Jika bulan pertama kehamilan, Ibu mungkin tidak akan terlalu menyadari kondisi Ibu yang sedang berbadan dua, hamil 2 bulan justru akan membuat kondisi kehamilan Ibu semakin nyata. Saat hamil 2 bulan, gejala kehamilan yang sebelumnya belum Ibu rasakan akan mulai menampakan dirinya, meskipun, tentu saja, perut Ibu masih sama ratanya seperti sebelumnya. Sebelum membahasnya lebih lanjut, pastikan Ibu minum susu Frisian Flag PRIMAMUM untuk dukung imunitas dan akal cermat Si Kecil dengan DHA dan 9 Asam Amino Esensial (AAE),  yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal. Susu ini juga mengandung 9 nutrisi penting untuk  menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh  ibu  dengan rasa cokelat yang lezat dan pasti disukai Ibu. 

Banner Register
Banner AKP
Banner Register
Banner Pop Up

Lalu perubahan apa saja yang perlu Ibu perhatikan di usia hamil 2 bulan ini? Bagaimana perkembangan janin di perut Ibu? Atau apa saja yang perlu Ibu hindari dan butuhkan di usia hamil 2 bulan? Tanpa menunggu lama, mari simak penjelasan berikut ini yuk, Bu!

Perkembangan Janin Saat Hamil 2 Bulan

Perkembangan janin pada trimester awal kehamilan berdasarkan terjadi dengan cepat dari minggu ke minggu.Berikut ini adalah perkembangan janin pada usia hamil 2 bulan dari minggu ke minggu:

  • Minggu ke-8: Saat ini embrio dalam tubuh Ibu sudah bertransformasi menjadi janin. Bagian struktur wajahnya sudah mulai terbentuk begitu pula dengan tungkai dan tulang rawannya. Selain itu plasenta juga sudah berkembang dan mulai menempel di dinding rahim.
  • Minggu ke-9: Di minggu ini, janin Ibu sudah berkembang sebesar buah ceri. Meski ukurannya masih kecil, tapi bobot tubuhnya dengan cepat akan bertambah. Ibu sudah bisa mendengar suara jantungnya jika melakukan USG di minggu ini,
  • Minggu ke-10: Ukuran bayi di minggu ini sebesar buah stroberi. Jantung kecil mulai berdenyut sebanyak 180x per menit dan sebagian besar organ vitalnya sudah mulai berfungsi.
  • Minggu ke-11: Minggu ini janin Ibu sudah bertambah besar lagi hingga sebesar jeruk nipis. Tulang-tulangnya semakin mengeras dan ia semakin aktif bergerak. Ibu bisa melihat gerakannya melalui USG meski belum bisa merasakannya.
  • Minggu ke-12: Ini adalah minggu terakhir usia hamil 2 bulan, minggu ini janin Ibu sudah seukuran buah plum. Janin Ibu juga sudah terbentuk dengan anggota tubuh yang lengkap dan sistem saraf yang semakin matang.

Itulah perkembangan janin Ibu dari minggu ke minggu selama usia hamil 2 bulan. Namun, jangan dulu berhenti membaca karena masih banyak informasi yang Ibu butuhkan untuk memahami kondisi Ibu di usia hamil 2 bulan ini!

Keluhan Hamil 2 Bulan dan Cara Mengatasinya

Meski jika berkunjung ke dokter kandungan atau bidan, Ibu akan diwanti-wanti hamil itu bukanlah sebuah “penyakit” yang akan membatasi Ibu menjalani aktivitas normal seperti yang biasa Ibu lakukan, namun proses kehamilan tak lantas berarti tanpa keluhan. Perubahan hormon dan penyesuaian tubuh pada kondisi hamil, tentu akan memunculkan keluhan pada beberapa Ibu. 

Artikel Sejenis

Berikut ini adalah beberapa keluhan yang kerap muncul pada usia hamil 2 bulan!

  • Morning Sickness

    Meski disebut morning sickness nyatanya rasa mual yang muncul karena gejala kehamilan ini tidak hanya terjadi di pagi hari. Bahkan ada yang mengalaminya sepanjang hari. Dilansir dari Medical News Today salah satu cara mengatasi morning sickness adalah dengan banyak istirahat. Selain itu agar tidak memuntahkan terlalu banyak makanan, Ibu sebaiknya makan dalam porsi kecil dan hindari makanan berlemak juga makanan yang beraroma kuat.

