Whatsapp Share Like Simpan

Perawatan rambut tak hanya penting bagi orang dewasa, tetapi anak-anak juga membutuhkan perawatan rambut yang benar. Hal ini penting agar kesehatan dan pertumbuhan rambut si Kecil lebih sehat. Rambut yang dirawat dengan baik akan menjauhkannya dari berbagai masalah rambut, seperti rontok, rambut kering, kusut, hingga kutuan. 

Meski sama-sama penting, tetapi perawatan rambut si Kecil tentu berbeda dengan orang dewasa ya, Bu. Merawat rambut anak haruslah disesuaikan dengan jenis dan kondisi kulit kepalanya yang masih sensitif. Jika Ibu tidak melakukan perawatan rambut atau caranya tidak tepat, maka dapat menyebabkan rambut si Kecil jadi rusak dan kulit kepala jadi iritasi. Lantas, bagaimana cara perawatan rambut pada anak yang tepat?

Cara Perawatan Rambut Anak yang Tepat

Berikut ini beberapa cara perawatan rambut anak yang perlu Ibu lakukan sejak dini:

  1. Pilih sampo yang tepat

    Salah satu cara perawatan rambut anak yang perlu diperhatikan yaitu memilih sampo yang tepat karena setiap sampo diformulasikan untuk jenis rambut yang berbeda-beda. Misalnya, untuk mengatasi rambut kering pada anak, pilihlah sampo yang pH-nya seimbang dan bebas alkohol. Hindari menggunakan sampo orang dewasa kepada si Kecil ya, Bu. Sebab, kandungannya pun akan berbeda dan bisa memicu risiko iritasi pada kulit kepala, terutama bagi anak yang memiliki kulit sensitif. 

  2. Buat jadwal keramas 

    Sering keramas dapat membuat rambut si Kecil lebih sehat? Eits, hati-hati. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar lho. Sebab, jika Ibu terlalu sering keramas rambut si Kecil, justru rambutnya akan lebih kering. Sebelum membuat jadwal keramas, Ibu harus mengetahui kondisi rambut si Kecil terlebih dahulu. Bagi anak yang rambutnya berketombe dan berminyak, sebaiknya lakukan keramas dua hari sekali. Sedangkan, anak dengan tipe rambutnya kering dianjurkan keramas sebanyak 2-3 kali seminggu. 

    Artikel Sejenis

    Perawatan rambut dengan cara keramas ini harus diajarkan kepada si Kecil sedini mungkin agar ia terbiasa melakukannya secara teratur. Selain itu, Ibu juga perlu memijat perlahan ketika menggunakan sampo di kulit kepala si Kecil agar sampo benar-benar membersihkan bagian dalam rambut dengan optimal. 

  3. Cara menyisir dengan benar

    Pemilihan sisir dan cara melakukannya sangat berpengaruh dalam perawatan rambut si Kecil. Hal ini penting untuk mencegah agar si Kecil tidak merasa kesakitan saat rambutnya disisir. Sisirlah rambut si Kecil dari bagian tengah ke bawah sambil Ibu memegang bagian atas rambutnya. Sebab, bagian bawah rambut cenderung lebih kusut dan sulit disisir. Setelah itu, barulah menyisir rambut di bagian atas sampai ke bagian bawah. Jika dipaksakan menyisir dari atas ke bawah saat rambut kusut, maka bisa membuat si Kecil merasa kesakitan serta rambutnya semakin kusut dan rontok. Bersihkan juga sisir secara rutin dengan air hangat agar kotoran di sisir dapat hilang dan tidak menempel lagi di rambut si Kecil. 

  4. Kurangi penggunaan hair dryer 

    Rambut yang bahas memang akan lebih cepat kering jika menggunakan hair dryer. Namun, sebaiknya Ibu hindari penggunaan hair dryer pada rambut si Kecil karena akan menyebabkan rambut lebih rusak. Sebaiknya keringkan rambut si Kecil secara alami, bisa menggunakan kipas angin atau handuk yang kering agar menyerap sisa air yang ada. 

  5. Konsumsi makanan bernutrisi

    Konsumsi makanan bernutrisi ternyata berpengaruh dalam rangkaian perawatan rambut anak lho, Bu. Sebab, perawatan dari dalam tubuh berperan penting untuk mendukung kesehatan rambut si Kecil lebih optimal. Beberapa nutrisi yang perlu dikonsumsi di antaranya protein, asam lemak omega 3, vitamin A, vitamin B, vitamin D, vitamin E, dan zat besi. Dengan terbiasa mengonsumsi makanan bergizi seimbang, maka kesehatan rambut si Kecil pun akan tetap terjaga. 

