Whatsapp Share Like Simpan

Jambu biji adalah salah satu buah tropis yang mudah ditemukan disekitar kita. Beberapa orang menyebutnya jambu batu, jambu siki atau jambu klutuk. Beberapa orang juga menyebut buah ini guava, sesuai dengan terjemahan di bahasa inggrisnya. Manfaat jambu biji untuk kesehatan memang sudah sering dibahas. Tapi belum banyak Ibu yang menyadari jika manfaat jambu biji tidak hanya untuk orang dewasa. Manfaat jambu biji untuk anak ternyata juga banyak dan sayang untuk dilewatkan.

Manfaat jambu biji untuk kesehatan si Kecil perlu dipertimbangkan nih Bu, lagi pula jambu biji punya rasa yang manis dan nikmat. Sering kali orang langsung memakannya atau mengolahnya dulu untuk menjadi jus. Beberapa Ibu mungkin juga sudah mengetahui manfaat jambu biji ini sejak lama sehingga menjadikan buah ini untuk jadi salah satu alternatif MPASI dengan dibuat puree.

Nah, buat Ibu yang penasaran dengan manfaat jambu biji dan ingin mengetahuinya kandungan di dalam buah tropis ini, berikut detail nutrisinya dalam setiap 100 gram jambu biji:

  • 0,9 gram protein
  • 0,3 gram lemal
  • 12,2 gram karbohidrat
  • 28 mg fosfor
  • 87 mg vitamin C
  • 0,02 mg vitamin B
  • 1,2 mg zat besi
  • 89% air
  • 49 kalori

Selain itu beberapa kandungan nutrisi di atas, buah jambu biji juga mengandung vitamin lainnya, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin K, dan vitamin E, serta mineral seperti selenium, zinc, dan mangan. Makanya sangat wajar jika manfaat jambu biji sungguh banyak untuk kesehatan kita.

Sekarang, mari kita simak bersama manfaat jambu biji ya Bu!

Artikel Sejenis

Menyajikan Jambu Biji untuk Anak

Untuk mengenalkan jambu biji pada si kecil, Ibu bisa memberikannya dalam jumlah sedikit dulu sebagai pengenalan. Pastikan Ibu sudah cuci bersih, kupas, dan potong jambu biji menjadi potongan kecil. Pastikan sudah tidak ada biji dan kulitnya ya Bu saat memberikannya pada si Kecil.

Jika ternyata si Kecil sangat suka dengan buah ini, tetap jangan diberikan berlebihan ya Bu. Batasi konsumsinya 1 sampai 2 kali saja dalam seminggu. Hal ini tentu juga untuk mengoptimalkan manfaat jambu biji untuk mereka.

Manfaat Jambu Biji untuk Anak

Ada sejumlah manfaat jambu biji untuk si Kecil:

  • Jambu biji kaya akan vitamin A yang dapat menjaga kesehatan mata. Dengan rutin mengonsumsinya, dapat mencegah rabun jauh pada si Kecil.
  • Jambu biji salah satu buah yang kaya dengan vitamin C. Sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil dan mengurangi risiko terkena penyakit infeksi.
  • Jambu biji dapat mengoptimalkan perkembangan otak si Kecil. Kandungan folat dan banyak vitamin di dalamnya dapat mengoptimalkan perkembangan otak si Kecil.
  • Kandungan serat dalam jambu biji, baik untuk melancarkan kesehatan saluran cerna si Kecil dan mencegahnya mengalami sembelit.
  • Kandungan air dan serat pada buah jambu biji akan membuat rasa kenyang lebih lama. Sehingga manfaat jambu biji dapat mencegah obesitas. 

Manfaat Jambu Biji untuk Lainnya

Selain manfaat jambu biji di atas, ada beberapa manfaat lainnya yang tidak hanya datang dari buahnya tapi dari daun jambu biji.

  • Mencegah Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD)

    Air rebusan daun jambu biji seringkali dijadikan pengobatan herbal untuk pasien DBD. Banyak yang meyakini air rebusan ini bisa meminimalisir risiko pendarahan dan kandungan quercetin dapat meningkatkan jumlah trombosit.

  • Melawan radikal bebas

    Selain nutrisi yang disebutkan sebelumnya, buah jambu biji kaya dengan antioksidan. Fungsinya untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Nah, manfaat yang ini bukan cuma di dapat dari buah jambu biji, juga dari daunnya.

  • Meringankan flu dan batuk

    Kandungan vitamin C yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh, juga bisa meringankan flu dan batuk. Vitamin C di dalamnya bisa membantu memecah lendir dan bakteri di sistem pernapasan dan tenggorokan.

Setelah mengetahui manfaat jambu biji dengan seksama, ada baiknya saat ibu memiliki kesempatan yang tepat untuk mengkonsultasikan dengan dokter anak. Karena, meski manfaatnya banyak dan sungguh baik, masih ada kemungkinan si Kecil alergi dengan jenis buah ini. Konsultasi dengan dokter bisa jadi awal yang baik untuk memastikan kondisi kesehatan si Kecil baik dan aman untuk mengonsumsinya sehingga mereka bisa mendapatkan manfaat jambu biji dengan lebih maksimal. Seimbangkan juga pilihan pemberian buah pada si Kecil. Ajarkan sejak dini kebiasaan makan buah ini agar di masa depannya mereka sudah terbiasa untuk makan makanan yang bergizi dan bernutrisi agar kesadaran mereka dalam menjaga kesehatan dan asupan nutrisi dapat dengan mandiri mereka lakukan ya, Bu.

Selain memastikan si Kecil rutin mengonsumsi buah, Ibu perlu memastikan jika mereka selalu terpenuhi asupan protein hewaninya. Pastikan si Kecil mengonsumsi 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap ya, Bu. 9AAE merupakan protein esensial yang harus dikonsumsi secara rutin setiap hari karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri. 9AAE secara lengkap bisa ditemukan dalam susu, telur, daging merah, dan daging putih.

Asupan 9AAE yang lengkap juga bisa Ibu dapatkan dalam susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+. Dalam masa tumbuh kembang, si Kecil perlu mendapatkan 9AAE yang lengkap. Sebab, penelitian dari J.Nutr menjelaskan bahwa kekurangan semua jenis 9AAE akan menghambat potensi tinggi badan dan kecerdasan sebanyak -50%. Ibu pasti tidak mau hal ini terjadi pada si Kecil, kan? 

Untuk itu, pastikan asupan 9AAE tercukupi dengan rutin mengonsumsi susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+. Selain 9AAE, susu ini juga mengandung 8 nutrisi penting untuk perkembangan otak dan akal kreatif si Kecil, seperti 4x DHA lebih tinggi, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi.

Frisian Flag PRIMAGRO 1+ juga diperkaya dengan nutrisi prima untuk meningkatkan daya tahan tubuh, seperti zat besi, vitamin D3, zinc, magnesium, dan vitamin C tertinggi, serta mengandung serat pangan inulin yang dapat mendukung kesehatan saluran pencernaan si Kecil.

Pastikan asupan makanan yang si Kecil konsumsi mengandung gizi yang seimbang agar fungsi enzim amilase dan enzim pencernaan lainnya bisa lebih optimal ya, Bu.

Untuk Ibu yang ingin memantau tumbuh kembang si Kecil lebih maksimal, bisa juga lho memanfaatkan fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima. Fitur ini memudahkan Ibu untuk mengetahui berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, dan lingkar perut sesuai dengan grafik pertumbuhan dari WHO dan CDC. Dengan begitu, Ibu bisa mencegah risiko stunting pada si Kecil. Yuk, langsung coba fiturnya di sini.

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz