Whatsapp Share Like Simpan

Meskipun namanya nggak sepopuler buah jeruk, mangga, stroberi, dan buah lainnya, tapi siapa sangka ternyata manfaat buah naga untuk ibu hamil cukup penting lho. Kandungan vitamin dan mineral dalam buah naga dapat mendukung kesehatan Ibu dan tumbuh kembang janin dalam kandungan. 

Salah satu manfaat buah naga untuk ibu hamil yang sayang untuk dilewatkan yaitu dapat mencegah sembelit atau konstipasi. Seperti yang diketahui, sembelit menjadi salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh ibu hamil. Meskipun terdengar wajar, sembelit yang berlangsung terus menerus justru bisa mengganggu kesehatan janin. 

Oleh karena itu, kalau Ibu ingin menjaga kesehatan saluran pencernaan selama masa kehamilan, pastikan mengonsumsi buah naga dan makanan tinggi serat lainnya secara seimbang. 

Sebenarnya manfaat buah naga untuk ibu hamil nggak cuma itu, Bu, ada manfaat lain yang nggak kalah penting. Ibu bisa memilih 2 jenis buah naga sesuai selera, ada jenis buah naga berdaging merah dan berdaging putih. 

Warna merah pada buah naga berasal dari pigmen alami yang dikenal dengan istilah hylocerenin dan isohylocerenin yang mendukung kesehatan tubuh. Lantas, apa saja manfaat buah naga untuk ibu hamil? Mari kita simak penjelasannya berikut ini. 

Artikel Sejenis

Apa Saja Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil?

Manfaat buah naga untuk ibu hamil bisa didapatkan berkat kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Secara umum, buah naga mengandung beberapa nutrisi yang penting, di antaranya air, karbohidrat, protein, lemak, serat, kalsium, fosfor, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, zat besi, antioksidan, dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa manfaat buah naga untuk ibu hamil yang perlu diketahui, antara lain: 

  • Mencegah sembelit atau konstipasi

    Seperti yang sudah disebutkan ya, Bu, manfaat buah naga untuk ibu hamil yang cukup penting yaitu dapat mencegah terjadinya sembelit atau konstipasi. Buah naga mengandung air dan serat yang tinggi sehingga dapat memperlancar saluran pencernaan. 

    Cocok banget dikonsumsi oleh Ibu yang susah BAB, tentunya harus diimbangi juga dengan asupan nutrisi penting lainnya. Melansir laman resmi healthline.com, ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi buah naga sekitar 25-30 gram per hari. 

    Asupan serat juga bisa Ibu dapatkan dalam susu Frisian Flag PRIMAMUM karena susu yang diformulasi khusus untuk ibu hamil dan menyusui ini mengandung serat pangan inulin yang baik bagi kesehatan pencernaan Ibu. 

  • Mencegah anemia

    Manfaat buah naga untuk ibu hamil yang selanjutnya yaitu dapat membantu mencegah risiko anemia. Seperti yang diketahui, ibu hamil sangat rentan mengalami anemia, jika kondisi ini dibiarkan dalam waktu yang lama bisa berbahaya bagi kesehatan dan tumbuh kembang janin. 

    Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas), terdapat sekitar 37,1% ibu hamil di Indonesia yang mengalami anemia. Angka ini menunjukkan bahwa kasus anemia di Indonesia masih tinggi. 

    Salah satu cara untuk mencegah anemia yaitu mengonsumsi buah naga secara rutin sesuai batas normal. Sebab, manfaat buah naga untuk ibu hamil ini bisa didapatkan berkat kandungan zat besi di dalamnya. Zat besi merupakan nutrisi yang penting untuk mencegah darah rendah, mendukung pertumbuhan janin, dan meningkatkan daya tahan tubuh. 

    Ibu hamil setidaknya membutuhkan sekitar 27 mg zat besi per hari. Nah, asupan zat besi juga bisa Ibu penuhi dari Frisian Flag PRIMAMUM karena susu ini mengandung tinggi zat besi yang baik bagi Ibu dan janin. 

