Whatsapp Share Like Simpan

Makanan penghilang rasa mual diperlukan oleh sebagian besar Ibu selama masa kehamilan. Pasalnya, mual dan muntah bisa membuat ibu hamil jadi sulit makan, padahal asupan gizi untuk janin tetap harus dipenuhi secara tepat. Dibandingkan tidak makan sama sekali, akan lebih baik jika Ibu mengetahui lebih awal rekomendasi makanan penghilang rasa mual agar kebutuhan gizi harian tetap tercukupi.

Seperti yang diketahui, mual dan muntah saat hamil umumnya terjadi pada trimester pertama, tetapi tak sedikit pula Ibu yang mengalami kondisi ini meskipun usia kehamilannya sudah trimester kedua dan ketiga. Untuk mengatasi kondisi tersebut, kita cari tahu makanan penghilang rasa mual sekaligus resep menunya yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil, yuk! 

Rekomendasi Makanan Penghilang Rasa Mual

Berikut ini beberapa rekomendasi makanan penghilang rasa mual yang bisa Ibu pilih: 

  1. Jahe

    Ibu pasti sudah sering mendengar khasiat rempah yang satu ini, bukan? Ya, jahe memang sering digunakan sebagai obat alami untuk mengurangi gangguan perut, terutama mual dan muntah. Rempah ini mengandung senyawa bioaktif yang berinteraksi dengan perut dan sistem saraf pusat untuk membantu meredakan mual saat hamil. Jika dirasa membantu, Ibu hamil dapat mengolah jahe sebagai makanan penghilang rasa mual menjadi teh jahe, biskuit jahe, permen jahe, dan lain sebagainya. 

  2. Makanan tinggi protein

    Melansir laman resmi healthline.com, sumber protein dipercaya bisa menjadi makanan penghilang rasa mual yang aman dikonsumsi selama masa kehamilan. Ada berbagai jenis makanan tinggi protein yang dapat dikonsumsi, mulai dari susu, telur, ikan, daging sapi, daging kambing, daging domba, daging ayam, dan daging unggas lainnya.

    Artikel Sejenis

    Selain itu, ibu hamil juga dapat mengonsumsi sumber protein nabati yang berupa kacang-kacangan, biji-bijian, serta buah-buahan dan sayuran agar menjaga kesehatan pencernaan. 

    Mengapa sumber protein bisa menjadi makanan penghilang rasa mual? Sebab nutrisi ini dapat meningkatkan produksi hormon gastrin. Hormon ini membantu menormalkan gerakan lambung yang cenderung berlebihan ketika Ibu mual atau muntah, sehingga makanan yang ada di dalam lambung tidak dimuntahkan.

  3. Makanan tinggi serat

    Selain makanan tinggi protein, serat juga termasuk makanan penghilang rasa mual yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Ibu bisa mengonsumsi sayuran atau buah-buahan segar sebagai camilan sehat untuk mendukung asupan nutrisi saat sedang mual. Serat dalam sayuran dan buah-buahan dapat membantu mengurangi produksi asam dalam lambung sehingga dapat menurunkan rasa mual saat hamil.

    Selain itu, serat juga dapat membantu melancarkan pencernaan ibu hamil agar terhindar dari sembelit atau konstipasi. Pastikan Ibu untuk menambahkan asupan serat ke dalam menu sarapan, makan siang, makan malam, maupun camilan sehari-hari, ya!

  4. Makanan yang memiliki rasa segar

    Rekomendasi makanan penghilang rasa mual saat hamil selanjutnya yaitu makanan yang memiliki rasa segar, seperti lemon, jeruk nipis, dan sejenisnya. Aroma dan rasa lemon yang menyegarkan dalam makanan maupun minuman bisa membantu mencegah dan mengurangi rasa mual yang Ibu rasakan.

    Untuk mengatasi mual saat hamil dengan lemon, Ibu menambahkan air perasan lemon pada segelas air dingin, lalu meminumnya. Meskipun bisa menjadi makanan penghilang rasa mual, tetapi sebaiknya Ibu tidak mengonsumsi lemon terlalu sering dan berlebihan. Pastikan untuk mencukupi makanan bergizi lain secara seimbang.

  5. Olahan sup 

    Berbagai jenis sup cenderung lebih mudah ditoleransi oleh ibu hamil yang merasa mual karena makanan ini sangat mudah dicerna oleh lambung. Semangkuk sup ayam dapat mengandung garam dan kalium, sehingga baik untuk mengganti elektrolit yang hilang setelah muntah. 

    Pastikan makanan penghilang rasa mual ini mengandung bahan-bahan yang berkualitas, segar, dan aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain itu, hindari memasak atau memanaskan supnya lebih dari satu kali agar nutrisi alami di dalamnya tidak rusak sehingga lebih mudah dicerna oleh ibu hamil. 

  6. Makanan dingin

    Jika makanan penghilang rasa mual di atas kurang efektif untuk menghilangkan rasa mual, Ibu mungkin lebih mampu menoleransi makanan dingin dibandingkan yang hangat. Ada beberapa jenis makanan penghilang rasa mual yang dingin, di antaranya yoghurt, es krim, buah potong yang dingin, dan sejenisnya. 

