Whatsapp Share Like
Simpan

Memasuki usia 1 tahun, otak anak akan berkembang dengan cepat. Ia selalu ingin tahu, semakin aktif, dan mampu mengekspresikan emosinya. Masa ini pun menjadi waktu yang tepat untuk merangsang kecerdasannya. Tidak boleh dengan sembarang cara, Ibu harus melakukannya dengan cara yang menyenangkan. Tujuannya agar lebih mudah masuk ke otak si Kecil dan ia juga tidak akan mudah bosan. Bagaimana caranya? Yuk, praktikkan delapan cara menyenangkan untuk merangsang kecerdasan anak usia 1 tahun berikut ini:

Mencocokkan Gambar dan Suara Hewan

Mempelajari nama-nama hewan merupakan salah satu kegiatan dasar untuk dikenalkan pada anak usia 1 tahun. Cara mudah untuk mengenalkan aneka jenis hewan adalah melalui gambar. Beri tahu nama hewan satu persatu sambil menunjukkan gambarnya. Cara ini sangat berguna untuk melatih daya ingat si Kecil.

Selain gambar, beritahukan juga suara yang dimiliki oleh hewan tersebut untuk mengembangkan imajinasinya. Jika sudah sering dilakukan dan ia mulai hafal, Ibu bisa mengganti metode bermainnya. Tanyakan nama seekor hewan dan minta ia untuk menunjukkan jawabannya pada gambar-gambar hewan yang telah Ibu sediakan beserta suaranya.

Mengenal Aneka Bentuk

Untuk merangsang kecerdasan anak usia 1 tahun, Ibu juga bisa memperkenalkan aneka bentuk dan ukuran. Sebagai permulaan, Ibu bisa menggambar berbagai macam bentuk dan memberitahukan namanya. Secara bertahap, cobalah untuk menggunakan benda-benda di sekitar untuk menggambarkan nama-nama bentuk. Misalnya saja pintu berbentuk persegi panjang, bola berbentuk bulat, piring berbentuk lingkaran, dan sebagainya.

Membandingkan Ukuran Benda

Si Kecil juga perlu tahu tentang konsep perbandingan ukuran. Ada ukuran besar, kecil, dan juga sedang. Untuk membuatnya mudah dan menyenangkan untuk anak, pakailah contoh dari mainan-mainan yang ia miliki. Misalnya saja dengan meletakkan dua mainan yang berbeda ukuran di atas meja, lalu minta ia untuk mengambil ukuran yang lebih kecil.

Artikel Sejenis

Bepergian Sambil Mengenali Lingkungan

Cara sederhana tapi sangat efektif dalam merangsang kecerdasan anak usia 1 tahun bisa dengan berjalan santai sambil mengenali lingkungan sekitar. Pada pagi atau sore hari Ibu bisa mengajaknya berkeliling sekitar rumah dan tunjukkan ada apa saja di sana. Ajak juga si Kecil untuk pergi ke tempat-tempat umum, seperti supermarket, restoran, bank, mall, dan lainnya.

Saat berada di suatu tempat, Ibu ceritakan mengenai nama tempat tersebut, fungsi, profesi yang bekerja di tempat itu, dan ada apa saja di sana. Cara ini dapat membuat si Kecil mengolah apa yang Ibu katakan sehingga kemampuan otaknya pun berkembang.

Membaca Buku Bersama

Buku adalah jendela dunia. Untuk itulah kebiasaan membaca buku perlu ditanamkan sejak kecil. Dengan membaca, si Kecil akan mendapatkan banyak manfaat. Diantaranya adalah menambah kosakata, meningkatkan daya imajinasi, menambah ilmu, meningkatkan kemampuan berpikir, dan masih banyak lagi. Pilihlah buku dengan banyak gambar berwarna-warni atau buku yang memiliki fitur timbul (pop up). Ceritakan isi dari buku dengan suara dan ekspresi wajah yang lucu agar ia lebih tertarik. Sambil bercerita, Ibu juga boleh memberikan pertanyaan tentang warna dan nama dari tokoh yang ada di dalam buku tersebut.

Mengenal Ekspresi Wajah

Si Kecil juga perlu untuk mengenal ekspresi wajah lho, Bu. Kegiatan semacam ini akan membantu anak dalam memahami jenis-jenis emosi serta melatih kepekaannya dalam menilai emosi orang lain. Cara melakukannya adalah dengan menunjukkan ekspresi wajah tertentu, lalu jelaskan sebutan dari ekspresi tersebut. Setelah itu mintalah ia untuk menirukannya. Misalnya saja cemberut artinya menunjukkan ekspresi marah, tersenyum artinya senang, menangis berarti sedih, dan seterusnya. Perlahan-lahan, ia pun akan mengingat sebutan yang dipakai untuk mengungkapkan setiap ekspresi wajah.

Membangun Objek dengan Lego

Tingkatkan kreativitas si Kecil dengan Lego yuk, Bu. Melalui permainan ini, si Kecil dapat berimajinasi untuk membuat banyak objek, seperti gedung, jembatan, rumah, maupun hewan. Tak hanya itu saja, Lego ternyata masih memiliki banyak manfaat lainnya, lho. Mulai dari mengenal aneka warna, bentuk, dan ukuran, melatih koordinasi tangan-mata, melatih kemampuan motorik, mengembangkan kemampuan bahasa, hingga meningkatkan kecerdasan spasial dan kemampuan problem solving.

Berkreasi dengan Plastisin

Selain Lego, jenis permainan lainnya yang juga sangat efektif dalam merangsang kecerdasan anak usia 1 tahun adalah plastisin. Kemampuan motorik dan kreativitasnya akan berkembang saat ia membentuk beraneka jenis objek. Bermain plastisin juga bermanfaat di bidang matematika dan sains, karena ia perlu mengukur besarnya benda yang akan dibentuk serta membandingkan ukurannya dengan benda lainnya.

Rangsangan dan arahan dari Ibu sangatlah penting dalam merangsang kecerdasan anak usia 1 tahun. Selain itu diperlukan juga asupan nutrisi yang baik untuk perkembangan otaknya. Susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag 123 PRIMANUTRI adalah susu yang mengandung banyak nutrisi yang diperlukan si Kecil. Di dalam susu ini terdapat zat gizi makro (protein, karbohidrat, dan lemak), zat gizi mikro (vitamin dan mineral), omega 3 dan 6, minyak ikan, zat besi, asam sialat, sphingomyelin, serat pangan inulin, vitamin A, vitamin C, viitamin E, zinc, selenium, kalsium dan vitamin D3. Tersedia dalam 3 varian rasa yang lezat dan disukai oleh anak yaitu madu, vanila dan cokelat!

Sumber: https://www.friso.co.id