  • Melindungi dan menjaga kesehatan sel

    Kandungan vitamin C yang cukup banyak dalam buah naga sangat dibutuhkan oleh janin untuk membantu melindungi dan menjaga kesehatan sel, serta membantu membentuk kolagen di dalam tulang, otot, kulit, dan pembuluh darah. Manfaat buah naga untuk ibu hamil inilah yang cukup penting bagi kesehatan Ibu dan janin selama masa kehamilan.

    Kandungan vitamin C yang menghadirkan manfaat buah naga untuk ibu hamil ini juga sangat berperan dalam membantu penyerapan zat besi oleh tubuh. Akan tetapi, Ibu juga tetap harus lebih bijak saat mengonsumsi vitamin C. Pastikan asupannya sesuai batas normal dan tidak berlebihan, ya. 

  • Mendukung daya tahan tubuh

    Manfaat buah naga untuk ibu hamil yang sayang untuk dilewatkan yaitu dapat mendukung daya tahan tubuh selama masa kehamilan. Ini karena buah naga mengandung antioksidan yang berperan penting untuk mencegah radikal bebas penyebab penyakit. 

    Dengan begitu, manfaat buah naga untuk ibu hamil ini bisa membantu daya tahan tubuh Ibu agar tidak mudah sakit. Meski begitu, buah naga bukan satu-satunya nutrisi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh ya, Bu.

    Supaya daya tahan tubuh lebih kuat, sebaiknya Ibu mengonsumsi makanan bergizi seimbang lainnya, terutama makanan tinggi protein. Sebab, protein yang mengandung 9 Asam Amino Esensial (9 AAE) lengkap dapat mengoptimalkan kesehatan Ibu dan tumbuh kembang si Kecil. 

    Ibu bisa mendapatkan 9AAE yang lengkap dari susu Frisian Flag PRIMAMUM, bahkan susu ini juga mengandung 9 nutrisi penting lainnya untuk kebaikan Ibu dan si Kecil. Susu ini juga diperkaya dengan asam folat, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), serta tinggi DHA untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan sel otak si Kecil.

    Susu Frisian Flag PRIMAMUM juga mengandung tinggi zat besi, tinggi zinc, dan sumber serat pangan inulin untuk mendukung daya tahan tubuh Ibu dan si Kecil. Ditambah kandungan tinggi kalsium dan tinggi vitamin C untuk mendukung pertumbuhan sel tubuh si Kecil.

Manfaat buah naga untuk ibu hamil cukup banyak kan, Bu? Selain yang telah disebutkan di atas, manfaat buah naga untuk ibu hamil pun berperan penting terhadap pertumbuhan dan perkembangan otak janin, mengendalikan kadar kolesterol, dan membantu mencegah sel kanker. 

Supaya manfaat buah naga untuk ibu hamil bisa didapatkan dengan lebih optimal, maka Ibu perlu mengolahnya secara tepat. Pasti Ibu bosan kan kalau harus mengonsumsi buah naga segar yang dipotong biasa? Bagaimana kalau Ibu kreasikan buah naga menjadi minuman atau bahkan makanan yang lezat dan segar? 

Ibu bisa lho mengolah buah naga menjadi jus segar, smoothies dengan campuran buah atau sayuran lain, sop buah, salad, dan lain sebagainya. Bahkan, buah naga juga bisa dijadikan puding, es krim, dan camilan sehat lainnya. Kalau Ibu mengolah buah naga dengan cara yang bervariasi, pastinya Ibu tidak akan bosan mengonsumsi buah yang satu ini, kan? Namun, guna mendapatkan manfaat buah naga untuk ibu hamil yang lebih maksimal, sebaiknya Ibu tidak memasak buah ini terlalu lama atau berulang kali karena hal tersebut bisa merusak nutrisi alami di dalamnya. Ibu juga perlu menyeimbangkan asupan nutrisi dengan tepat agar kebutuhan gizi harian Ibu dan janin tercukupi dengan baik.

Selain memenuhi asupan nutrisi dari buah naga, susu Frisian Flag PRIMAMUM, dan makanan sehat lainnya, Ibu juga perlu memantau tumbuh kembang janin secara rutin. Caranya bisa berkonsultasi dengan dokter, sekaligus memanfaatkan fitur Kalkulator Kehamilan yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz