Share Like
Simpan

Hai Ibu! Bagaimana aktivitas Ibu hari ini? Setiap memulai hari, saya selalu teringat lho, ungkapan yang bilang bahwa “Sarapan adalah waktu makan paling penting dalam satu hari”. Itu membuat saya terus mencari ide untuk membuat sarapan bergizi untuk si Kecil, yang memang butuh asupan nutrisi tepat di masa tumbuh kembangnya. 

Kenapa sih, sarapan sangat penting? Sarapan yang baik akan  menjadi bahan bakar dan membuat kita siap untuk beraktivitas. Apalagi untuk si Kecil, sarapan bisa membuatnya menjalani aktivitas di sekolah seperti menyerap pelajaran dengan lebih baik, bermain dengan ceria, dan tentunya lebih sehat. Tanpa sarapan, mereka bisa menjadi tak bertenaga, cepat capek dan tak semangat belajar lho, Bu.

Namun, seperti yang kita sama-sama tahu ya Bu, kesibukan di pagi hari seringkali membuat kita para Ibu sering tak sempat membuatkannya sarapan sehat bergizi. Jangan khawatir, Ibu tidak sendiri, kok. Dulu saya juga sering kewalahan. Makanya, kali ini saya mau berbagi beberapa resep mudah dan sehat yang bisa Ibu coba di rumah.

Strawberry Banana Green Smoothie

 

Tak hanya enak, smoothie ini mudah dibuat dan mengandung bahan-bahan bergizi seperti pisang yang menyehatkan saluran pencernaan, strawberry yang memiliki banyak vitamin C, serta bayam yang terkenal sebagai sumber kalsium. Cocok sebagai pendamping sarapan si Kecil atau bagi si Kecil yang tak terbiasa dengan sarapan “berat’’. Yuk, kita simak resepnya!

 

Bahan-bahan:

  • 400 gram bayam
  • 1 buah pisang beku
  • 200 gram strawberry
  • Susu Frisian Flag Full Cream
  • Kismis (sebagai taburan)

 

Cara Membuat:

Masukkan semua bahan ke dalam blender dan haluskan. Sajikan di dalam mangkuk favorit si Kecil. Taburkan dengan kismis jika suka.

 

 

Perkedel Telur Brokoli

 

Ini bukan perkedel biasa Bu, karena cara memasaknya dipanggang seperti saat kita membuat kue. Dicetaknya pun menggunakan loyang untuk membuat kue bolu. Rasanya gurih, enak, dan bisa didampingi nasi jika si Kecil menyukainya.Hmm.. lezat dan mengenyangkan!  

            Bahan-bahan:

  • 6-8 telur ayam kampung
  • 3 buah sosis
  • 200 gram keju cheddar, parut
  • Mentega
  • Susu Frisian Flag Full Cream
  • 1 kuntum brokoli, petik

 

Cara Membuat:

  1. Panaskan oven hingga 180 derajat celcius.
  2. Tumis sosis dan brokoli menggunakan mentega.
  3. Aduk telur dengan susu, tambahkan brokoli, sosis, dan keju.
  4. Siapkan loyang kue bolu dan oleskan dengan mentega.
  5. Tuangkan adonan telur ke dalam loyang.
  6. Panggang selama 20 menit hingga kecoklatan.

 

 

Pancake Susu Lembut

 

Si Kecil termasuk penyuka pancake dan selalu memesannya saat makan di restoran? Kini Ibu bisa membuatnya sendiri. Bahan-bahannya pun tidak sulit dicari, dan yang pasti dengan teknik yang tepat, rasanya akan jadi sangat lezat. Tambahkan buah di atasnya, pasti akan lebih enak!

 

            Bahan-bahan:

  • 400 gram tepung terigu
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok teh baking powder
  • ½ sendok teh baking soda
  • ½ sendok teh gara
  • 400 ml buttermilk, bisa dibuat dengan campuran susu cair + 1 sendok makan air perasan lemon, kemudian tunggu hingga berbuih
  • 3 sendok makan mentega tawar yang dicairkan dan bersuhu ruang
  • 1 butir telur berukuran besar
  • Minyak zaitun untuk masak, bisa diganti dengan minyak goreng

 

Cara membuat:

  1. Campurkan bahan-bahan kering (tepung terigu, gula, garam, baking powder, baking soda) di sebuah mangkuk besar dan aduk rata. Buatlah “lubang” di tengah-tengah mangkuk tersebut.
  2. Campurkan bahan-bahan basah (telur dan buttermilk) di mangkuk lain, aduk rata.
  3. Tuangkan bahan basah ke tengah-tengah mangkuk berisi bahan kering, aduk sampai rata. Usahakan jangan mengaduk terlalu lama. Kalau semua bagian adonan sudah “basah”, walaupun masih terlihat  gumpalan-gumpalan, sudah cukup, Bu.
  4. Siapkan wajan, tuang 2-3 sdm minyak, panaskan penggorengan kira-kira 3 menit di atas api sedang.
  5. Tuang satu sendok adonan menggunakan sendok sayur ke penggorengan. Karena adonannya kental sekali, gunakan sutil untuk sedikit “melebarkan” pancake tersebut
  6. Angkat dan putar sedikit penggorengan supaya minyak mengalir ke sekeliling pancakes. Ini membuat pinggiran pancake jadi 
  7. Goreng pancakeselama kurang-lebih 2 menit, atau sampai kecoklatan, balik dan masak sisi lainnya sampai matang.
  8. Hidangkan bersama buah blueberry, strawberry, pisang, serta madu. \

 

Mudah kan, Bu? Selain cepat dan  mudah, ketiga resep di atas mengandung susu Frisian Flag yang  mengandung banyak nutrisi  makro, seperti Karbohidrat, Protein, dan Lemak yang mendukung pertumbuhan si Kecil. Susu Frisian Flag juga mengandung nutrisi mikro yaitu ALA/LA yaitu asam lemak esensial yang membantu pertumbuhan sel otak, Kolin yang berperan  sebagai pembentuk fosfatidilkolin (bagian penting dari membran sel), dan Prebiotik Inulin yang membnatu mempertahankan fungsi saluran cerna.

 

Tak lupa Frisian Flag juga mengandung Vitamin C dan E yang berperan sebagai antioksidan, Kalsium dan Vitamin D3 yang berperan dalam pembentukan tulang dan gigi. Selamat berkreasi dalam membuat sarapan si Kecil dengan Frisian Flag ya, Bu!