Whatsapp Share Like Simpan

Beberapa bulan belakangan menjadi waktu yang berat ya, Bu. Di kala pandemi saat ini para pegawai harus bekerja dari rumah (work from home), begitu pula dengan anak-anak sekolah yang harus belajar dari rumah (school from home). Bagi Ibu yang bekerja kantoran tentu akan merasakan bagaimana harus bekerja dari rumah sambil mengawasi anak yang harus school from home sekaligus mengurus rumah.

Semua kesibukan tersebut, wajar bila Ibu terkadang merasa stres hingga mudah emosi. Belum lagi kalau anak rewel karena merasa bosan harus di rumah saja dalam waktu yang lama. Hmm...bagaimana ya cara mengendalikan emosi agar tidak marah-marah terus? Tips-tips berikut ini bisa membantu Ibu dalam mengendalikan emosi. Langsung simak, ya.

Ambil Nafas Panjang & Berdiam Diri

Saat Ibu sedang marah, segeralah ambil nafas panjang, hembuskan, dan berdiam diri terlebih dulu. Cara ini ampuh dalam meredam amarah agar tidak berlanjut menjadi ledakan yang bisa melukai hati anak. Bila perlu, menyingkirlah sejenak untuk menyendiri sampai emosi Ibu mereda. Setelah itu, kembalilah menemui anak dan jelaskan padanya kalau Ibu tadi sempat merasa marah sehingga butuh waktu untuk meredakannya.

Cuci Muka & Mandi Air Hangat

Hati yang sedang dilanda emosi akan terasa panas. Cuci muka bisa menjadi cara mengendalikan emosi yang sedang Ibu rasakan. Ibu juga bisa mandi dengan air hangat, karena air hangat bisa memberikan rasa rileks termasuk saat Ibu sedang merasa marah. Basuh mulai dari kepala, seluruh badan, hingga kaki agar otot-otot terasa rileks. Setelah badan terasa bersih, wangi, dan tenang, niscaya amarah Ibu pun turut mereda.

Duduk dan Menenangkan Diri

Ketika Ibu marah dalam keadaan berdiri, maka segeralah duduk sambil menenangkan diri. Katakan pada diri sendiri untuk bersabar dan ulangi terus hingga emosi Ibu surut. Rasa marah biasanya juga bisa memancing keinginan untuk membanting sesuatu sebagai pelampiasan. Untuk menghindari hal tersebut, lipatlah atau kepalkan tangan Ibu. Meskipun sedang marah, Ibu tetap harus bisa mengendalikan diri dan emosi di depan anak untuk menjadi contoh bagi mereka.

Artikel Sejenis

Katakan pada Anak Bahwa Ibu Sedang Marah

Tak ada salahnya untuk mengatakan pada anak bahwa Ibu sedang marah dan minta pengertiannya sebentar, tapi jangan sampai membentak ya, Bu. Katakan padanya Ibu ingin berdiam diri dan minta ia untuk memberinya waktu sejenak supaya emosinya tidak semakin bertambah. Anak pasti akan bisa memahami kondisi Ibu, kok, jika Ibu mengatakannya dengan baik.

 

Baca juga: Kembangkan Kecerdasan Emosi Anak Lewat Album Foto Ekspresi

Tetap Tersenyum

Tersenyum juga bisa menjadi cara mengendalikan emosi lho, Bu. Perlu Ibu ketahui bahwa emosi yang ada di dalam diri dapat mempengaruhi ekspresi pada wajah. Begitu juga sebaliknya, ekspresi wajah dapat mempengaruhi warna emosi yang Ibu rasakan. Jadi, saat Ibu merasa marah, cobalah tarik bibir ke samping lalu tersenyumlah selama beberapa detik. Niscaya, hormon bahagia akan menggantikan emosi Ibu yang bersarang di hati Ibu.

Luangkan Waktu Bersama Anak

Anak-anak yang rewel bisa jadi merupakan bentuk keinginannya untuk menghabiskan waktu bersama Ibu. Mereka merasa senang karena Ibu berada di rumah, sehingga ingin bisa selalu bermain atau melakukan banyak hal bersama Ibu. Oleh karena itu, Ibu harus bisa membagi waktu antara pekerjaan, rumah, dan anak. Jelaskan juga pada anak bahwa ada waktu bagi Ibu untuk bekerja, mengurus rumah, dan menghabiskan waktu bersama mereka.

Berolahraga

Berolahraga ternyata tidak hanya menyehatkan tubuh, tapi juga bisa menjadi cara mengendalikan emosi lho, Bu. Berolahraga akan membuat tubuh terasa bugar, segar, serta pikiran jadi tenang. Tidak perlu olahraga berat, cukup lakukan senam di rumah atau lari-lari kecil sudah bisa meredakan rasa jenuh yang bisa memancing emosi. Ajak juga anak untuk berolahraga bersama agar seluruh anggota keluarga tetap terjaga kesehatannya dan terhindar dari rasa bosan karena tidak bisa pergi jalan-jalan.

Mencari Hiburan

Terlalu lama berada di rumah memang menyebabkan kebosanan yang akhirnya memicu mudah emosi terhadap hal-hal kecil sekalipun. Ibu pun harus tetap menjaga ‘kewarasan’ selama harus berada di rumah dengan cara menghibur diri. Karena saat ini sudah ada teknologi yang semakin canggih, Ibu bisa dengan mudah mencari berbagai macam hiburan, seperti menonton film, bermain game, membaca berita, mendengarkan musik, atau bermain bersama anak.

Bagaimana, Bu, apakah Ibu juga kerap merasa emosi selama harus bekerja dari rumah? Saat emosi mulai melanda, segera lakukan beberapa cara mengendalikan emosi di atas, ya. Kondisi saat ini memang sedang sulit, tapi jangan menyerah, Bu. Tetaplah semangat dan berpikir positif kalau Ibu bisa melaluinya. Hindari rasa stres karena justru bisa menurunkan imunitas Ibu dan menjadikan diri rentan terserang penyakit. Semoga Ibu sekeluarga sehat selalu.

Fitur Tanya Pakar hadir bagi Ibu yang ingin berkonsultasi seputar anak. Para ahli di sana akan membantu menjawab pertanyaan Ibu. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, jangan lupa untuk registrasi terlebih dulu.

 

Sumber:

Hipwee