Whatsapp Share Like
Simpan

Di usia 4 hingga 6 tahun, anak membutuhkan cukup asupan yang kaya nutrisi untuk semua aktivitasnya. Selain bisa didapat dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari, kebutuhan nutrisinya juga bisa didapat dari susu anak. Saat ini susu bubuk sudah memiliki banyak kandungan yang cukup lengkap dan baik untuk tumbuh kembang Anak. Meski begitu, beberapa ibu mengeluhkan bahwa buah hatinya tidak mau minum susu.

Apa Penyebab Anak Tidak Mau Minum Susu?

Seorang Konsultan Laktasi dari Malaysia, Kamariah Alwi, IBCLC, ada beberapa faktor yang menyebabkan anak tidak mau minum susu. Di antara faktor tersebut antara lain:

  1. Warna Susu yang Membosankan

    Bagi beberapa anak, warna susu yang tersaji cenderung membosankan. Berbeda dengan orang dewasa, anak perlu untuk melihat variasi warna makanan untuk mereka kunyah, hirup, dan sebagainya.

  2. Bosan dengan Teksturnya

    Selain bosan dengan warna, Anak juga bisa merasa bosan dengan tekstur dari susu anak yang cair. Saat ia sudah semakin tumbuh besar, anak juga perlu mendapatkan berbagai tekstur makanan, seperti kenyal, empuk, agak keras, lembek, dan lainnya.

  3. Rasanya Kurang Menarik

    Rasa susu bubuk maupun susu segar dirasa kurang menarik bagi anak-anak, karena pilihan rasanya yang terbatas, seperti coklat, stroberi, dan vanila. Sedangkan saat masih minum ASI, anak akan mendapatkan rasa susu sesuai dengan apa yang dikonsumsi ibunya.

    Artikel Sejenis

Agar Anak Mau Minum Susu

Tidak mudah memang untuk menyuruh Anak mau minum susu anak, karena mereka belum mengetahui manfaat yang akan mereka dapatkan jika rutin mengonsumsinya. Untuk mengatasinya, Ibu perlu melakukan beberapa siasat berikut ini:

  • Latih Minum Susu Secara Bertahap

    Ibu tidak boleh langsung memaksa Anak untuk minum susu dalam jumlah yang banyak dan sering, tapi berikan secara bertahap. Misalnya saja untuk awal berikan segelas susu ukuran kecil seminggu sekali saja. Lalu di bulan berikutnya tingkatkan menjadi dua gelas kecil dalam seminggu dan seterusnya. Tingkatkan secara perlahan jumlah dan frekuensinya hingga Anak mulai terbiasa dengan susu dan mau mengonsumsinya segelas setiap hari.

  • Campur dengan Sereal

    Anak-anak biasanya menyukai sereal, jadi Ibu boleh mencampur susu dengan sereal favoritnya. Namun hindari untuk memberikan minuman manis berperisa seperti sirup, soda, dan lainnya. Kandungan gula yang tinggi dalam minuman tersebut dapat membuat anak semakin malas untuk minum susu.

  • Berkreasi dengan Susu

    Jika Anak tidak menyukai susu dalam bentuk asli, Ibu bisa menyiasatinya dengan mengolah susu menjadi hidangan yang enak dan menarik. Contohnya seperti membuat puding susu, kue, biskuit, dan lain sebagainya. Makanan yang mengandung susu bisa dijadikan camilan di sela waktu makannya, sehingga kebutuhan nutrisinya tetap tercukupi.

  • Gunakan Produk Susu Lainnya

    Ibu tidak harus memberikan susu, tapi bisa menggantinya dengan produk berbahan susu lainnya, seperti keju dan yogurt. Keduanya juga kaya akan kandungan yang sama dengan susu, mulai dari kalsium, protein, dan lemak. Keju dan yogurt sangat pas untuk dijadikan camilan anak-anak maupun dicampur dengan makanan atau minuman.

  • Sambil Bermain atau Bercerita

    Ciptakanlah suasana yang menyenangkan saat minum susu. Jika Anak suka bermain, maka Ibu bisa mengajaknya minum susu sambil bermain dengan mainan favoritnya. Jika ia suka membaca, maka ajak ia untuk minum susu sambil membaca buku atau bercerita tentang cerita kesukaannya.

  • Pilih Lokasi yang Seru

    Rasa bosan minum susu anak bisa jadi didapat dari lokasi yang kurang menyenangkan. Untuk itu ibu bisa memilih lokasi yang seru untuk waktu Anak minum susu. Misalnya saja di teras rumah sambil memandang serangga di kebun atau bisa juga sambil naik ayunan di halaman.

Nah, Ibu bisa langsung mencoba tips-tips agar Anak mau minum susu anak di atas, ya. Untuk bisa berhasil mungkin akan membutuhkan waktu, tapi jangan menyerah, Bu. Tetap bersabar dan positive thinking bahwa Anak nantinya akan menyukai susu. Ingatlah bahwa ada banyak sekali manfaat yang sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang buah hati Ibu sebagai pendorong semangat. Apalagi di usia 4 hingga 6 tahun anak sudah memasuki usia pra sekolah di mana mereka akan sangat membutuhkan banyak asupan yang bernutrisi.

Salah satu susu anak yang dapat Ibu pilih adalah susu bubuk Frisian Flag 456 PRIMANUTRI yang tersedia dalam 3 varian rasa yang lezat dan disukai oleh anak yaitu madu, vanilla dan cokelat. Susu ini mengandung zat gizi makro (protein, karbohidrat, dan lemak) serta zat gizi mikro (vitamin dan mineral). Selain itu susu ini juga dilengkapi dengan omega 3 dan 6, minyak ikan, zat besi, serat pangan inulin, serta kalsium yang mendukung anak menjadi Pintar, Kuat dan Tinggi. Rasanya yang enak pun pasti akan sangat disukai Anak, jadi tidak akan ada lagi mogok minum susu.

Sumber: http://ibudanmama.com, https://www.orami.co.id