    Salah satu sumber protein berkualitas yang bisa si Kecil konsumsi adalah susu Frisian Flag PRIMAGRO AAE 1+ yang mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap dan diperkaya dengan nutrisi penting lain, seperti minyak ikan, omega 3, omega 6, zat besi, zinc, protein, kalsium, magnesium, vitamin D3, serta vitamin dan mineral lain untuk mendukung potensi si Kecil tumbuh pintar, kuat, dan tinggi. Kandungan nutrisi dalam susu pertumbuhan ini sudah ditingkatkan dari sebelumnya, guna mendukung potensi tumbuh kembang optimal si Kecil. 

    Baca juga: Rambut Si Kecil Berkutu? Ini Cara Mengobatinya

  6. Lakukan perawatan rambut tradisional

    Selain melakukan langkah-langkah di atas, Ibu juga bisa melakukan perawatan rambut anak secara alami dengan menggunakan bahan-bahan berikut ini:

    • Lidah Buaya

      Lidah buaya dikenal sebagai bahan alami yang penting bagi kecantikan dan perawatan tubuh. Banyak ahli yang menganggap lidah buaya dapat melembabkan, menghaluskan, menebalkan, dan menutrisi rambut dengan baik. 

      Cara perawatan rambutnya pun cukup mudah, Ibu cukup dinginkan lidah buaya, belah memanjang dan ambil bagian daging serta gel-nya. Aplikasikan lidah buaya tersebut dari kulit kepala hingga ujung rambut. Kemudian, diamkan selama satu jam agar dapat meresap dengan sempurna. Setelah itu cuci rambut si Kecil hingga bersih. Supaya lebih menyenangkan, cara perawatan rambut ini bisa Ibu lakukan bersama-sama dengan si Kecil.

    • Minyak kelapa

      Minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai perawatan rambut alami untuk si Kecil. Sebab, minyak kelapa mengandung nutrisi yang dapat melembapkan rambut, memperbaiki rambut rusak, mencegah kerontokan, mengatasi ketombe, dan mencegah kutu rambut. 

      Ibu bisa gunakan minyak kelapa sebagai masker rambut. Caranya, pijat kulit kepala si Kecil menggunakan 2 sendok teh minyak kelapa secara merata, kemudian bungkus rambut dengan penutup kepala. Diamkan selama beberapa jam, setelah itu keramas seperti biasa. 

    • Minyak argan

      Selain minyak kelapa, minyak argan juga berfungsi sebagai kondisioner untuk membuat rambut si Kecil lebih berkilau, halus, serta mudah disisir dan diatur. Minyak argan juga baik digunakan untuk perawatan rambut kusut. 

    • Minyak kemiri

      Minyak kemiri sudah sejak lama dimanfaatkan untuk kesehatan rambut dan kulit. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Ibu mencoba perawatan rambut si Kecil dengan menggunakan minyak kemiri. Sebab, minyak ini memiliki beragam manfaat, di antaranya menjaga kelembapan dan mengurangi kerontokan rambut.

  7. Gunakan kondisioner khusus anak

    Untuk mengoptimalkan perawatan rambut, si Kecil juga bisa menggunakan kondisioner khusus anak jika perlu. Tujuan penggunaan kondisioner ini yaitu untuk meningkatkan kelembapan dan kehalusan rambut serta terhindar dari rambut kusut. 

    Jika memilih kondisioner tanpa perlu dibilas, Ibu bisa memakaikan kondisioner tersebut saat rambut si Kecil masih basah. Sementara, penggunaan kondisioner yang perlu dibilas sebaiknya diamkan selama 1-2 menit agar rambut menyerap kondisioner lebih maksimal. Setelah itu, bilaslah dengan air hingga bersih. Pastikan Ibu mengoles kondisioner secara merata, dari kulit kepala hingga ke ujung rambut si Kecil. Cara ini dianggap efektif untuk mengatasi rambut kering pada anak. 

Bagaimana, Bu? Cukup mudah kan untuk melakukan perawatan rambut si Kecil? Menjaga kesehatan rambut sedini mungkin dapat membuat rambut si Kecil menjadi lebih sehat, hitam, lebat, dan indah di kemudian hari. Oleh karena itu, pastikan Ibu melakukan langkah-langkah di atas ya. Namun, jika si Kecil sudah mengalami gangguan kesehatan pada sekitar rambut, sebaiknya periksakan ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat.