Whatsapp Share Like
Simpan

Perlu diingat bahwa peran Ayah dalam membesarkan si Kecil juga tidak kalah pentingnya dibandingkan Ibu, lho.  Menurut Paul Amato, spesialis anak dari Pennsylvania State University, anak yang memiliki hubungan dekat dengan Ayahnya cenderung lebih cepat tangkap dan memiliki IQ di atas rata-rata. Itu sebabnya, Ayah tetap perlu meluangkan waktu untuk bermain bersama si Kecil. Lalu, permainan apa saja yang bisa dipilih mengingat Ayah tentu lelah sepulang bekerja? Simak ide permainan anak berikut ini yuk, Bu!

1. Tebak Bayangan Hewan

Setelah seharian bekerja, mungkin Ayah tidak punya tenaga untuk bermain lari-larian, lompat, dan permainan aktif lainnya. Jangan khawatir, coba sarankan Ayah untuk mengajak si Kecil main tebak bayangan hewan, Bu. Selain menyenangkan, permainan ini juga bisa mengenalkan si Kecil nama-nama hewan sejak usia dini.

2. Dokter-dokteran

Ini permainan yang sama-sama menyenangkan bagi si Kecil dan Ayah. Si Kecil bisa berpura-pura sebagai dokter dan Ayah sebagai pasiennya. Ayah bisa beristirahat karena sebagai pasien ia harus merebahkan diri, sedangkan si Kecil bisa berpura-pura memeriksa Ayah yang tengah berbaring. Si Kecil senang, Ayah pun dapat beristirahat.

3. Membaca Buku Cerita

Peran Ayah dalam mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil sangatlah penting, Bu. Ini dapat dilakukan dengan mengajak si Kecil untuk membaca buku cerita setiap malamnya. Selain mampu menciptakan waktu berkualitas bersama si Kecil, membaca buku cerita juga dapat memperkaya kosa katanya. Selama membaca, Ayah bisa sesekali mengajak si Kecil mengulang kata yang diucapkan, Bu. 

4. Juri Ajang Pencarian Bakat

Apakah si Kecil senang bernyanyi, bermain musik, atau bahkan bermain sulap? Jika iya, coba ajak ia untuk bermain ajang bakat bersama, yuk! Dalam permainan ini, Ayah hanya perlu duduk dan menyemangati si Kecil selama tampil. Setelahnya, Ayah juga bisa memberi sedikit masukan layaknya juri dalam acara pencarian bakat. Permainan ini dapat meningkatkan kepercayaan diri si Kecil, sehingga ia lebih berani ketika tampil di depan umum nanti.

Bagaimana, Bu? Apakah Ibu tertarik untuk merekomendasikan ide permainan anak di atas pada Ayah?  Perlu diingat, sesibuk apa pun kegiatan Ayah, sebaiknya tetap luangkan waktu bermain dengan si Kecil dan nikmati setiap momen berharga bersamanya. Selamat bermain!