ASI merupakan asupan nutrisi yang utama meski pemberian ASI pada kondisi tertentu tidak memungkinkan, sehingga si Kecil perlu diberikan susu bayi yang bagus. Meski begitu, Ibu tetap perlu berupaya agar produksi dan nutrisi ASI dapat optimal, Ibu menyusui harus rutin mengonsumsi asupan bernutrisi dengan baik, seperti susu Frisian Flag PRIMAMUM untuk dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil yang dilengkapi DHA dan 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya serta 9 nutrisi penting untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh ibu dengan rasa cokelat yang lezat dan pasti disukai Ibu.

Banner Register
Banner AKP
Banner Register
Banner Pop Up

Jika Ibu mengalami kondisi yang tidak memungkinkan untuk memberikan ASI kepada si Kecil, pastikan susu formula yang Ibu pilih mengandung nutrisi penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil.

Susu bayi yang bagus harus mampu membantu si Kecil tumbuh cermat dan kuat. Simak apa saja kandungan yang harus ada dan tips memilihnya berikut ini, Bu.

Tips Memilih Susu Bayi yang Bagus

Memilih susu bisa menjadi tantangan tersendiri. Tips memilih susu formula bagi bayi yang tidak memungkinkan diberikan ASI adalah dengan memerhatikan kandungan nutrisinya.

Berikut ini beberapa kandungan susu bayi yang harus Ibu perhatikan dengan cermat:

Artikel Sejenis

  1. Cek Kandungan Lemak
  2. Coba cek kandungan nutrisi pada label kemasan susu yang Ibu pilih. Susu bayi yang bagus harus mengandung lemak dengan porsi yang paling besar. Lemak berfungsi sebagai sumber energi atau kalori yang utama bagi bayi.

    Di dalam susu bayi disarankan terdapat kurang lebih 200 jenis asam lemak dan 80% diantaranya merupakan polyunsaturated fatty acid (PUFA) atau lebih dikenal sebagai asam lemak tak jenuh ganda.

    Menurut penelitian, kandungan PUFA tersebut berkaitan dengan fungsinya untuk membantu perkembangan mental pada bayi.

  3. Cek Kandungan Protein
  4. Susu bayi yang bagus tentunya harus mengandung protein, karena nutrisi ini memiliki banyak manfaat untuk mengoptimalkan proses tumbuh kembang si Kecil.

    Pada susu bayi, jenis proteinnya adalah protein whey yang mempunyai ukuran molekul lebih kecil. Sifatnya yang mudah dicerna akan membantu kinerja pencernaan bayi yang masih belum sempurna.

    Fungsi dari protein di dalam susu bayi diantaranya bagus untuk perkembangan otak, memperbaiki daya tahan tubuh, menyempurnakan fungsi pencernaan, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, dan mengoptimalkan pertumbuhan.

    Protein juga bisa didapatkan dari susu Frisian Flag PRIMAMUM yang mengandung 9 Asam Amino Esensial yang berfungsi baik untuk kesehatan Ibu dan tumbuh kembang janin.

  5. Pastikan Mengandung Karbohidrat Tinggi
  6. Susu bayi yang bagus juga harus mengandung karbohidrat. Supaya sesuai dengan pencernaan bayi, maka karbohidrat tersebut berbentuk laktosa (gula susu) yang menjadi sumber energi.

    Pada bayi yang intoleransi laktosa, sistem pencernaannya tidak mampu mencerna laktosa. Si Kecil pun akan sering mengalami mual, nyeri perut, dan diare. 

    Sebaiknya Ibu berhati-hati dalam memilih susu. Pilihlah yang tidak mengandung laktosa agar lebih aman bagi pencernaannya. Karbohidrat sebagai sumber energi juga bisa didapatkan dalam susu Frisian Flag PRIMAMUM.

  7. Tinggi DHA
  8. Susu bayi yang bagus juga sebaiknya mengandung DHA ya, Bu. DHA (Docosahexaenoic Acid) adalah jenis asam lemak tak jenuh yang berperan penting untuk kecerdasan otak.

    DHA juga berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan mata, dan membentuk jaringan saraf. Susu yang tinggi DHA akan membantu tubuh si Kecil lebih kebal terhadap serangan penyakit.

    Kandungan DHA bisa Ibu dapatkan juga dari susu Frisian Flag PRIMAMUM yang mengandung 34 mg DHA.

    Baca juga: 9 Kandungan Susu Bayi yang Dibutuhkan untuk Tumbuh Kembang

  9. Pastikan Mengandung Zat Besi
  10. Zat besi adalah nutrisi yang sebaiknya ada di dalam susu bayi yang bagus karena berperan dalam proses pembentukan energi serta membantu proses peredaran oksigen dari paru-paru ke jaringan.

    Jika kekurangan zat besi, si Kecil berisiko kekurangan sel darah merah yang dapat menyebabkan tubuhnya mudah lemas.

  11. Mengandung Prebiotik FOS
  12. Untuk mendukung sistem kekebalan tubuh bayi yang masih sangat lemah, isi Kecil membutuhkan nutrisi prebiotik frukto oligosakarida (FOS) untuk memperkuat sistem kekebalan tubuhnya.

    Prebiotik FOS tergolong sebagai karbohidrat yang membantu memperkuat sistem imun, menstimulasi produksi bakteri baik Bifidobacteria di dalam usus besar, menurunkan kadar bakteri jahat penyebab penyakit, serta memperlancar sistem pencernaan.

  13. Memiliki Kandungan Kalsium
  14. Kalsium diperlukan untuk memperkuat gigi dan tulang bayi agar tidak mudah keropos. Kalsium juga harus dipastikan ada dalam susu bayi yang bagus, karena fungsinya mengantarkan transmisi impuls sel saraf dan membekukan darah.

  15. Cek Kandungan Fosfor
  16. Supaya bekerja dengan lebih baik, kalsium akan membutuhkan dukungan dari fosfor yang memiliki peranan untuk menyeimbangkan asam basa tubuh.

    Proses tersebut nantinya akan membantu pembentukan tulang dan gigi agar lebih kuat. Saat fosfor bertemu dengan kalsium, keduanya akan membentuk kalsium fosfat yang bermanfaat untuk membentuk tulang dan gigi yang kuat.

  17. Kaya Vitamin D
  18. Susu bayi yang bagus juga harus memiliki kandungan vitamin D. Ibu pasti sudah familiar dengan fungsinya yang sangat baik untuk tulang, bukan? Memberikan asupan vitamin D yang cukup akan memperkecil risiko penyakit tulang.

    Misalnya, penyakit rakhitis yang merupakan kelainan pada tulang yang menyebabkan tulang menjadi lunak dan lemah, sehingga akan berpengaruh pada pertumbuhan dan membuat tulang menjadi berubah bentuk.

Sebagai tambahan tips memilih susu formula bagi bayi, penting untuk membaca label kemasan untuk melihat kandungan nutrisinya agar Ibu dapat memilih susu yang bagus untuk bayi.

Baca juga: Takaran Susu Bayi yang Tepat Sesuai Usia dan Berat Badan

Manfaat Susu untuk Tumbuh Kembang

manfaat susu untuk tumbuh kembang - ibudanbalita

Susu merupakan salah satu asupan penting bagi bayi, baik ASI maupun susu pengganti ASI. Kandungan nutrisi susu yang lengkap berpengaruh terhadap proses tumbuh kembang si Kecil, terutama di periode emas kehidupannya. 

Berikut ini beberapa manfaat susu yang bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan si Kecil:

  1. Sumber Energi
  2. Manfaat susu yang paling utama bagi bayi yaitu menjadi sumber energi. Bayi membutuhkan energi untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti menyusu, bergerak, dan bereksplorasi.

    Susu merupakan sumber energi yang baik bagi bayi karena mengandung karbohidrat, protein, dan lemak. Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh, sedangkan protein dan lemak juga merupakan sumber energi yang penting.

  3. Mendukung Pertumbuhan Tulang dan Gigi
  4. Susu merupakan sumber kalsium yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada anak-anak. Selain kalsium, kandungan fosfor dalam susu juga berperan penting dalam pembentukan tulang dan gigi yang kuat.

  5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
  6. Susu mengandung berbagai macam nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh bayi, salah satunya kandungan protein yang tinggi.

    Kandungan protein dapat membantu proses pertumbuhan dan perkembangan anak, memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, serta membantu memperkuat sistem imun tubuh si Kecil. 

  7. Mendukung Perkembangan Otak
  8. ASI maupun susu formula biasanya dilengkapi dengan kandungan DHA yang merupakan nutrisi penting untuk perkembangan otak. DHA berperan dalam meningkatkan fungsi kognitif, seperti memori, belajar, dan konsentrasi.

  9. Menjaga Kesehatan Pencernaan
  10. Manfaat susu yang berikutnya adalah membantu pertumbuhan bakteri baik di usus. Susu mengandung probiotik yang merupakan bakteri baik yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Meskipun ada banyak manfaat susu bayi yang bagus untuk tumbuh kembangnya, susu hanyalah asupan tambahan. Ibu tetap harus berusaha untuk memberikan ASI karena tidak ada nutrisi lain yang dapat menandingi hebatnya nutrisi di dalam ASI. 

Bagi bayi yang sudah berusia 6 bulan ke atas juga harus sudah mulai diberikan MPASI yang kaya nutrisi ya, Bu. Agar produksi ASI meningkat baik dalam jumlah maupun kualitasnya, Ibu harus mendapatkan energi tambahan sebanyak 500 kalori setiap harinya (AKG 2019) begitu juga dengan protein dan nutrisi penting lainnya.

Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu menyusui yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak si Kecil, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya serta 9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, Omega-3 (ALA), Omega-6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu selama periode menyusui dan mendukung produksi ASI.

Frisian Flag PRIMAMUM adalah susu ibu menyusui untuk dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil yang dilengkapi DHA, 9 Asam Amino Esensial (AAE) serta 9 nutrisi penting untuk kebaikan Ibu dan si Kecil selama periode menyusui. Dua gelas Frisian Flag PRIMAMUM mengandung energi sebanyak 360 kalori, DHA 68 mg, protein 18 gram dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang disesuaikan dengan tambahan nutrisi yang dibutuhkan ibu selama menyusui si Kecil. Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin.

Namun, jika Ibu atau si Kecil mengalami kondisi yang tidak memungkinkan pemberian ASI, Ibu bisa memberikan susu pendamping ASI sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan ya, Bu. Pastikan Ibu memilih susu yang mengandung 9 protein asam amino esensial lengkap dan tinggi DHA, karena protein adalah komponen yang penting untuk mendukung tumbuh dan kembang bayi ya, Bu!

Untuk mencukupi kebutuhan gizi harian si Kecil secara tepat, ada baiknya Ibu menggunakan fitur Kalkulator Gizi dari Akademi Keluarga Prima. Pemberian gizi yang tepat dan adekuat sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang si Kecil. Jadi, langsung cobain fiturnya sekarang juga ya, Bu.

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan bergabung sebagai member Ibu dan Balita, Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Yuk, daftar sekarang!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.