Whatsapp Share Like
Simpan

Saya ingin berbagi cerita, Bu. Sejak beberapa minggu lalu, si Kecil mulai bertanya nama-nama buah yang saya siapkan untuknya. Melihat si Kecil sangat tertarik dengan buah-buahan, saya pun memanfaatkan hal ini sebagai aktivitas permainan edukasi untuknya. Dari artikel online yang saya baca, ternyata kegiatan ini juga memberikan banyak manfaat bagi tumbuh kembangnya lho, Bu. Lalu, manfaat apa sajakah yang dimaksud? Simak ulasannya sama-sama, ya!

1. Mengenal Warna

Warna buah bisa jadi cara mendidik anak yang menyenangkan untuk memperkenalkan warna, Bu. Sebagai contoh, saya sering memperlihatkan apel merah, jeruk mandarin yang berwarna oranye, dan anggur hijau. Dengan begitu, si Kecil bisa mulai membedakan warna dengan cara sederhana. Misalnya, buah yang berwarna oranye adalah jeruk, sedangkan buah berwarna hijau adalah anggur.

2. Mengenal Bentuk

Bu, selain mengenal warna, si Kecil juga bisa belajar perbedaan bentuk lewat media buah-buahan. Carilah jenis buah-buahan yang memiliki bentuk sangat berbeda. Sebagai contohnya, saya sering menggunakan buah semangka dan pisang. Cara ini akan memudahkan si Kecil membedakan antara bentuk bulat dan lonjong.

3. Mengenal Ukuran

Nah, untuk mengasah kemampuan berpikir si Kecil, Ibu bisa mulai mengajak ia belajar mengenal ukuran. Sebagai contoh, Ibu bisa memberikannya buah stroberi dan jeruk. Lalu, pinta si Kecil untuk menggenggam jeruk di tangan kanannya dan stroberi di tangan kirinya. Umumnya, tangan mungil si Kecil masih sulit menggenggam barang berukuran besar. Nah, ketika si Kecil menjatuhkan buah jeruk yang ada pada tangan kanannya, tanpa disadari ia akan belajar bahwa ukuran jeruk lebih besar dibandingkan stroberi.

4. Mengenal Aroma

Bu, ketika memasuki usia 1 tahun, si Kecil sudah mulai bisa membedakan aroma. Ini saatnya bagi Ibu untuk mengasah indra penciuman si Kecil dengan cara mengajaknya mengingat aroma buah-buahan. Ibu bisa memberikan buah yang beraroma segar seperti jeruk dan mangga, maupun beraroma menyengat seperti durian.

5. Melatih Indra Pengecap

Saya jadi ingat ketika si Kecil berumur 1 tahun, saya pernah mengajak si Kecil mencoba jeruk nipis. Baru sekali jilat, wajahnya langsung berkerut karena rasa buah yang masam. Selain bisa melihat ekspresi menggemaskan si Kecil, cara ini juga dapat melatih indra pengecap si Kecil. Ibu juga bisa bereksperimen dengan buah lain dengan varian rasa yang berbeda, seperti melon yang manis, dan sebagainya.

Ternyata, selain menyehatkan, buah-buahan juga bisa digunakan sebagai salah satu media permainan edukasi yang efektif dan menyenangkan ya, Bu. Yuk, mulai kenalkan berbagai jenis buah-buahan pada si Kecil!