Whatsapp Share Like
Simpan

Apakah Ibu berencana mengajak si Kecil piknik dalam waktu dekat ini? Pasti ia senang sekali, Bu! Nah, mengajak si Kecil piknik akan lebih seru bila Ibu menyiapkan bekal sendiri. Namun, mengingat kerepotan mengurus segala persiapan piknik untuk keperluan si Kecil, tentunya Ibu perlu menyiapkan makanan yang sehat dan bernutrisi, sekaligus mudah dibuat. Berikut ini beberapa inspirasi bekal sederhana namun tetap sehat yang sering saya siapkan untuk si Kecil.

1. Roti Isi

Si Kecil suka makan roti, Bu? Jika iya, coba siapkan roti isi sebagai menu sehat anak, yuk. Ibu bisa sesuaikan bahan roti isi dengan selara si Kecil. Misalnya, pakai telur, sayur, daging, atau bahkan buah. Cara membuatnya pun sangat praktis. Langkah pertama, panggang roti di atas wajan selama beberapa menit. Lalu, isi dengan sayuran dan sumber Protein yang ia sukai. Bekal roti isi pun siap di santap saat piknik! Menu roti isi ini hanya membutuhkan waktu sekitar lima menit untuk dibuat, Bu.

2. Sayuran Panggang

Selain roti isi, saya juga sering menyiapkan berbagai jenis sayuran panggang sebagai menu bekal piknik si Kecil, Bu. Sebagai rekomendasi, saya memilih jenis sayur brokoli dan wortel. Saya panaskan wajan dan panggang sayuran dengan sedikit irisan bawang putih. Pastikan sayur tidak dipanggang terlalu lama agar nutrisinya tetap terjaga. Selain praktis dan lezat, camilan ini juga bisa menjadi sumber Serat yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya, Bu. Agar lebih praktis saat disantap, Ibu juga bisa menyusunnya dengan tusuk sate setelah dipanggang.

Artikel Sejenis

3. Onigiri

Tahukah, Ibu? Rumput laut ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti melancarkan sistem pencernaan, sumber energi, menguatkan daya tahan tubuh, dan mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil agar tumbuh sesuai usianya. Itu sebabnya, nasi kepal atau onigiri bisa menjadi menu bekal piknik yang sempurna untuk si Kecil. Selain itu, Ibu hanya membutuhkan waktu persiapan selama 10 menit. Tertarik untuk membuatnya?

Langkah pertama, Ibu perlu mengambil satu kepal nasi hangat, lalu isi bagian tengahnya dengan telur dadar yang telah dicincang. Selanjutnya, bentuk nasi menjadi segitiga dan tutup bagian bawahnya dengan rumput laut. Selain menggunakan telur dadar, Ibu juga bisa memakai bahan-bahan lain yang tersedia di kulkas. Pastikan untuk menumis atau mengukusnya terlebih dulu ya, Bu.

Itu dia beberapa menu bekal sederhana yang sering saya siapkan untuk si Kecil. Selain menu di atas, Ibu bisa coba menu sehat lainnya seperti irisan buah-buahan, kentang rebus, dan nugget sebagai bekal untuk persiapan piknik si Kecil. Namun, pastikan menu yang Ibu siapkan mudah dipegang dan dimakan si Kecil, walaupun berada di atas mobil atau kereta, ya. Selamat mencoba!