Share Like
Simpan

Melihat si Kecil selalu makan dengan lahap tentu menyenangkan ya, Bu? Sebab, hal ini bisa membuat kebutuhan nutrisi hariannya tercukupi sehingga ia dapat tumbuh dengan baik. Sayangnya, tak semua anak punya nafsu makan yang bagus. Ya, anak susah makan kerap jadi masalah tersendiri bagi para orang tua. Setahun lalu, saat si Kecil berusia empat tahun, saya pun sempat dibuat risau karena hal ini, Bu.

Tak ingin masalah anak susah makan ini terus berlanjut dan membuat perkembangan balita terhambat, saya melakukan konsultasi online di sebuah forum tumbuh kembang balita. Dari situ, saya jadi tahu, ada beberapa hal yang bisa orang tua lakukan untuk meningkatkan nafsu makan si Kecil. Salah satunya adalah dengan rajin berkreasi saat membuat menu makanan untuknya, baik untuk dimakan di rumah maupun di sekolah.

Untuk bekal sekolah si Kecil, berikut beberapa kreasi menu yang bisa Ibu coba:

1. Sate Telur Puyuh

Tak hanya mudah dibuat, menu yang kaya protein ini juga disukai anak-anak karena bentuk telur puyuh yang kecil menggemaskan. Berikut bahan, alat, dan langkah mudah untuk membuatnya, Bu.

Bahan:
- 30 butir telur puyuh rebus, kupas kulitnya.
- 3 lembar daun salam, bila ada.
- 1 ruas lengkuas, bila ada.
- 2 gelas air.
- Garam, saus tiram (bila ada), dan kecap manis secukupnya.
- Bumbu yang dihaluskan (4 siung bawang merah, ½ sdt ketumbar, 100 gram gula merah pekat (bila ada)).

Alat:
- Tusuk sate 10 buah.

Cara membuat:
- Masak air hingga mendidih, kemudian masukkan bumbu halus, daun salam, lengkuas, garam, saus tiram, dan kecap manis, lalu aduk hingga merata.
- Masukkan telur puyuh dan rebus sekitar 20-25 menit sampai telur berwarna kecokelatan. Setelah api dimatikan, diamkan telur dalam air rebusan selama beberapa saat sampai cukup dingin dan bumbu lebih meresap.
- Tiriskan telur dan tusuk satu per satu ke tusuk sate. Kemudian masukkan ke kotak bekal si Kecil.

2. Kue Cokelat Kukus

Kue cokelat kukus jadi pilihan kreasi menu berikutnya yang bisa Ibu coba. Dalam balutan rasa cokelatnya yang disukai anak-anak, kue ini bisa membantu Ibu memenuhi kebutuhan harian protein dan lemak si Kecil dengan cara yang menyenangkan. Berikut bahan, alat, dan langkah mudah untuk membuatnya, Bu.

Bahan:
- 3 butir telur.
- 1 butir kuning telur saja.
- 2 ½ sendok makan gula pasir.
- ¼ sendok teh garam.
- 4 sendok makan tepung terigu.
- 1 sendok makan susu bubuk Frisian Flag Karya.
- 3 ½ sendok makan dark cocoa.
- ¼ sendok teh baking powder.
- 3 ½ sendok makan margarin, lelehkan.
- 1 sendok makan susu cair.
- 1 sendok teh pasta cokelat.

Alat:
- 2 buah baskom.
- Ayakan terigu.
- Mixer.
- Panci untuk mengukus.
- Cetakan kue.

Cara membuat:
- Kocok telur, gula, dan garam dengan mixer hingga kental dan mengembang. Sisihkan.
- Ayak tepung terigu, susu bubuk, dark cocoa, dan baking powder. Masukkan bahan yang sudah diayak ke adonan, dan aduk hingga merata.
- Masukkan margarin, susu cair, dan pasta cokelat sedikit demi sedikit, sambil diaduk rata. Jika sudah, tuang ke dalam cetakan kue, lalu kukus bolu dengan api sedang selama sekitar 30 menit. Setelah matang, hias sesuai selera.

3. Bola-bola Nasi

Resep berikut ini bisa Ibu coba bila si Kecil lebih suka makanan yang lebih mengenyangkan. Meski tergolong makanan berat, hidangan yang satu ini mudah dibuat kok, Bu. Berikut bahan, alat, dan langkah mudah untuk membuatnya, Bu.

Bahan:
- Nasi secukupnya.
- 3 butir telur.
- Wortel secukupnya, rebus, potong dadu.
- Sosis sapi secukupnya, potong-potong dan rebus terlebih dulu.
- Bakso sapi/ayam secukupnya, potong-potong dan rebus terlebih dulu .
- ½ sendok makan garam.
- 1 sendok makan minyak wijen.

Alat:
- 1 buah panci ukuran sedang.
- 1 buah wajan anti lengket.
- Kuas untuk mengoleskan minyak.

Cara membuat:
- Campur semua bahan sampai rata, kemudian bentuk hingga menyerupai bola-bola kecil.
- Panaskan wajan anti lengket dan olesi dengan minyak tipis-tipis. Panaskan bola-bola nasi yang sudah Ibu bentuk sebelumnya hingga nasi terlihat kuning keemasan. Bila sudah, Ibu bisa menatanya dengan cantik di kotak bekal makan si Kecil.

Bagaimana Bu, mudah bukan membuatnya? Dengan kreasi menu sederhana ini, Ibu bisa memancing nafsu makan si Kecil saat anak susah makan. Supaya nutrisi yang didapatkan si Kecil makin lengkap, Ibu juga bisa menyajikan segelas susu Frisian Flag Karya di pagi dan sore hari. Mengandung Kalsium, Vitamin D3, Vitamin A, dan nutrisi penting lainnya, Frisian Flag Karya membantu Ibu mencukupi nutrisi harian yang diperlukan si Kecil di usia karya agar tumbuh kembangnya makin optimal.