Share Like
Simpan

Cuaca yang akhir-akhir ini terasa begitu panas, rasanya akan cocok jika didampingi oleh minuman dingin yang segar untuk menghilangkan rasa haus ya, Bu. Selain minuman dingin, es krim juga bisa jadi pilihan lain untuk disantap di siang hari. Tapi sayang ya, rata-rata minuman dingin dan es krim yang dijual di mini market mengandung banyak pemanis buatan yang jika dikonsumsi terlalu banyak akan berdampak kurang baik bagi si Kecil.

Nah, saya punya dua resep es krim nikmat yang bisa Ibu buat sendiri di rumah dan pastinya punya kandungan nutrisi yang lebih aman untuk si Kecil. Resepnya mudah kok, Bu. Ibu bisa memulainya dengan menyiapkan bahan-bahan berikut:

Es Krim Pisang Dengan Pasta Coklat



Bahan-bahan:
●    750 ml susu Frisian Flag Karya rasa Vanilla.
●    720 ml air matang.
●    175 gram gula pasir.
●    ¼ sdt garam.
●    1 sdm maizena, dilarutkan dengan 1 sdm susu Frisian Flag Karya rasa Vanilla.
●    3 kuning telur.
●    4 sdm puree pisang. Jika Ibu ingin rasa pisangnya terasa lebih kuat, Ibu bisa menambahkan takarannya sesuai selera.
●    1 sdm pasta cokelat.

Cara membuat:
1.    Campurkan susu Frisian Flag Karya dengan 720 ml air, kemudian aduk hingga larut. Rebus susu, gula, dan garam, lalu aduk hingga mendidih.
2.    Setelah mendidih, tambahkan maizena sedikit demi sedikit kemudian aduk hingga mengental. Kecilkan api.
3.    Ambil rebusan susu sebanyak 4 sdm kemudian masukkan ke dalam kuning telur. Aduk hingga rata.
4.    Tuang kembali kuning telur yang sudah tercampur ke dalam rebusan susu. Aduk kembali hingga meletup-meletup.
5.    Setelah larut, angkat adonan dan dinginkan.
6.    Pindahkan adonan ke dalam wadah penyimpanan dan masukkan ke dalam freezer selama 4-6 jam. Jika Ibu menginginkan hasil yang lebih maksimal, simpan di dalam freezer selama satu malam atau 12 jam.
7.    Kemudian tambahkan 4 sdm puree pisang sebagai tambahan rasa. Aduk hingga rata, kemudian kocok dengan mixer (jika Ibu tidak memiliki mixer, Ibu bias mengaduknya dengan menggunakan sutil kayu) selama kurang lebih 15 menit hingga lembut. Diamkan adonan selama 2-3 menit, kemudian ulangi pengocokan hingga es krim terasa lebih lembut.
8.    Simpan ke dalam freezer selama 6 jam atau satu malam. Setelah jadi, tuang ke dalam mangkuk atau gelas favorit si Kecil, lalu tambahkan pasta cokelat pada es krim.

Es Krim Cokelat Jeruk



Bahan-bahan:
●    1 sdt vanilli.
●    2 putih telur.
●    2 sdm gula pasir.
●    1 sdm maizena.
●    750 ml susu Frisian Flag Karya rasa cokelat.
●    720 ml air matang.
●    2 buah jeruk manis yang diperas.

Cara membuat:
1.    Campur susu Frisian Flag Karya rasa Cokelat dan 720 ml air ke dalam panci di atas api kecil. Tambahkan tepung maizena kemudian aduk hingga rata.
2.    Sambil tetap diaduk, angkat panci kemudian tambahkan gula, putih telur, dan vanili. Aduk hingga tercampur dengar rata.
3.    Rebus kembali adonan tersebut dan aduk hingga mendidih.
4.    Setelah mendidih, matikan api dan angkat panci sambil tetap diaduk agar tidak menggumpal. Tunggu hingga dingin.
5.    Jika adonan sudah dingin, masukkan air perasan jeruk ke dalam adonan, kemudian aduk hingga rata. Setelah itu, kocok adonan es krim dengan mixer (jika Ibu tidak memiliki mixer, Ibu bisa mengaduknya dengan menggunakan sutil kayu) selama kurang lebih 15 menit hingga lembut. Diamkan adonan selama 2-3 menit, kemudian ulangi pengocokan hingga es krim terasa lebih lembut.
6.    Setelah itu, pindahkan ke dalam wadah penyimpanan dan masukkan ke dalam freezer selama satu malam atau 12 jam.
7.    Sajikan es krim ke dalam gelas atau mangkuk kesukaan si Kecil dan sajikan bersama dengan biskuit atau buah favorit si Kecil lainnya.

Gimana, Bu? Ternyata membuat es krim sendiri di rumah tidak terlalu sulit, kan? Si Kecil juga pasti lebih senang karena Ibu bisa memberikan variasi camilan untuknya. Selain nikmat, es krim buatan Ibu ini juga lebih sehat karena Ibu menggunakan buah asli sebagai salah satu bahan utamanya. Sehingga, kebutuhannya akan vitamin C, kalium, potasium, serta vitamin B6 yang ia dapat dari buah pisang dan jeruk dapat terpenuhi untuk menjaga daya tahan tubuh serta kesehatan si Kecil. Sudah siap mencoba resep es krim ini?