Share Like
Simpan

Pernahkah Ibu berkeinginan untuk bepergian dengan pesawat terbang namun khawatir membawa si Kecil turut serta? Sebenarnya, dengan persiapan yang matang dan beberapa tips, Ibu dan si Kecil dapat merasakan pengalaman menyenangkan selama perjalanan.

• Pastikan si Kecil dalam kondisi sehat
Jika kecil tiba-tiba terserang flu atau infeksi telinga sebelum hari ‘H’ naik pesawat tiba, konsultasikan dan diskusikan kembali rencana perjalanan Ibu dengan dokter, karena perubahan tekanan saat penerbangan bisa memicu atau memperburuk kondisi dan bisa menimbulkan rasa sakit pada si Kecil.

• Pilihlah jadwal penerbangan yang sesuai jadwal tidur si Kecil
Jika memungkinkan, pilihlah penerbangan langsung tanpa transit untuk menghindari kemungkinan pindah pesawat ataupun penundaan waktu terbang pesawat berikut.

• Siapkan tas kecil berisi tisu basah (wipes), pakaian ganti dan popok

• Pilihlah pakaian yang berwarna cerah untuk memudahkan Ibu mencarinya. Ibu juga dapat menuliskan nama si Kecil, nama Ibu, nomor telepon yang dapat dihubungi, nomor penerbangan atau tujuan pada secarik kertas kemudian dijahit atau tempelkan pada pakaiannya, dapat juga berupa gelang plastik seperti di rumah sakit.

• Bawalah pakaian hangat (sweater), selimut sebagai persiapan bila suhu berubah menjadi dingin.

• Jangan lupa membawa air, susu, obat, makanan ringan (snacks) dan mainan.
Ibu bisa membawa mainan-mainan favoritnya atau memberikan surprise dengan membawa mainan baru agar si Kecil tidak bosan. Bungkus mainan baru tersebut dengan kertas kado yang lucu, karena momen membuka kertas kado bisa dijadikan momen pelepas stres si Kecil saat dalam pesawat. Bawakan pula buku cerita, buku mewarnai lengkap dengan pinsil warna dan buku stiker.

• Jangan membawa mainan yang bersuara keras karena dapat mengganggu penumpang lainnya. Mainan yang terdiri dari potongan-potongan kecil sebaiknya tidak dibawa karena bisa tercecer atau hilang.

• Susui si Kecil saat tinggal landas dan mendarat. Hal ini dilakukan untuk mengurangi rasa sakit pada telinga yang disebabkan oleh perubahan tekanan udara saat tinggal landas dan mendarat.

• Saat tiba, biarkan penumpang lain terlebih dahulu karena berdesakan dengan penumpang lain akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi Ibu dan si Kecil.

Selamat menikmati perjalanan Ibu! Semoga dengan tips-tips tadi, perjalanan Ibu dan si Kecil menjadi tenang dan menyenangkan.