Share Like
Simpan

Bingung membuat makanan bayi untuk sarapan si Kecil ya, Bu? Saat ia mulai diperbolehkan mengonsumsi makanan padat, pastikan Ibu memilih bahan berkualitas yang kaya nutrisi untuk si Kecil. Salah satu sayur yang bisa Ibu gunakan sebagai campuran makanan bayi adalah wortel, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengolahnya.

Agar si Kecil tetap sehat dan bisa mendapat manfaat optimal dari sayuran ini, yuk simak kiat mencampurkan wortel dalam makanan bayi seperti berikut:

1. Usia minimum 7 bulan

Makanan bayi yang mengandung wortel baru boleh dikonsumsi saat si Kecil berusia 7 bulan, sementara wortel mentah baru boleh dilahapnya saat memasuki usia 10 bulan ketika sistem pencernaannya sudah lebih siap. Wortel termasuk salah satu sayuran yang tidak menimbulkan alergi sehingga Ibu tak perlu khawatir memberikannya pada si Kecil tersayang.

Wortel merupakan sayuran yang baik digunakan dalam makanan bayi karena kaya akan kandungan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Sayuran ini juga mengandung kalsium dan magnesium yang baik untuk pembentukan tulang, serta zat besi yang membantu mengoptimalkan produksi sel darah merah.

2. Pilih yang segar

Sebelum mencampurkannya dalam makanan bayi, pilihlah wortel segar yang ditandai dengan warna cerah dan tekstur yang keras. Jika tak langsung menggunakannya, masukkan wortel dalam plastik yang dilubangi dan simpan di dalam kulkas karena sayur ini membutuhkan temperatur rendah dan kelembapan tinggi untuk menjaga kondisinya tetap baik.

Ibu sebaiknya tidak menggunakan wortel yang sudah disimpan selama 2 minggu atau lebih untuk membuat makanan bayi. Sebab dalam jangka waktu tersebut, kesegaran wortel telah menurun dan kandungan nutrisinya juga mulai berkurang.

3. Perhatikan cara pengolahan

Wortel merupakan sayuran yang sangat tepat untuk makanan bayi sebab mudah dicerna sekaligus dapat melancarkan buang air besar berkat kandungan serat yang dimilikinya. Namun, Ibu perlu memerhatikan cara pengolahannya agar sayuran yang satu ini tak kehilangan berbagai kandungan nutrisi penting.

Kupaslah terlebih dahulu kulit wortel dan cuci hingga bersih sebelum diolah. Jika ingin merebus atau mengukusnya, 10 hingga 15 menit merupakan waktu yang tepat untuk mendapatkan tekstur yang cukup empuk tanpa menghilangkan kandungan nutrisinya. Selanjutnya, Ibu bisa menjadikan wortel sebagai puree atau sup agar si Kecil makin menikmati makanan bayi ini.

Saat pertama kali memberikan makanan bayi dengan campuran wortel di dalamnya, mulailah dengan jumlah kecil agar ia terbiasa dengan rasanya. Untuk mencegah kebosanan, variasikan sayuran sehat ini dengan bahan-bahan lainnya yang tentu saja aman dan bermanfaat untuk pertumbuhan si Kecil tercinta.