Share Like
Simpan

 Bukan hanya orang dewasa saja yang dapat dipijat, si Kecil pun dapat dipijat. Melalui pijatan, hubungan antara Ibu dan si Kecil semakin erat. Sentuhan, tatapan dan suara Ibu menjadi ungkapan kasih sayang bagi si Kecil. Selain itu, banyak manfaat positif yang didapat dari pijat bayi seperti:

• Menghilangkan rasa tidak nyaman pada perut. Saat menyusu, terkadang ada udara yang tidak sengaja ikut tertelan dan menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut. Dengan dipijat, dapat membantu mengeluarkan gas dalam perutnya

• Menghilangkan rasa tidak nyaman pada perut. Saat menyusu, terkadang ada udara yang tidak sengaja ikut tertelan dan menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut. Dengan dipijat, dapat membantu mengeluarkan gas dalam perutnya
• Melemaskan otot dan melancarkan peredaran darah, sehingga membuat bayi tidur lebih lelap
• Meningkatkan nafsu makan

Apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum memijat?
• Pilih waktu yang tepat bagi Ibu dan si Kecil, sebaiknya saat si Kecil terjaga dan tidak sehabis menyusu.
• Pastikan ruangan tempat memijat cukup hangat untuknya
• Siapkan minyak untuk memijat, bisa menggunakan minyak telon, baby oil atau baby lotion
• Pastikan kuku Ibu pendek dan tidak mengenakan perhiasan. Bila rambut Ibu panjang, ikatlah terlebih dahulu agar tidak mengganggu proses memijat.
• Cucilah tangan Ibu dengan bersih dan keringkan sebelum memijat


Langkah-langkah memijat bayi
1. Baringkan si Kecil tanpa pakaian di atas matras berhadapan dengan Ibu

Kepala:
Pijat dengan kedua ibu jari. mulai bagian tengah dahi, kearah pelipis dan bagian belakang telinga hingga di atas tengkuk.
Pijat alis si Kecil mulai dari tengah ke arah pelipis
Telusuri ke dua sisi batang hidung hingga mulut dan dagu.
Pijat dengan gerakan melingkar bagian telinga

Leher dan bahu:
Pijat leher bagian samping dengan sangat lembut ke arah bawah menyusuri pundak dan dengan lembut tekan pundak si Kecil dengan kedua tangan Ibu.

 

Lengan dan tangan:
Lingkarkan telunjuk dan ibu jari Ibu pada lengan si Kecil. Telusuri mulai dari ketiak si Kecil ke arah pergelangan tangan. Hati-hati saat melewati siku karena daerah tersebut sangat sensitif. Saat mencapai pergelangan tangan, telusuri punggung jari si Kecil dengan lembut.


Perut
Pijat perut si Kecil dengan arah memutar (hindari bagian alat kelamin). Mulai dari bagian di bawah rusuk, pijatlah dengan gerakan memutar.


Tungkai bawah
Pijat kaki si Kecil dengan tangan Ibu dan tekanlah dengan lembut. Dorong perlahan, sehingga kaki si Kecil menekuk ke arah perut.

 


Telapak kaki:
Tekan perlahan jari kaki si Kecil, telapak kaki dan kembali ke telapak kaki. Buatlah gerakan melingkar pada tumit si Kecil.


Punggung:
Telungkupkan si Kecil. Mulai dengan gerakkan melingkar searah dan perlahan pijat si Kecil mulai dari kepala, punggung hingga kaki. Saat memijat bahu dan punggung, berikan tekanan lembut dengan jari Ibu dan gerakan melingkar seperti menulis huruf ‘O’. Hindari pemijatan daerah tulang belakang.


Perlu Ibu perhatikan agar tenaga / kekuatan Ibu saat memijat si Kecil secukupnya saja. Agar lebih optimal, Ibu bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan pemijat bayi profesional untuk mendapatkan pengarahan yang tepat mengenai pemijatan bayi.