Whatsapp Share Like Simpan

Ikan bandeng merupakan salah satu jenis ikan yang mudah ditemukan di Indonesia. Selain rasanya yang gurih dan lezat, ternyata manfaat ikan bandeng juga cukup beragam. Apalagi ikan bandeng termasuk sumber protein hewani yang dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Untuk lebih jelasnya, kita simak manfaat ikan bandeng berdasarkan kandungan nutrisi tertingginya, yuk! 

Manfaat Ikan Bandeng Sesuai Kandungan Nutrisinya

  • Sumber protein hewani

    Seperti yang Ibu ketahui, ikan merupakan salah satu sumber protein hewani berkualitas yang sangat dibutuhkan oleh tubuh si Kecil dalam masa pertumbuhan dan perkembangan. Itulah sebabnya, manfaat ikan bandeng berperan penting terhadap kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil agar lebih prima. 

    Sebab, protein merupakan zat gizi makro yang memiliki fungsi khas, yaitu dapat membangun dan memelihara sel-sel serta jaringan tubuh. Dalam masa tumbuh kembang, banyak sel dan jaringan tubuh si Kecil yang sedang berkembang pesat, terutama di 2 tahun pertama kehidupannya, sehingga membutuhkan asupan sumber protein hewani yang berkualitas seperti ikan bandeng. 

    Tak hanya itu, manfaat ikan bandeng berkat kandungan protein juga berperan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil. Tak heran jika protein hewani merupakan nutrisi yang lebih penting dibandingkan nutrisi lain. Ini karena protein hewani seperti ikan bandeng mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap dibandingkan protein nabati dan jenis nutrisi lainnya. 

    Kehadiran 9 Asam Amino Esensial (9AAE) sangat dibutuhkan karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri. Karena itulah, manfaat ikan bandeng dipercaya dapat mendukung asupan nutrisi si Kecil agar lebih prima. Selain ikan bandeng, asupan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) secara lengkap juga bisa didapatkan dalam susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ dengan jumlah yang tepat dibutuhkan oleh si Kecil dalam masa tumbuh kembang.

    Artikel Sejenis

    Maka dari itu, meskipun manfaat ikan bandeng cukup penting bagi tumbuh kembang, tetapi Ibu juga tetap perlu menyeimbangkan asupan nutrisi dari makanan bergizi lainnya, seperti susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+, daging merah, daging putih, telur, sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, dan lain sebagainya guna meningkatkan kesehatan dan tumbuh kembang anak lebih prima.

  • Asam lemak omega 3

    Selain protein, manfaat ikan bandeng juga bisa didapatkan oleh si Kecil berkat kandungan asam lemak omega 3 yang cukup tinggi di dalamnya. Bahkan, kandungan omega 3 dalam ikan bandeng bisa menyaingi ikan salmon, ikan tuna, maupun ikan tongkol lho. Berkat kandungan omega 3 yang tinggi, manfaat ikan bandeng cukup penting untuk meningkatkan kesehatan dan fungsi otak si Kecil.

    Perlu Ibu ketahui, di 2 tahun pertama kehidupannya, sel-sel otak si Kecil sedang dibentuk dan berkembang secara pesat sehingga membutuhkan asupan bernutrisi tinggi agar dapat berfungsi dengan normal. 

    Maka dari itu, manfaat ikan bandeng hadir sebagai salah satu asupan nutrisi yang dapat dikonsumsi oleh si Kecil, tentunya dengan diimbangi oleh asupan nutrisi lainnya ya, Bu. Manfaat ikan bandeng yang berperan terhadap fungsi otak juga sebenarnya dioptimalkan pula oleh kandungan protein yang tinggi. Sebab, tanpa protein, penyerapan nutrisi lain seperti omega 3 kurang optimal. 

    Ingin fungsi otak dan akal kreatif si Kecil semakin meningkat? Asupan omega 3 dan protein saja tidak cukup, si Kecil perlu asupan omega 6, minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi yang terkandung dalam susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ sehingga kreativitas si Kecil semakin optimal.

    Tak hanya itu lho, Bu, manfaat ikan bandeng berkat kandungan omega 3 juga berperan penting untuk menjaga kesehatan jantung si Kecil. Omega 3 merupakan jenis asam lemak baik yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Kandungan omega 3 dalam manfaat ikan bandeng pun diketahui dapat mengontrol tekanan darah dalam tubuh. 