Selain mengonsumsi makanan penghilang rasa mual di atas, ibu hamil juga sebaiknya mencukupi kebutuhan cairan harian dengan mengonsumsi air mineral secara tepat. Lebih baik menghindari minuman yang mengandung kafein atau alkohol karena berbahaya bagi kesehatan Ibu dan tumbuh kembang janin dalam kandungan. Jika Ibu penyuka minuman berkafein, seperti kopi dan teh, pastikan meminumnya saat usia kehamilan memasuki trimester ketiga dan konsumsinya pun tidak berlebihan. 

Dalam memilih makanan penghilang rasa mual, penting untuk mengetahui kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Pilihlah makanan yang kaya nutrisi sehingga janin dalam kandungan tidak kekurangan asupan gizi yang dibutuhkan untuk berkembang. 

Salah satu makanan kaya nutrisi yang perlu dikonsumsi selama masa kehamilan yaitu susu Frisian Flag PRIMAMUM. Hal ini dikarenakan susu Frisian Flag PRIMAMUM merupakan sumber protein berkualitas karena mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) untuk pertumbuhan tulang janin dan daya tahan tubuh Ibu. 

Susu ini juga diperkaya dengan kalsium yang tinggi untuk mengoptimalkan kekuatan tulang, zat besi tertinggi untuk mencegah anemia, sumber serat pangan inulin untuk mencegah sembelit, serta tinggi asam folat untuk mencegah risiko cacat tabung saraf janin. Susu Frisian Flag PRIMAMUM juga hadir dengan rasa cokelat yang pastinya disukai oleh ibu hamil dan menjadi makanan penghilang rasa mual yang efektif. 

Selain memilih makanan penghilang rasa mual yang tepat, ternyata cara makan dan minum juga perlu Ibu perhatikan. Berikut ini beberapa tips cara makan untuk meredakan rasa mual pada ibu hamil:

  • Makan dalam porsi kecil, tapi sering
  • Hindari makan di ruangan yang panas
  • Hindari langsung berbaring sesaat setelah makan, beri jeda setidaknya 2 jam 
  • Bilas mulut sebelum dan sesudah makan
  • Tidak terlalu banyak minum di sela-sela maka

Mengetahui jenis makanan penghilang rasa mual dan tipsnya sudah, sekarang saatnya Ibu mengolah beberapa resep makanan tersebut dari beberapa ide berikut ini. 

Resep Makanan Penghilang Rasa Mual untuk Ibu Hamil

Berikut ini beberapa resep makanan penghilang rasa mual yang bisa Ibu olah sendiri di rumah, antara lain: 

1. Wedang jahe

Bahan-bahan:

  • 2 buah jahe merah ukuran besar
  • 2 buah gula merah
  • 2 batang serai, geprek
  • 300 ml air
  • Air perasan lemon secukupnya

Cara membuat:

  1. Bakar jahe dan kupas bagian kulit kotornya
  2. Siapkan panci, lalu isi dengan air putih
  3. Masukkan jahe, gula merah, serai. Masak sampai matang
  4. Tuangkan wedang jahe ke cangkir dengan tambahan sedikit air lemon
  5. Minum saat Ibu merasa mual

2. Sup ayam kampung

Bahan-bahan:

  • 1,5 liter air
  • 1/2 ekor ayam kampung yang sudah dipotong 
  • 1 batang daun bawang dan seledri (opsional)
  • 2 sdm minyak sayur
  • 1 siung bawang putih
  • 100 gram wortel
  • 200 gram kentang
  • 1/2 buah tomat
  • Kaldu jamur, garam, merica, dan pala bubuk secukupnya
  • Bawang goreng

Cara membuat:

  1. Didihkan air, lalu masukkan ayam kampung. Masak sampai daging ayam empuk 
  2. Tumis bawang hingga wangi, masukkan tumisan ke dalam air rebusan ayam
  3. Tambahkan wortel, kentang, dan tomat yang sudah dipotong sesuai selera
  4. Tambahkan garam, kaldu jamur, dan pala secukupnya
  5. Tuangkan ke mangkuk dan taburi dengan bawang goreng

3. Es krim cokelat stroberi

Bahan-bahan:

  • 250 ml susu Frisian Flag MAMA
  • 250 ml yoghurt rasa cokelat
  • 1/2 sdt maizena
  • 9 buah stroberi
  • 4 sdm gula pasir
  • 3 sdm bubuk cokelat

Cara membuat:

  1. Haluskan 6 buah stroberi menggunakan blender, sisa duanya dicincang kecil
  2. Panaskan susu, yoghurt, maizena, gula, dan bubuk cokelat, lalu aduk sampai panas saja (tidak perlu sampai mendidih)
  3. Tuangkan stroberi yang sudah halus, aduk rata dan biarkan dingin
  4. Tuang ke cetakan dan tambahkan stroberi yang dicincang

Masukkan ke dalam freezer. Sajikan saat sudah beku

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz