Whatsapp Share Like
Simpan

Menunggu waktu berbuka puasa biasanya akan membuat anak-anak merasa bosan. Jika sudah begini, ia bisa saja merengek untuk minta cepat berbuka. Nah, untuk mengusir rasa bosan tersebut, ajak ia untuk menyiapkan menu buka puasa yuk, Bu. Tentunya agar anak lebih bersemangat untuk membantu, pilihlah menu yang anak sukai. Berikut ini ada beberapa ide menu buka puasa untuk anak yang lezat dan bergizi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tumbuh kembangnya:

1. Puding Buah

Buah hati susah makan buah? Siasati saja dengan menyulapnya menjadi puding, Bu. Dengan rasanya yang manis dan menyegarkan serta teksturnya yang lembut, menu buka puasa yang satu ini pasti akan sangat disukai oleh anak-anak. Puding buah juga sangat menyehatkan lho, karena didalamnya terkandung aneka vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

2. Sup Ayam & Sayuran

Menikmati waktu berbuka rasanya akan lebih nikmat dengan makanan berkuah yang hangat ya, Bu. Dalam hal ini, sup ayam dan sayuran merupakan pilihan yang praktis untuk dibuat sekaligus disukai oleh anak-anak. Sup ini sudah mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh dan kesehatan anak, mulai dari protein, lemak, vitamin, dan mineral. Nikmati sup ayam dan sayuran bersama nasi hangat, buah hati pun pasti akan makan dengan lahap.

3. Pisang Bakar Keju Madu

Untuk cemilan anak, Ibu boleh memilih menu makanan manis seperti pisang bakar keju madu. Termasuk ke dalam menu yang sederhana, tapi makanan ini mengandung cukup banyak nutrisi lho, Bu. Diantaranya ada karbohidrat, air, dan serat sehingga baik untuk sistem pencernaan anak.

Ditambah dengan topping keju akan memberikan tambahan protein dan kalsium yang sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak. Sedangkan tambahan topping madu murni adalah sebagai pemanis alami sekaligus untuk meningkatkan sistem imun anak agar tidak mudah sakit saat puasa.

Artikel Sejenis

4. Bento

Bento merupakan istilah dari Jepang untuk makanan bekal di dalam kotak yang terdiri dari nasi, lauk pauk, sayur, dan buah. Makanan ini menjadi salah satu favorit anak-anak karena tampilannya yang terlihat menarik dan menggugah selera. Untuk membuatnya lebih menarik lagi, kreasikan menu di dalamnya menjadi bentuk yang lucu dan beri hiasan tambahan. Dengan menu ini, gizi anak akan tetap terpenuhi tanpa adanya rasa bosan.

5. Bihun Goreng Seafood

Kebanyakan anak suka sekali dengan mi ya, Bu. Mi bisa menjadi pilihan pengganti nasi karena sudah mengandung karbohidrat. Salah satu jenis mi yang bisa Ibu pilih adalah bihun jagung. Selain enak dan bisa dikreasikan menjadi aneka jenis masakan, bihun jagung juga kaya nutrisi, karena sudah mengandung protein, serat, natrium dan betakaroten.

Cobalah kreasi bihun jagung goreng seafood yang memiliki rasa gurih dan manis. Menu buka puasa ini pasti akan sangat menggugah selera anak-anak. Tambahkan dengan aneka sayuran agar kandungan nutrisinya makin lengkap ya, Bu.

6. Macaroni Schotel Panggang

Menu yang satu ini dijamin akan menjadi salah satu favorit anak-anak untuk berbuka puasa. Macaroni schotel panggang memiliki cita rasa yang gurih, creamy, dan lezat. Makaroni termasuk jenis makanan yang kaya nutrisi. Didalamnya sudah terkandung protein, karbohidrat, dan lemak.

Macaroni schotel bisa dicampur dengan berbagai jenis bahan makanan lainnya, seperti daging cincang, keju, susu, dan telur. Bisa dibayangkan bukan bagaimana rasanya? Anak pasti ingin tambah terus nih, Bu.

7. Spaghetti Udang Brokoli

Ada lagi nih menu buka puasa andalan para ibu, yaitu spaghetti udang brokoli. Dikarenakan spaghetti adalah pasta, maka didalamnya sudah ada kandungan karbohidrat, rendah kalori, serta tinggi serat sehingga merupakan pilihan yang baik untuk anak-anak.

Kreasikan spaghetti dengan udang dan brokoli untuk melengkapi nutrisinya, Bu. Dari sini, anak akan mendapatkan protein, lemak, vitamin A dan E, kalsium, potassium, zinc, zat besi, serta fosfor yang sangat dibutuhkan di masa tumbuh kembangnya.

8. Salad Buah

Makanan ini sekarang sedang tren di kalangan anak muda, Bu. Rasanya yang enak, bergizi, dan menyegarkan juga bisa lho dijadikan menu buka puasa untuk anak. Campurkan potongan beberapa jenis buah ke dalam mangkuk, tambahkan plain yogurt, lalu aduk merata. Biar lebih nikmat, boleh ditambah dengan parutan keju. Manis dari buah, asamnya yogurt, dan gurihnya keju akan membuat buka puasa anak terasa sangat nikmat.

Semuanya terlihat lezat ya, Bu, untuk dihidangkan sebagai menu buka puasa anak dan keluarga. Saat puasa Ibu harus lebih memperhatikan asupan nutrisi anak agar ia tetap semangat puasa sekaligus untuk meningkatkan sistem imunnya.

Kebutuhan nutrisi anak selama puasa juga bisa tercukupi dengan memberikan susu Frisian Flag 456 PRIMANUTRI, karena didalamnya sudah terkandung banyak nutrisi. Diantaranya ada protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral serta omega 3 dan 6, selenium, zat besi, kalsium, prebiotik inulin, dan zinc. Selamat mencoba kreasi menu berbuka di atas dan selamat menjalankan ibadah puasa, Bu.

Bagi Ibu yang masih memiliki pertanyaan dan ingin berkonsultasi seputar anak, bisa berkunjung ke laman Tanya Pakar ya, Bu. Di sana ada para ahli yang akan membantu Ibu. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, pastikan Ibu sudah registrasi terlebih dahulu.

Sumber:

SchoolOfParenting