Whatsapp Share Like
Simpan

Tumbuh kembang bayi menjadi prioritas utama dari setiap orang tua, terutama ibu. Saya pun termasuk yang sangat memperhatikan proses tumbuh kembang buah hati. Sebisa mungkin ia mendapatkan semua nutrisi yang diperlukan agar tumbuh kembangnya dapat optimal. Selain zat gizi makro (protein, karbohidrat, lemak) dan zat gizi mikro (vitamin dan mineral), ada nutrisi lainnya yang sangat dibutuhkan oleh bayi.

Adalah asam lemak omega 6 yang memiliki segudang manfaat bagi tumbuh kembang bayi. Dikarenakan tidak dapat diproduksi oleh tubuh, maka omega 6 dapat diperoleh dari luar melalui berbagai sumber makanan. Jadi, apa sajakah manfaat omega 6 tersebut? Ini dia daftarnya:

Mengurangi Berbagai Gejala Penyakit Kronis

Ingin buah hati tumbuh menjadi bayi yang sehat? Berikan saja asam lemak omega 6, Bu. Ini karena omega 6 mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi, sehingga dapat mengurangi berbagai gejala penyakit kronis. Diantaranya adalah hipertensi dan penyakit jantung.

Omega 6 dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) yang membuat tekanan darah, pembentukan plak, dan kadar trigliserida di pembuluh darah menjadi berkurang. Alhasil, di masa depan ia akan terhindar risiko hipertensi dan penyakit jantung.

Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Jika kadar kolesterol baik meningkat, lain halnya dengan kolesterol jahat yang justru diturunkan kadarnya oleh omega 6. Ibu pun pastinya sudah memahami bahwa di zaman sekarang ada banyak makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Jika diimbangi dengan asupan omega 6 yang tepat, maka kadar kolesterol jahat dalam tubuh bayi pun dapat berkurang. Artinya, buah hati pun jadi lebih sehat.

Artikel Sejenis

Mengendalikan Gula Darah

Studi yang diterbitkan pada Journal of the Academy of Nutrition Dietetics pada 2014 mengungkapkan bahwa manfaat omega 6 lainnya adalah mampu mengendalikan gula darah. Anak-anak yang sering mengonsumsi makanan dan minuman yang manis sangat rentan memiliki kadar gula darah yang tinggi. Untuk itu Ibu perlu memberikan makanan sumber omega 6 untuk membantu mengendalikan kadar gula darah tersebut. Sebagai hasilnya, bayi pun dapat terhindar dari penyakit diabetes tipe 2 saat ia tumbuh besar.

Mengendalikan Berat Badan

Manfaat lainnya dari omega 6 yaitu membantu mengendalikan berat badan bayi. Jika berat badannya normal sesuai usianya, maka di masa depan ia akan terhindar dari obesitas yang kini mulai sering menimpa anak. Di beberapa kota besar di Indonesia sendiri ada lebih dari 10% anak mengalami obesitas. Jadi sebelum terlambat, berikan omega 6 secara rutin kepada buah hati Ibu. (sumber: http://www.idai.or.id)

Meningkatkan Daya Konsentrasi

Tak susah untuk membuat bayi menjadi anak yang pintar, Bu. Berikan saja asam lemak omega 6 yang berfungsi dalam meningkatkan daya konsentrasi. Jika anak memiliki konsentrasi yang baik, otomatis ia akan lebih cepat belajar. Saat sudah mulai bersekolah nantinya ia akan mudah menyerap pelajaran, sehingga dapat menjadi anak yang berprestasi.

Meningkatkan Kemampuan Membaca

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Sahlgrenska Academy di University of Gothenburg di Swedia, omega 6 dapat meningkatkan kemampuan membaca anak. Jika ia sudah mahir membaca, maka anak pun jadi lebih senang untuk sering membaca. Sebagai hasilnya, wawasannya pun semakin bertambah luas dan ia akan tumbuh menjadi anak yang lebih pintar.

Menunjang Kesehatan Mata, Otak, dan Mental

Manfaat omega 6 yang terakhir dan sangat penting untuk bayi adalah dapat menunjang kesehatan mata, otak, dan mental. Jika ketiganya selalu sehat, maka otomatis dapat membantu segala aktivitas yang dilakukan oleh bayi. Mata yang sehat artinya ia bisa melihat dengan baik dan tidak memerlukan kacamata. Otak yang sehat menandakan bayi akan memiliki daya ingatan yang tajam dan cepat belajar. Sedangkan mental yang sehat berarti bayi akan lebih sering merasa bahagia.

Sumber Omega 6

Nah, sudah tahu kan, Bu, apa saja manfaat omega 6 untuk tumbuh kembang bayi? Jadi, segera berikan sumber makanan yang mengandung omega 6 di menu MPASI bayi, ya. Beberapa sumber makanan tersebut antara lain:

  • Telur
  • Ikan laut (salmon, makarel, sarden, tengiri, tuna, kod)
  • Kacang-kacangan (almond, mete, edamame, walnut, pecan, kedelai, hazelnut)
  • Sayuran hijau (bayam, kale, brussel sprout, rumput laut)
  • Biji-bijian (chia, labu)
  • Susu dan turunannya (yogurt, margarin)
  • Minyak nabati (zaitun, kanola, flaxseed, walnut, kedelai)

Jika rutin memberikan beberapa sumber makanan di atas, maka buah hati pun akan mendapatkan banyak manfaat omega 6. Bahan-bahan makanan tersebut juga mudah didapat, sehingga Ibu dapat menyediakannya untuk menu harian MPASI bayi. Ingin mendapatkan informasi lebih banyak seputar bayi? Kunjungi halaman forum untuk bisa saling bertukar informasi dan bertanya kepada ahlinya.

Sumber:
hellosehat.com, motherandbaby.co.id