Share Like
Simpan

Selamat pagi, Bu! Sedang sibuk apa hari ini? Bermain bersama si Kecil memang menyenangkan, ya. Apalagi, ketika aktivitas tersebut dilakukan di alam terbuka, seperti pantai, pegunungan, atau perkebunan. Wah, pasti seru sekali!

Sayangnya, di era digital seperti sekarang, anak-anak lebih sering bermain gadget di dalam kamar dari pada ke luar rumah. Padahal, kini banyak tempat wisata edukatif untuk si Kecil belajar dan bermain, lho.

Saya jadi ingat, waktu si Kecil masih duduk di bangku kelas 1 SD, dia selalu bersemangat setiap kali saya ajak ke Puncak untuk rekreasi. Ternyata, bermain di alam terbuka itu tidak cuma seru, tapi juga banyak manfaat edukatifnya, Bu.

Misalnya, saat dia sedang menyusuri peternakan sapi. Di sana, dia jadi belajar kalau susu yang sering dia minum diproses melalui beberapa tahapan, dimulai dari pemerahan, penyaringan, hingga pendinginan.  Sekarang Ibu bisa lihat, dia tidak hanya bersenang-senang, tapi juga dapat ilmu, kan?

Nah, untuk mengetahui manfaat lainnya, berikut ini adalah beberapa alasan pentingnya belajar dan bermain di alam terbuka yang perlu Ibu ketahui:

  • Menghilangkan Kejenuhan

Aktivitas monoton yang dilakukan si Kecil di dalam rumah pasti membuatnya jenuh, Bu. Oleh sebab itu, ajaklah dia bermain dan belajar di alam terbuka yang sejuk  saat akhir pekan. Hal-hal baru yang dia temukan di tempat baru akan membuatnya semakin bersemangat dan selalu tersenyum.

  • Menjadi Sarana untuk Bersosialisasi

Memasuki usia 6 tahun, si Kecil sudah seharusnya bersosialisasi dengan orang lain. Ajak dia berpartisipasi dalam segala kegiatan bersama dengan teman-teman sebayanya di alam terbuka, misalnya berkemah. Jadi, si Kecil tidak hanya bereksplorasi dengan alam, tapi juga belajar untuk bekerja sama dengan orang lain.

  • Memperkuat Ketahanan Fisik

Si Kecil akan lebih leluasa bergerak di alam terbuka. Banyak riset menyebut fakta bahwa anak-anak harus terlibat dalam beragam aktivitas di luar ruangan, agar ketahanan fisik dan perkembangan otaknya semakin meningkat. Ibu bisa mengajaknya bersenang-senang, seperti bermain bola di pinggir pantai.

  • Meningkatkan Kreativitas

Mengajak si Kecil untuk melukis di alam terbuka merupakan ide yang bagus untuk meningkatkan kreativitasnya. Biarkan dia berekspresi dengan melukis keindahan alam seperti pegunungan atau pantai, saat berlibur ke tempat-tempat tersebut.

  • Mengendalikan Emosi

Belajar dan bermain di alam terbuka bisa melepaskan tekanan emosi si Kecil. Segala aktivitas di area yang asri dan sejuk akan memberinya energi positif. Dengan begitu, kecendrungan dia untuk kesal, marah, atau sedih akan berkurang dengan sendirinya.

  • Merangsang Kecerdasan Otak

Alam terbuka merupakan sarana luas bagi si Kecil untuk belajar tentang segala hal.  Eksplorasi tersebut bisa meningkatkan rasa ingin tahunya terhadap berbagai aspek kehidupan yang baru dia temui. Misalnya, dengan menyusuri kebun teh di sore hari, dia bisa mengenali asal-usul dari teh yang sering dia minum.

  • Mencegah Rabun Jauh

Kegiatan di luar rumah, apalagi di alam terbuka sangat bagus untuk penglihatan si Kecil. Sebuah penelitian yang dilakukan Cambridge University membuktikan, bahwa kegiatan di luar ruangan dapat mencegah anak-anak terkena rabun jauh. Selain itu, paparan cahaya alami di alam terbuka juga mempengaruhi peningkatan penglihatan mereka.

Wah, ternyata banyak sekali manfaat yang diperoleh si Kecil lewat belajar dan bermain di alam terbuka. Semoga informasi tersebut bisa menginspirasi ya, Bu! Selamat bermain bersama si Kecil!