Whatsapp Share Like Simpan

Tumbuh kembang bayi menjadi prioritas utama dari setiap orang tua, terutama ibu. Dalam menjaga tumbuh kembang bayi optimal, tentu Ibu perlu memerhatikan asupan nutrisi yang bermanfaat. Seperti manfaat omega 6 salah satunya. 

Manfaat omega 6 yang dikonsumsi oleh bayi melalui makanan dibutuhkan di masa tumbuh kembangnya dapat terserap secara optimal optimal. Dengan metabolisme tubuh bayi yang bekerja dengan baik, maka zat gizi makro (protein, karbohidrat, lemak) dan zat gizi mikro (vitamin dan mineral), serta nutrisi lainnya yang sangat dibutuhkan oleh bayi bisa tersalurkan dengan baik..

Perlu Ibu pahami bahwa manfaat omega 6 yang memiliki segudang peran penting bagi tumbuh kembang bayi. Sayangnya, omega 6 yang merupakan asam lemak tak jenuh tidak dapat diproduksi secara alami oleh tubuh. 

Salah satu cara agar bayi bisa mendapatkan manfaat omega 6 yang tepat adalah melalui sumber makanan. Sumber makanan yang mengandung manfaat omega 6 ini juga merupakan makanan yang mudah untuk ditemukan sehari-hari jadi, Ibu tidak perlu khawatir untuk pusing-pusing mencarinya di pusat perbelanjaan tertentu. 

Apa Saja Manfaat Omega 6?

Sebelum membahas sumber makanan apa saja yang omega 6, mari membahas manfaat omega 6 yang penting bagi bayi terlebih dahulu.

Artikel Sejenis

  • Meningkatkan daya konsentrasi

    Bayi mungkin belum membutuhkan daya konsentrasi yang tinggi untuk aktivitas kesehariannya. Namun, di masa perkembangannya otak baik terus bekerja dalam membantu buah hati mempelajari hal-hal di sekitarnya. Agar perkembangan otak bayi berjalan dengan optimal, maka asupan nutrisi dari makanan dengan manfaat omega 6 bisa jadi pilihan yang baik sebagai menu MPASI. 

    Pasalnya, asam lemak omega 6 dikenal punya fungsi baik dalam meningkatkan daya konsentrasi. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung manfaat omega 6, anak akan tumbuh dengan tingkat konsentrasi yang baik. 

    Hal tersebut tentu akan memudahkan proses belajar bagi bayi yang mulai ingin tahu banyak hal di sekelilingnya. Hal tersebut juga nantinya akan bermanfaat ketika sudah mulai bersekolah nantinya dan akan mudah menyerap pelajaran, sehingga dapat menjadi anak yang berprestasi.

  • Meningkatkan kemampuan membaca

    Berdasarkan penelitian yang dilakukan Sahlgrenska Academy di University of Gothenburg di Swedia, manfaat omega 6 dinilai dapat meningkatkan kemampuan membaca anak. Sebagaimana yang Ibu ketahui, bahwa perkembangan otak tidak hanya membantu anak untuk bisa menyerap pengetahuan lebih cepat. 

    Hal tersebut juga bisa membantu anak menerapkan pelajaran yang dirinya dapatkan untuk berkomunikasi dengan cara membaca. Jika si buah hati sudah mahir membaca, maka anak pun jadi lebih senang untuk sering membaca yang bermanfaat dalam menyalurkan rasa ingin tahunya. Sebagai hasilnya, wawasannya pun semakin bertambah luas dan ia akan tumbuh menjadi anak yang lebih pintar.

  • Mengurangi berbagai gejala penyakit kronis

    Ingin buah hati tumbuh menjadi bayi yang sehat? Ternyata manfaat omega 6 punya peran besar dalam menjaga kesehatan tubuh bayi. Hal tersebut didasari oleh manfaat omega 6 yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi. 

    Dengan sistem imun yang baik, manfaat omega 6 dapat mengurangi risiko datangnya berbagai gejala penyakit kronis. Di antaranya adalah hipertensi dan penyakit jantung. Manfaat omega 6 sebagai asam lemak tak jenuh juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) yang membuat tekanan darah, pembentukan plak, dan kadar trigliserida di pembuluh darah menjadi berkurang. Alhasil, di masa depan ia akan terhindar risiko hipertensi dan penyakit jantung.

  • Membantu menurunkan kadar kolesterol jahat

    Dengan kadar kolesterol baik yang meningkat berkat manfaat omega 6, secara otomatis kadar kolesterol jahat yang hinggap di dalam tubuh pun bisa diturunkan berkat omega 6. Pemberian asupan makanan dengan manfaat omega 6 ini cukup penting. 

    Pasalnya, Ibu pun pasti sudah memahami bahwa di zaman sekarang ada banyak makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Jika diimbangi dengan asupan manfaat omega 6 yang tepat, maka kadar kolesterol jahat dalam tubuh bayi pun dapat berkurang. Artinya, buah hati pun jadi lebih sehat.

  • Mengendalikan gula darah

    Studi yang diterbitkan pada Journal of the Academy of Nutrition Dietetics pada 2014 mengungkapkan bahwa manfaat omega 6 lainnya adalah mampu mengendalikan gula darah. Manfaat omega 6 ini menjadi penting untuk bisa diberikan kepada buah hati sejak usia dini. 

