Share Like
Simpan

Tahukah Ibu, salah satu kekhawatiran saya ketika melatih anak berpuasa adalah si Kecil mengalami dehidrasi. Apakah Ibu merasakan kekhawatiran serupa? Oleh karena itu, supaya Ibu lebih tenang melatih si Kecil berpuasa, simak tips mencegah dehidrasi bagi si Kecil berikut ini, Bu!

1. Selingi Pemberian Air Putih dengan Jus Buah Buatan Sendiri

Ada kalanya si Kecil bosan meminum air putih. Oleh sebab itu, Ibu bisa memberikan jus buah buatan sendiri sebagai selingan. Selain rasanya yang segar, jus buah juga mengandung beragam vitamin dan serat alami, sehingga mampu memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil. Supaya jus alami buatan Ibu tetap aman bagi kesehatan si Kecil, batasi jumlah gula yang ditambahkan ke dalam campuran jus ya, Bu.

2. Beri si Kecil Buah yang Mengandung Banyak Cairan

Saat berbuka, makan malam, atau sahur, Ibu juga bisa memberikan si Kecil buah-buahan yang mengandung banyak cairan, seperti jeruk, semangka, blewah, dan sebagainya. Ibu bisa menyajikannya sebagai camilan sehat. Hal ini pasti membuat si Kecil lebih semangat berpuasa.

3. Alihkan Kegiatan Olahraga ke Sore Hari

Jika si Kecil biasanya aktif berolahraga pada pagi atau siang hari, Ibu bisa mengajaknya berolahraga pada sore hari di bulan Ramadan ini. Iya Bu, sore menjelang berbuka menjadi waktu yang tepat untuk berolahraga. Selain si Kecil tak perlu menunggu lama untuk berbuka, intensitas cahaya matahari sudah berkurang sehingga si Kecil terhindar dari dehidrasi.

4. Jadwalkan Waktu Minum si Kecil

Waktu makan dan minum yang sempit juga menjadi salah satu penyebab si Kecil kekurangan cairan. Oleh karena itu, supaya si Kecil minum secara teratur, Ibu bisa menjadwalkan kapan saja si Kecil harus minum air putih. Ibu juga bisa meminta si Kecil untuk menghabiskan air putih yang telah Ibu siapkan.

5. Berikan si Kecil Susu Saat Sahur

Susu mengandung mineral, protein, karbohidrat, kalsium, dan elektrolit yang mampu mengatasi dehidrasi. Memberikan susu pada si Kecil saat sahur bisa membantunya mencegah dehidrasi, Bu. Ibu bisa memberikan Frisian Flag Karya yang lengkap dengan kandungan kalsium, Vitamin D3, Vitamin A, dan nutrisi lainnya. Varian rasa madu, cokelat, dan vanila membuat pengalaman minum susu si Kecil di waktu sahur terasa makin menyenangkan.

Nah, mudah bukan Bu, melatih anak berpuasa sembari menjaga agar cairan tubuhnya terpenuhi? Jadi, selamat berpuasa bersama si Kecil!