  • Perut Kembung dan Begah

    Rasa begah yang tak kunjung usai padahal hanya makan sedikit? Ini adalah kondisi yang umum terjadi pada Ibu hamil. Rasa kembung dan begah terjadi karena ukuran bayi yang semakin besar membuat perut Ibu terasa penuh, selain itu hormon progesteron yang memicu morning sickness juga menjadi penyebab rasa begah dan kembung ini. Ibu bisa mengatasinya dengan menghindari makanan bergas agar tidak memperparah rasa kembung.

  • Payudara Sensitif dan Sakit

    Dikutip dari American Pregnancy Acossiation payudara yang sensitif ini merupakan salah satu gejala kehamilan yang pasti terjadi. Untuk mengatasinya, Ibu boleh mengompresnya menggunakan air es atau dingin dan gunakan pakaian longgar.

  • Sering Buang Air Kecil

    Ketika hamil 2 bulan, meski perut Ibu belum membesar, tapi janin di perut Ibu sudah mulai berkembang dan rahim juga mulai membesar sehingga menekan kandung kemih. Hal inilah yang membuat Ibu jadi sering merasa ingin buang air. Selalu basuh dan keringkan vagina dengan benar agar tidak lembap dan iritasi, kemudian perbanyak minum air putih ya, Bu! 

  • Kram Perut

    Perut yang terasa kram ringan merupakan gejala wajar yang terjadi selama hamil 2 bulan. Jika Ibu merasakan hal ini, sebaiknya Ibu segera beristirahat dan jangan terlalu banyak bergerak. Jika rasa kram terasa semakin kuat atau menyakitkan dan terjadi pendarahan, segera ke rumah sakit.

Apa yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Hamil 2 Bulan?

Jika kehamilan Ibu normal dan tidak ada masalah, sebenarnya tak banyak pantangan yang perlu Ibu lakukan saat hamil 2 bulan. Meski demikian karena kini di perut Ibu sedang tumbuh sebuah kehidupan baru, ada baiknya Ibu mulai menyesuaikan pola hidup Ibu agar lebih sehat bagi Ibu dan bakal bayi, dengan menghindari hal-hal berikut ini.

  1. Minum terlalu banyak kafein

    Kafein bersifat diuretik sehingga minum lebih dari segelas kopi atau minuman berkafein lainnya, lebih dari satu kali sekali bisa meningkatkan tekanan darah, detak jantung dan tentunya perjalanan Ibu bolak-balik kamar mandi. Selain itu kafein juga dapat melewati plasenta, sehingga janin Ibu bisa saja ikut mengonsumsinya. Harap diingat, tubuh Ibu mungkin sudah kebal terhadap efek kafein, namun janin Ibu sekarang masih dalam tahap perkembangan.

  2. Beberapa jenis obat-obatan

    Jika Ibu harus mengonsumsi obat-obatan tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan yang menangani Ibu. Beberapa obatan yang terlalu keras atau memiliki kandungan tertentu bisa saja berbahaya pada perkembangan janin di usia hamil 2 bulan.

  3. Minum minuman beralkohol

    Hindari minum alkohol sama sekali saat hamil. Kandungan alkohol dalam darah bisa terbawa masuk ke dalam plasenta menuju janin dan sangat berbahaya bagi perkembangan otak dan organ vitalnya sehingga beresiko pada kecacatan hingga kematian.

  4. Membersihkan kotoran kucing

    Kotoran kucing sangat berbahaya bagi Ibu hamil 2 bulan maupun usia kehamilan lainnya karena bisa saja mengandung toksoplasmosis, parasit berbahaya yang bisa menyebabkan penyakit yang menyerang Ibu dan janin. 

  5. Terpapar asap rokok

    Merokok tentu berbahaya bagi janin, tapi Ibu hamil yang menjadi perokok pasif juga menghadapi resiko sama besarnya seperti Ibu hamil yang merokok. Sebaiknya hindari asap rokok sebisa mungkin.

Apa Saja yang Harus Diperiksakan?

Di usia hamil 2 bulan bisa jadi ini adalah kali pertama Ibu akan mengunjungi dokter kandungan untuk memeriksakan kandungan Ibu. Pada usia hamil 2 bulan ini Ibu juga sudah akan melakukan pemeriksaan USG untuk melihat kondisi janin di dalam perut Ibu karena Ibu benar-benar sudah bisa dipastikan sedang hamil. Jika Ibu akan melakukan pemeriksaan USG di usia hamil 2 bulan ini, dokter kandungan Ibu akan melakukannya melalui transvaginal, ini dikarenakan ukuran janin Ibu masih terlalu kecil untuk dideteksi melalui USG perut.

Berikut ini adalah beberapa hal yang akan dicek ketika Ibu melakukan pemeriksaan saat hamil 2 bulan:

  1. Usia kandungan Ibu 
  2. Ukuran dan letak kantong kehamilan Ibu
  3. Ukuran janin, ini meliputi panjang dan beratnya
  4. Detak jantung janin

Selain melakukan pemeriksaan USG, Ibu juga mungkin akan direkomendasikan oleh dokter kandungan untuk melakukan pemeriksaan darah untuk dapat mendeteksi resiko kehamilan yang mungkin terjadi dan tindakan preventif apa yang perlu dilakukan.

Nutrisi yang Diperlukan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pada trimester awal kehamilan ini janin Ibu sedang tumbuh dengan sangat pesat, untuk itu Ibu perlu mengonsumsi nutrisi yang cukup agar dapat memenuhi kebutuhan Ibu dan bayi pada usia hamil 2 bulan. Berikut adalah beberapa makanan yang baik untuk Ibu konsumsi saat hamil 2 bulan:

  • Daging: Sebagai sumber iron, protein dan asam amino yang dibutuhkan janin untuk pembentukan sel
  • Kacang Hijau: Kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati yang juga mengandung kalsium, zat besi, dan folat.
  • Bayam: Atau sayuran berdaun hijau lainnya karena mengandung banyak serat, kalsium, zat besi, vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K.
  • Pisang: Rasanya yang tidak terlalu tajam, cocok camilan supaya Ibu tidak mual. Selain itu pisang juga mengandung banyak serat dan potasium.
  • Yogurt: Selama hamil Ibu butuh banyak kalsium seperti yang terkandung pada yogurt agar tidak mengalami pengeroposan tulang dan mendukung perkembangan bayi

Tentunya tak mudah untuk senantiasa memenuhi kebutuhan nutrisi ketika sedang berada di fase hamil 2 bulan. Apalagi jika Ibu mengalami morning sickness yang hebat, tentulah memenuhi asupan agar cukup untuk Ibu dan bayi menjadi semakin menantang. Untuk itu penting bagi Ibu untuk mendapatkan asupan nutrisi tambahan yang tepat dan lezat seperti dengan rutin minum Susu Frisian Flag PRIMAMUM.

Selama kehamilan, Ibu memerlukan tambahan energi, protein dan nutrisi penting lainnya untuk mendukung kesehatan Ibu dan tumbuh kembang janin yang sehat dan optimal. Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu hamil yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak janin,  9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal serta  9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng  untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu selama periode kehamilan.

Frisian Flag PRIMAMUM adalah susu ibu hamil untuk dukung imunitas dan akal cermat Si Kecil dengan DHA serta 9 Asam Amino Esensial (AAE) selama periode kehamilan. Satu gelas Frisian Flag PRIMAMUM mengandung energi sebanyak 180 kalori, DHA 34 mg, protein 9 gram dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang disesuaikan dengan tambahan nutrisi yang dibutuhkan ibu selama periode kehamilan. Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin. Optimalkan tumbuh kembang janin dengan susu Frisian Flag PRIMAMUM!

Selama kehamilan banyak hal yang harus diperhatikan, termasuk perkembangan si Kecil di dalam rahim agar Ibu tetap sehat dan si Kecil lahir dengan selamat. Untuk memudahkan Ibu, fitur Kamus Kehamilan bisa jadi solusi yang tepat untuk mencari informasi tentang kehamilan, asupan nutrisi, dan hal-hal lain yang penting bagi Ibu hamil. Yuk, coba fiturnya di sini.

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan registrasi Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Daftar sekarang di halaman ini ya!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.