  • Kalsium

    Manfaat ikan bandeng tak sampai di situ, Bu. Berkat kandungan kalsium yang cukup tinggi, manfaat ikan bandeng sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang maupun gigi si Kecil. Sama seperti otak dan jaringan tubuh lain, tulang dan gigi anak masih akan terus berkembang dan terbentuk. Oleh karenanya, diperlukan asupan kalsium yang mencukupi untuk meningkatkan kesehatan tulang dan gigi. 

    Kekurangan kalsium dalam jumlah yang banyak dan secara terus menerus akan meningkatkan risiko pertumbuhan yang terhambat, menderita kelainan tulang, dan berisiko mengalami osteoporosis di kemudian hari. Ibu pasti tidak ingin kondisi tersebut dialami oleh buah hati, kan? Untuk itu, sebaiknya cukupi asupan kalsium secara tepat.

    Selain dari manfaat ikan bandeng, kebutuhan kalsium bisa didukung dengan asupan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ secara rutin. Ini karena susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ rasa vanila dapat memenuhi kebutuhan kalsium harian si Kecil sekitar 30% sesuai AKG. Bahkan, jika si Kecil terbiasa mengonsumsi susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ sebanyak 3 kali sehari, maka dapat memenuhi kebutuhan kalsium sekitar 90% lho. Dengan begitu, manfaat ikan bandeng dapat dioptimalkan dengan manfaat susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ agar tumbuh kembang si Kecil lebih prima. 

  • Multivitamin

    Selain kandungan protein, asam lemak omega 3, dan kalsium yang tinggi, ikan bandeng juga mengandung beragam vitamin yang penting bagi tubuh si Kecil. Beberapa jenis vitamin yang terkandung dalam ikan bandeng di antaranya vitamin A, vitamin B1, dan vitamin B3. Vitamin A dalam ikan bandeng berperan untuk mendukung kesehatan mata si Kecil. 

    Vitamin A dan lutein dalam manfaat ikan bandeng bekerja sama untuk mencegah risiko penyakit mata, tetapi manfaat ikan bandeng ini akan lebih optimal jika si Kecil mencukupi asupan nutrisi lain, terutama makanan yang tinggi vitamin A dan menjalankan pola hidup sehat. 

    Sedangkan, vitamin B3 dalam ikan bandeng bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan jantung dengan cara meningkatkan kadar kolesterol ‘baik’ (HDL). Sementara itu, manfaat ikan bandeng dari kandungan vitamin B1 berperan penting dalam pembentukan energi. Tubuh si Kecil juga membutuhkan vitamin B1 untuk menjaga fungsi sistem saraf, jantung, dan otot agar berfungsi dengan normal. 

    Tahukah Ibu? Kandungan vitamin-vitamin ini juga bisa si Kecil dapatkan dalam susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ lho. Bahkan, susu bubuk pertumbuhan ini mengandung jenis vitamin lain, mulai dari vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9 (asam folat), vitamin B12, vitamin D3, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. 

  • Mineral lainnya

    Selain kalsium, ikan bandeng juga mengandung beragam mineral lain yang dapat mengoptimalkan kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil. Beberapa mineral yang terkandung dalam ikan bandeng di antaranya kalium, natrium, fosfor, zat besi, zinc, magnesium, dan lain sebagainya. 

    Sama seperti kalsium, beberapa mineral ini saling bekerja sama untuk mendukung kesehatan sel-sel dan jaringan tubuh si Kecil, termasuk kesehatan tulang, gigi, mata, serta memperkuat daya tahan tubuh. Selain itu, mineral seperti zat besi juga berperan penting untuk mencegah anemia yang mungkin saja dialami oleh si Kecil. 

Manfaat ikan bandeng memang cukup beragam ya, Bu? Namun, perlu diingat lagi bahwa asupan ikan bandeng pun harus diimbangi dengan makanan bergizi lainnya. Salah satu asupan bernutrisi yang sebaiknya dikonsumsi oleh anak usia 1-3 tahun adalah susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+.

Seperti yang dijelaskan, susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap. Jika kekurangan asupan 9AAE, maka akan menghambat tumbuh kembang si Kecil lho, Bu. Penelitian dari J.Nutr yang dipublikasi dalam National Center for Biotechnology Information menyebutkan bahwa kekurangan 1 jenis dari 9 Asam Amino Esensial (9AAE) akan menghambat tumbuh kembang anak sebanyak -34%. Bahkan, kekurangan semua jenis 9 Asam Amino Esensial (9AAE) akan menghambat tumbuh kembang anak sebanyak -50%. Ibu pasti tidak ingin hal ini dialami oleh si Kecil, kan? Untuk itu, cukupi asupan nutrisinya dari susu, ikan, dan beragam jenis makanan bergizi seimbang lainnya, ya!

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz