Manfaat minum susu sebelum tidur juga penting untuk menjaga kesehatan jantung si Kecil lho. Dengan minum susu secara rutin, maka jantung akan lebih sehat dan terhindar dari risiko penyakit di kemudian hari.

    Hal tersebut dikarenakan susu mengandung asam lemak omega 3 yang berperan dalam membantu menjaga kesehatan jantung agar berfungsi dengan normal.

    Meskipun manfaat minum susu sebelum tidur baik bagi kesehatan, tetapi Ibu perlu memberikan asupan susu kepada si Kecil sesuai batas normal, serta diimbangi dengan makanan bergizi seimbang lainnya.

    Sebab, kadar lemak dalam susu yang dikonsumsi secara berlebihan dapat meningkatkan kolesterol dalam tubuh.
  6. Mengurangi kebiasaan makan tengah malam

    Terkadang sebagian anak akan terbangun tengah malam karena merasa lapar. Kondisi tersebut sebenarnya wajar jika si Kecil tidak mendapatkan asupan makanan yang bergizi sebelum tidur.
    Namun, jika kebiasaan makan di tengah malam terlalu sering dilakukan, apalagi makanannya yang tinggi gula, garam, dan lemak, justru akan menambah berat badan si Kecil secara tidak sehat. Pasti Ibu tidak ingin hal ini terjadi, kan? 

    Oleh karena itu, salah satu manfaat minum susu sebelum tidur yaitu dapat mengurangi rasa lapar di tengah malam dan membantu menambah energi di pagi hari saat si Kecil bangun.

    Susu mengandung protein yang cukup tinggi, zat gizi makro ini berperan untuk memberikan rasa kenyang lebih lama dan karbohidratnya pun dapat menjadi sumber energi utama bagi tubuh.

  7. Menambah berat badan dengan cara sehat

    Salah satu manfaat minum susu sebelum tidur juga yaitu dapat menambah berat badan si Kecil dengan lebih sehat. Manfaat minum susu sebelum tidur ini cukup penting dalam masa pertumbuhan dan perkembangan.

    Daripada si Kecil mengonsumsi camilan tidak sehat yang tinggi gula, sebaiknya Ibu memberikan ia susu secara rutin, disertai asupan bergizi lainnya, seperti buah-buahan.

  8. Mengurangi risiko anemia

    Tahukah Ibu bahwa anemia termasuk penyakit yang tidak hanya dialami oleh orangtua, tetapi juga anak-anak.

    Anemia merupakan kondisi ketika tubuh anak kekurangan sel darah merah sehat yang bertugas untuk membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Akibatnya, organ-organ tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik.

Baca juga: Penyebab Anak Susah Tidur Siang dan Cara Mengatasinya

Kapan Waktu yang Tepat untuk Minum Susu?


Manfaat minum susu hangat sebelum tidur, anak lebih lelap - ibudanbalita

Kebutuhan minum susu tiap anak berbeda-beda, biasanya si Kecil dianjurkan untuk minum susu sebanyak 2-3 gelas per hari tergantung usia dan kebutuhannya, dengan pemberian sesuai takaran di pagi hari, siang hari, dan malam hari sebelum tidur.

Selain memenuhi asupan nutrisi harian Anak tahukah Ibu, memberikan si Kecil segelas susu hangat sebelum tidur juga ada manfaat ekstra yang bisa diperolehnya? Manfaat minum susu hangat sebelum tidur ternyata bisa membantu meningkatkan kualitas tidur Anak agar lebih nyenyak seperti yang diinformasikan oleh Healthline.com.

Tak hanya itu manfaat minum susu hangat sebelum tidur juga bisa membantu penyerapan nutrisi susu lebih optimal karena badan akan menyerap semuanya ketika Anak tidur. 

Lalu, bagaimana dengan minum susu dingin? Apakah ada manfaat minum susu dingin sebelum tidur? Anak-anak yang lebih besar biasanya lebih menyukai susu yang disajikan dingin dibanding hangat, namun saat memberikan susu dingin Ibu tentu menjadi bertanya-tanya apakah tidak masalah susu yang biasa diseduh hangat, harus disajikan dingin? Apakah akan memengaruhi manfaatnya?

Sebenarnya tidak masalah jika susu disajikan dingin, asal susu dilarutkan dengan air panas terlebih dahulu. Kandungan nutrisi di dalam susu tersebut tidak akan berkurang dan memiliki manfaat nutrisi yang sama, tapi minum susu dingin sebelum tidur tidak memiliki manfaat meningkatkan kualitas tidur seperti ketika anak minum susu hangat.

Baca juga: Manfaat Tidur Siang yang Mampu Optimalkan Perkembangan Anak

Cara Memilih Susu yang Tepat untuk Tumbuh Kembang Anak

Saat memilih susu pertumbuhan yang tepat untuk anak, pastikan Ibu memilih susu yang memiliki kandungan nutrisi 9 Asam Amino Esensial (9AAE) dan tinggi DHA. Kandungan ini sangat penting untuk mencukupi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan si Kecil agar ia bisa tumbuh kembang dengan optimal. 

DHA adalah asam lemak yang termasuk dalam kelompok omega-3 yang merupakan nutrisi utama untuk membantu fungsi otak. DHA berperan penting untuk mengoptimalkan kecerdasan otak dan kesehatan retina mata si Kecil. Penuhi kebutuhan harian DHA dengan susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 3+ karena memiliki DHA 4x lebih tinggi!

Selain itu, kandungan 9 asam amino esensial (9AAE) bisa secara lengkap Ibu dapatkan dalam susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 3+, kandungan nutrisi di dalam susu bubuk pertumbuhan ini sudah ditingkatkan dari sebelumnya sehingga dapat mendukung potensi tumbuh kembang optimal si kecil. 

Susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 3+, juga mengandung 9 nutrisi penting lainnya, seperti minyak ikan, omega 3, omega 6, zat besi, zinc, protein, kalsium, magnesium, vitamin D3 serta vitamin dan mineral lainnya untuk mendukung potensi si kecil agar tumbuh pintar, kuat, dan tinggi. Frisian Flag PRIMAGRO 3+, hadir dengan 3 varian rasa, yaitu vanilla, madu dan cokelat yang bisa jadi favorit si Kecil.

Dengan minum susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 3+, tak hanya bantu memenuhi asupan vitamin yang ia butuhkan, tapi si Kecil juga bisa tumbuh jadi anak yang kreatif, tangkas, dan berani!

Pastikan Ibu selalu memenuhi dan memerhatikan kebutuhan si Kecil agar ia bisa tumbuh kembang dengan optimal. Pantau terus tumbuh kembangnya di Rapor Tumbuh Kembang Prima yang dikembangkan berdasarkan Growth Chart WHO dan Psikolog Ligina Ayudia., M.Psi. Coba sekarang di halaman ini!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.