Whatsapp Share Like Simpan

Hai, Bu, bagaimana dengan kegiatan sekolah online anak? Apakah masih berjalan dengan lancar? Banyak Ibu yang mengeluhkan buah hatinya susah menjalaninya. Belajar di rumah cenderung membuat anak cepat merasa bosan. Alasannya bisa bermacam-macam, mulai dari banyaknya gangguan, suasana yang kurang mendukung, tidak bertemu dengan teman-teman, dan masih banyak lagi.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Ibu harus menyiasatinya dengan menciptakan cara belajar yang menyenangkan bagi anak. Bagaimana caranya? Berikut beberapa langkah yang bisa Ibu coba praktikan di rumah:

Buat Tempat Belajar yang Nyaman

Tempat belajar adalah faktor utama yang akan membuat anak merasa betah untuk sekolah online. Tempat anak belajar haruslah memiliki sirkulasi udara yang baik, jadi pasanglah kipas angin atau air conditioner supaya ia tidak kegerahan. Selain itu, tempat belajarnya juga harus memiliki jendela yang berfungsi sebagai tempat pergantian udara. Ibu juga harus memastikan penerangan di tempat tersebut cukup baik agar anak dapat melihat dengan jelas serta meja dan kursi belajar yang sesuai dengan kebutuhan anak.

Siapkan Semua Kebutuhan Belajarnya

Untuk menciptakan cara belajar yang menyenangkan, maka Ibu juga harus mempersiapkan semua peralatan yang akan menunjang proses belajarnya. Letakkan buku dan peralatan menulis, seperti pensil, penghapus, rautan, penggaris, dan sebagainya, di dekat anak sehingga ia tidak perlu lagi bingung mencarinya.

Pastikan juga jaringan internet sudah lancar dan tidak mengalami gangguan yang bisa membuat sekolah online anak menjadi tersendat-sendat dan menurunkan semangat belajarnya. Ibu tidak harus memasang jaringan internet, tapi cukup dengan kuota dari kartu SIM yang dipasang di gadget. Pilihlah provider yang memiliki sinyal bagus di daerah tempat Ibu tinggal sehingga tidak akan mengganggu proses sekolah online anak.

Artikel Sejenis

Buat Jadwal Kegiatan Belajar Anak

Sekolah biasanya sudah memberikan jadwal sekolah online. Namun, Ibu sebaiknya juga tetap membuat jadwal belajar lainnya supaya anak tetap dapat belajar dengan maksimal meski hanya di rumah. Misalnya saja pagi adalah jadwal sekolah online, lalu siang hari adalah waktunya ia untuk mengerjakan PR, tugas, dan tambahan belajar lainnya.

Sesuaikan durasi belajar dengan usia anak. Untuk anak yang masih belajar di TK, cukup satu jam saja, sementara yang sudah berusia SD ke atas tetapkan waktu belajar selama 2 jam. Ibu juga bisa menerapkan metode belajar yang seru sebagai selingan belajar anak, seperti dengan video, permainan, atau film edukasi.

Singkirkan Anak dari Gangguan

Cara belajar yang menyenangkan akan tercipta saat anak terbebas dari gangguan yang bisa membuat ia tidak fokus belajar. Berbeda dengan di sekolah, di rumah ada banyak faktor yang bisa mengganggu anak belajar. Jadi, Ibu perlu menyimpan sementara gadget, mainan, maupun benda-benda yang bisa mengganggu konsentrasi anak saat belajar.

Matikan juga radio dan TV untuk mengurangi suara bising di sekitar anak. Ibu juga sebaiknya meminta anggota keluarga lainnya untuk tidak mengganggu proses sekolah online anak.

 

Baca juga: Menciptakan Ruang Belajar yang Nyaman Selama Sekolah di Rumah

Berikan Cemilan Penambah Semangat

Cara belajar yang menyenangkan untuk anak juga bisa didukung dengan memberikan cemilan yang bergizi di waktu istirahatnya, seperti buah-buahan, keju, yogurt, atau kacang-kacangan. Kandungan nutrisi yang ada di dalam cemilan tersebut dapat meningkatkan fungsi otak, sehingga anak jadi lebih cepat dalam menyerap materi. Cemilan juga dapat memberikan semangat bagi anak supaya tidak cepat lelah dan bosan saat belajar.

Jangan Terlalu Memaksa Anak

Saat anak sudah merasa lelah, maka jangan memaksa ia untuk melanjutkan belajar ya, Bu. Memaksa anak terus belajar hanya akan membuat ia merasa tertekan dan susah menangkap materi pelajaran. Alhasil, usahanya dalam belajar pun jadi sia-sia. Biarkan anak beristirahat sejenak terlebih dulu sebelum melanjutkan belajar lagi. Di waktu istirahatnya ini, anak boleh menikmati cemilan yang sudah Ibu siapkan tadi.

Terus Dampingi Anak Selama Belajar

Dikarenakan saat ini anak tidak bisa bertemu dengan gurunya, maka Ibu adalah tempat baginya untuk bertanya jika ia mengalami kesulitan. Anak juga tentunya akan sangat membutuhkan dukungan dari Ibu supaya bisa belajar dengan baik. Maka dari itu, jangan lelah untuk terus mendampingi buah hati selama belajar ya, Bu.

Bantu anak saat ia susah memahami pelajaran yang diberikan oleh gurunya. Simpan dulu  gadget Ibu supaya Ibu bisa berkonsentrasi mendampingi anak saat belajar. Di samping membantu anak belajar, hal ini juga akan mempererat ikatan antara Ibu dan buah hati, lho.

 

Cara belajar yang menyenangkan di atas akan membantu anak yang sudah merasa bosan dengan kegiatan sekolah online selama beberapa bulan ini. Ibu juga bisa bertanya apa yang anak inginkan dalam belajar dan kesulitan apa yang ia hadapi, jadi Ibu dapat memberikan bantuan dengan tepat.

Untuk Ibu yang ingin berkonsultasi seputar anak, bisa berkunjung ke laman Tanya Pakar, ya. Pertanyaan Ibu akan dijawab langsung oleh ahlinya. Untuk bisa mengakses laman tersebut, jangan lupa untuk registrasi terlebih dulu.

 

Sumber:

Kontan