Whatsapp Share Like
Simpan

Apakah si Kecil sudah masuk masa libur sekolah, Bu? Jika iya, ajak ia jalan-jalan ke kebun binatang, yuk! Saya jadi ingat ketika pertama kali mengajak si Kecil ke kebun binatang, ia semangat sekali melihat berbagai jenis hewan yang hanya pernah ia lihat di buku ceritanya dan televisi saja. Selain memperkenalkan berbagai jenis hewan, kebun binatang juga bisa menjadi tempat menyenangkan untuk bermain sambil belajar. Lalu, hal apa saja yang si Kecil pelajari selama di tempat wisata ini? Yuk, simak selengkapnya! 

1. Menambah Kosakata si Kecil

Bu, ketika mengunjungi kebung binatang, coba jelaskan nama dan keunikan dari hewan yang dijumpai. Dengan begitu, secara tidak langsung si Kecil akan menemukan banyak kosa kata baru yang belum pernah ia dengar sebelumnya.

2. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep

Selain menambah kosa kata baru, mengunjungi kebun binatang juga bisa menjadi cara efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahanan konsep si Kecil. Ini dikarenakan di kebun binatang, si Kecil akan melihat beragam hewan dengan perilaku yang  berbeda-beda, sehingga kemampuan akan pemahaman konsepnya pun lebih terbentuk.

Artikel Sejenis

3. Mengatasi Rasa Takut

Bu, merupakan hal yang wajar ketika si Kecil memiliki ketakutan terhadap hewan-hewan tertentu. Nah, ini merupakan kesempatan yang tepat untuk mengajarkan si Kecil mengatasi rasa takut tersebut. Caranya mudah, Ibu hanya perlu menjelaskan bahwa hewan itu tidak akan menyerang selama tidak merasa terancam.

Misalnya, ketika si Kecil takut untuk mengelus gajah, Ibu bisa mebujuknya dengan memberi contoh dan berkata “Tidak perlu takut, Nak. Lihat, kalau Ibu sayang ia tidak akan menyerang.” Namun, jika si Kecil tetap menolak, sebaiknya tak perlu dipaksa ya, Bu. 

4. Mendorong Pentingnya Kesadaran Lingkungan

Melakukan kegiatan rekreasi alam seperti ini dapat mengajarkan si Kecil akan pentingnya menjaga lingkungan. Itu sebabnya, selama di kebun binatang, saya  coba menjelaskan pengaruh lingkungan terhadap habitat hewan-hewan yang ia jumpai.

Sebagai contoh, ketika melewati area lumba-lumba, coba jelaskan pada si Kecil bahwa banyak manusia sering buang sampah plastik ke laut. Alhasil, banyak lumba-lumba yang akhirnya tersedak sampah dan mati. Dengan begitu, si Kecil akan lebih mengerti pentingnya menjaga lingkungan dengan tidak buang sampah sembarangan.

Itu dia beberapa hal yang bisa si Kecil dapatkan selama bermain sambil belajar di kebun binatang. Tertarik untuk mengajak si Kecil liburan ke kebun binatang dalam waktu dekat ini? Jangan ragu untuk berpendapat pada kolom komentar di bawah ini, ya!