    Pasalnya, Anak-anak punya kecendurungan untuk mengonsumsi makanan dengan citarasa manis. Demi menjaga kesehatan akibat konsumsi makanan dan minuman manis yang berlebih, manfaat omega 6 menjaga tubuh buah hati untuk terhindar dari risiko rentan memiliki kadar gula darah yang tinggi. 

    Untuk itu Ibu perlu memberikan makanan sumber omega 6 untuk membantu mengendalikan kadar gula darah tersebut. Sebagai hasilnya, bayi pun dapat terhindar dari penyakit diabetes tipe 2 saat ia tumbuh besar.

  • Mengendalikan berat badan

    Manfaat omega 6 lainnya yang baik bagi masa perkembangan bayi yaitu membantu mengendalikan berat badan bayi. Jika berat badannya normal sesuai usianya, maka di masa depan besar kemungkinan bayi akan terhindar dari obesitas. Obesitas merupakan salah satu kondisi yang mulai umum terjadi menimpa anak dan dapat mengganggu tumbuh kembangnya. Oleh karena itu, memberikan asupan makanan dengan manfaat omega 6 dengan tepat bisa jadi alternatif yang baik sambil Ibu menjaga berat badan bayi secara lebih intens. 

  • Menunjang kesehatan mata dan mental

    Di luar manfaat omega 6 yang baik untuk perkembangan tubuh dan otak. Nyatanya, masih banyak aspek kesehatan lainnya yang bisa didapatkan dari asupan omega 6 yang cukup. Aspek kesehatan lain tersebut meliputi kesehatan mata dan mental. 

    Jika otak, mental, dan juga mata dapat dijaga untuk selalu sehat, maka otomatis dapat membantu segala aktivitas yang dilakukan oleh bayi. Kesehatan mata yang dijaga dengan baik akan menghindari risiko anak tumbuh dengan kondisi mata minus yang dapat menggangu proses belajarnya di usia dini. Menggunakan kaca mata tentu jadi salah satu faktor pendukung yang bisa membuat anak tidak merasa nyaman. 

    Dengan kesehatan mata yang terjaga maka besar kemungkinan anak tidak akan memerlukan kaca mata ketika sudah menginjak usia sekolah nanti. Tentu saja, Ibu sebagai orang tua harus mengawasi aktivitas anak yang bersinggungan dengan layar seperti menonton siaran televisi misalnya. Selanjutnya, dengan perkembanga otak yang sehat menandakan bayi akan memiliki daya ingatan yang tajam dan cepat belajar. Sedangkan mental yang sehat berarti bayi akan lebih sering merasa bahagia.

Apa Saja Sumber Omega 6?

Nah, sudah tahu kan, Bu, apa saja manfaat omega 6 untuk tumbuh kembang bayi? Jadi, segera berikan sumber makanan yang mengandung omega 6 di menu MPASI bayi, ya. Beberapa sumber makanan tersebut antara lain:

  • Susu dan produk olahannya (yoghurt dan keju)
  • Telur
  • Ikan laut (salmon, makarel, sarden, tengiri, tuna, kod)
  • Kacang-kacangan (almond, mete, edamame, walnut, pecan, kedelai, hazelnut)
  • Sayuran hijau (bayam, kale, brussel sprout, rumput laut)
  • Biji-bijian (chia, labu)
  • Minyak nabati (zaitun, kanola, flaxseed, walnut, kedelai)

Jika rutin memberikan beberapa sumber makanan di atas, maka buah hati pun akan mendapatkan banyak manfaat omega 6. Bahan-bahan makanan tersebut juga mudah didapat, sehingga Ibu dapat menyediakannya untuk menu harian MPASI bayi. Selain asupan melalui makanan, pemberian ASI secara eksklusif merupakan hal penting yang terus Ibu jaga kualitasnya agar pertumbuhan bayi berjalan secara optimal.

Sebagaimana yang Ibu ketahui bahwa ASI merupakan asupan penting di masa pertumbuhan bayi. Agar nutrisi Ibu tercukupi dan bisa menghasilkan ASI berkualitas, Ibu bisa konsumsi rutin Frisian Flag PRIMAMUM yang diformulasikan khusus Ibu hamil dan Ibu menyusui sebagai tambahan nutrisi penting yang dapat menjaga kesehatan Ibu dan buah hati. 

Susu Frisian Flag PRIMAMUM mengandung 9 asam amino esensial (9AAE) lengkap dan 9 nutrisi penting lainnya untuk kebaikan Ibu dan si Kecil. Susu ini juga mengandung asam folat, omega 3 (ALA), omega 6 (LA) untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil serta kesehatan Ibu. 

Susu Frisian Flag PRIMAMUM mengandung tinggi zat besi, tinggi zinc, dan sumbe serat pangan inulin untuk mendukung daya tahan tubuh Ibu dan si Kecil. Diperkaya juga dengan kalsium dan vitamin C untuk mendukung pertumbuhan sel si Kecil. Susu Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat dan tidak membuat Ibu merasa enek atau mual, serta praktis karena dapat dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui.

Untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil agar lebih prima, Ibu juga sebaiknya memanfaatkan fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima. Fitur ini memudahkan Ibu untuk memantau berat badan, tinggi badan, indeks massa tubuh, dan lingkar kepala si Kecil berdasarkan grafik pertumbuhan dari WHO dan CDC. Ibu bisa coba fiturnya di sini.

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz